Sadar Terhadap Bahaya Sampah Plastik, Mahasiswa KKN UMRI Sosialisasikan Kepada Warga

Ahad, 09 Oktober 2022 - 19:31:15 WIB
Share Tweet Google +

PEKANBARU, CATATANRIAU.com |Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) melakukan program sosialisasi bahaya sampah plastik kepada para Ibu Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK)  yang berada di RW 01 Kelurahan Industri Tenayan. Sosialisasi yang diadakan di SD Negeri 178 Pekanbaru ini dihadiri dengan lebih dari 200 orang dan disambut baik dengan antusias yang tinggi.


Sampah plastik selalu menjadi masalah utama dalam pencemaran lingkungan baik pencemaran tanah maupun laut. Sifat sampah plastik tidak mudah terurai, proses pengolahannya menimbulkan toksit dan bersifat karsinogenik, butuh waktu sampai ratusan tahun bila terurai secara alami.


Sampah plastik adalah semua barang bekas atau tidak terpakai yang materialnya diproduksi dari bahan kimia tak terbarukan. Sebagian besar sampah plastik yang digunakan sehari-hari biasanya dipakai untuk pengemasan. Jadi, kantong plastik juga masih sering dipakai sebagai tempat sampah organik yang akan dibuang ke tempat pembuangan sampah.


Afriyan sebagai ketua pelaksana mangatakan “Kegiatan sosialisasi ini berlangsung dengan sangat antusias. Warga juga mampu menjawab berbagai pertanyaan yang berhubungan dengan tema yang diberikan dengan sangat baik. Sosialisasi diakhiri dengan makan bersama warga untuk lebih mempererat tali silaturrahmi”.


“Warga RW 01 sudah memiliki bank sampah tetapi belum terlaksana dengan optimal. Dengan adanya sosialisasi ini diharapkan dapat menambah kesadaran warga akan bahaya sampah plastik sehingga sampah plastik dapat dipisahkan dan diolah dengan lebih baik dengan bantuan bank sampah yang telah tersedia” lanjutnya.rls

Editor : Redaksi 



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex