Wow! Penghulu Kampung Rantau Bertuah Ajak Masyarakat Perbaiki Rumah Warga Yang Tak Layak Huni

Jumat, 19 Oktober 2018 - 10:46:04 WIB
Share Tweet Google +

 


MINAS (catatanriau.com)- Sungguh Ironis, Ternyata Masih Banyak warga miskin di Kabupaten Siak,Provinsi Riau yang tidak terjangkau dengan program-program sosial yang diselenggarakan  oleh pemerintah. Persoalan paling kasat mata yakni menyangkut hak warga untuk mendapatkan tempat tinggal yang layak huni.


Dengan adanya program pembangunan  Rumah Layak Huni  (RLH) dari pemerintah Provinsi Riau, rupanya belum merata, lantaran pada faktanya, masih banyak warga miskin mendiami gubuk yang nyaris roboh, bahkan masih banyak Rumah Yang seprti ini khususnya di wilayah Kampung Rantau Bertuah, Kabupaten Siak, Riau. yang belum tersentuh sama sekali oleh program tersebut.


Seperti yang terjadi di Kampung Rantau Bertuah, Kecamatan Minas, Kabupaten Siak, Riau. Baru-baru ini penghulu kampung itu, bersama-sama dengan warga yang ada di wilayah tersebut sedang melakuakan giat Rehap rumah warga yang masih beratapkan Terpal, secara bergotong royong.


Diketahui rumah yang di rehab oleh warga tersebut, adalah rumah milik bapak Ujang Komo, salah satu warga sakai Rantau Bertuah, Sementara dana yang didapat, selain dari swadaya masyarakat, juga dari hasil penggalangan dana.


Mengenai hal ini Penghulu Kampung Rantau Bertuah kepadacatatanriau.com, menerangkan, “Di wilayah kita ini masih banyak rumah warga miskin yang tidak tersentuh program pemerintah. Seperti saat ini, kita bersama warga sedang giat bergotong royong memperbaiki sebuah Rumah warga yang tidak layak lagi untuk di huni, karena kondisinya sudah sangat memprihatinkan,” Papar Darbi.S.Ag, Kepada Catatanriau.com, Jumat, (19/10/2018)


Dikatakannya lagi ada sekitar 5 Rumah warga yang serupa kondisinya dengan rumah tersebut, yang rencananya akan di rehab dalam setiab Bulannya, "Nanti akan kita cek kembali, yang jelas saat ini yang kita lihat ada sekitar 5 Rumah lah yang tidak layak untuk di huni, Namun menurut keterangan dari masyarakat  perkiraan kita rumah yang akan kita rehab nantinya ada sekitar 15 sampai 20 Rumah, dengan kondisi yang sudah Rusak parah, Kegiatan ini akan kita usahakan lakukan setiap bulan, sampai rumah warga yang tak layak huni akan kita perbaiki dengan mengajak masyarakat untuk bahu membahu dengan kegiatan ini,"Jelasnya.


Lebih jauh di jelaskannya adapun untuk kegiatan itu, Dirinya bekerjasama dengan beberapa tokoh masyarakat yang ada di kampung Rantau Bertuah, Bersama-sama dengan Warga sekitar, "kita lakukan perbaikan dengan swadaya mengganti terpal dengan seng yang masih layak pakai untuk rumah bapak Ujang Komo ini, ya semoga seluruh masyarakat di Kampung ini tergugah hatinya untuk bahu membahu dalam membantu warga miskin yang ada disekitar kita di kampung ini," Tutur Darbi.S.Ag, kepada Catatanriau.com, Di Minas.**Id.



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex