Mahasiswa KUKERTA UNRI 2022 Desa Sungai Tonang Gelar Sosialisasi Stunting

Rabu, 10 Agustus 2022 - 19:33:10 WIB
Share Tweet Google +

KAMPAR, CATATANRIAU.com |  Kukerta Balek Kampung Universitas Riau (UNRI) Desa Sungai Tonang, Kecamatan Kampar Utara, Kabupaten Kampar 2022 melaksanakan sosialisasi mengenai stunting dengan tema "Cegah Stunting Itu Penting”, yang dihadiri oleh Ketua PKK Desa Sungai Tonang, Ketua Kopja Empat Desa Sungai Tonang, Ibu-Ibu PKK dan Pokja Desa Sungai Tonang, dan Mahasiswa Kukerta UNRI. Selasa (19/7/2022) di Aula Kantor Desa Sungai Tonang, Kecamatan Kampar, Kabupaten Kampar.

Stunting adalah permasalahan gizi kronis yang disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dalam rentang waktu yang cukup lama, permasalahan stunting terjadi mulai dari dalam kandungan, dan baru akan terlihat ketika anak sudah menginjak usia dua tahun. 

Stunting mengakibatkan pertumbuhan terhambat atau fisik dan fisiologis anak dibawah rata-rata anak pada umurnya. Stunting juga kerap dikaitkan dengan penyebab perkembangan otak yang tidak maksimal. 

Pada kegiatan sosialisasi ini turut diperkenalkan juga penyebab dari stunting, diantaranya :

1. Praktek pengasuhan yang tidak baik

2. 60% dari anak usia 0 - 6 bulan tidak mendapatkan ASI eksklusif

3. 2 dari 3 anak usia 6 - 24 bulan tidak mendapatkan MPASI

4. 2 dari 3 ibu hamil belum menkonsumsi suplemen zat besi yang memadai

5. Menurunnya tingkat kehadiran anak di posyandu.

Akhir-akhir ini Stunting menjadi topik hangat di kalangan ibu-ibu, hal ini disebabkan oleh kondisi lingkungan dan minimnya kesadaran akan pentingnya  pertumbuhan balita. Rendahnya minat ibu-ibu tersebut, membuat mereka tidak rutin memeriksakan pertumbuhan balitanya. Kebanyakan dari ibu-ibu disibukkan oleh pekerjaan yang membuat mereka tidak bisa meluangkan waktu untuk memeriksa pertumbuhan balitanya.

Mahasiswa KKN UNRI bersama mengadakan Sosialisasi Stunting kepada Ibu-ibu PKK di Desa Sungai Tonang Kecamatan Kampar Utara dengan tujuan untuk memberikan informasi terkait Stunting guna mencegah Stunting sejak dini.

Kegiatan Sosialisasi diawali dengan pembukaan yang dipandu oleh Master of Ceremony dan dibuka oleh ketua PKK dan Ketua Kopja 4 Desa Sungai Tonang yang dilanjutkan dengan pemberian materi Stunting oleh Mahasiswa Kukerta. Sosialisasi ini dilakukan untuk mecegah dan menurunkan angka kejadian stunting serta menumbuhkan minat peduli Ibu-ibu akan pertumbuhan balitanya. Mahasiswa Kukerta berharap dengan adanya kegiatan sosialisas ini ibu-ibu Desa Sungai Tonang mendapatkan wawasan dan pengetahuan serta memiliki kesadaran mengenai pentingnya pencegahan stunting sehingga anak-anak penerus bangsa dapat tumbuh dengan sehat.***


Penulis : Mahasiswa Kukerta Desa Sungai Tonang Universitas Riau tahun 2022



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex