Kekerabatan Kesultanan Siak Sri Indrapura Wilayah Kecamatan Minas Resmi Dikukuhkan

Ahad, 12 Juni 2022 - 20:37:54 WIB
Share Tweet Google +

SIAK, CATATANRIAU.com | Pengurus Kekerabatan Kesultanan Siak Sri Indrapura (KKSI)  wilayah Kecamatan Minas, Kabupaten Siak, Riau, secara resmi telah dikukuhkan pada Ahad (12/06/2022) siang di Gedung Museum Suku Sakai Minas Barat.

Pengukuhan itu sendiri dilakukan oleh Dewan Majelis Tinggi Kekerabatan Kesultanan Siak Sri indrapura. Diantaranya, Yang mulia Datuk Bertuah Diraja Jasa Negri M Darus E SH, Yang mulia Datuk Setia Pembela Negri Zulkarnain SH MH, Yang mulia Datuk Setia Maha Raja Jasa Negri Muchtar Rouf beserta Yang Mulia Datuk Doni Chandara SH dan Yang mulia Datuk Alam Ilahi selaku Dewan Tinggi Utusan Wilayah Minas.

Dalam perhelatan itu, dikukuhkan Tuan Tengku Darbi SAg Sebagai Wali Raja, Tuan Masjul Hakim Sebagai Datuk Setia Usaha, Tuan Ramli SH Sebagai Mentri Pengurus Sungai, tesik, hutan. Tuan Antoni Sebagai Datuk Mentri Pengurus Perhubungan, Tuan Paisol Sebagai Datuk Mentri Pengurus Balai Olahraga, Tuan Edwar, Tuan Andriko, Tuan Agus Suandi dan Tuan Edrial Sebagai Datuk Hulu Balang utusan wilayah Kecamatan Minas.

"Kami atas nama KKSI hadir di Kecamatan Minas ini untuk ikut andil, dalam rangka bersama-sama membangun, baik usaha, fikiran, tenaga. Yang tentunya semaksimal mungkin kami laksanakan untuk memajukan Kecamatan Minas yang sama-sama kita cinta ini," ujar Wali Raja Tuan Tengku Darbi SAg, seusai dikukuhkan.

Kemudian dari pada itu lanjutnya, diketahui besama bahwa keberadaan sosial di Kecamatan Minas cukup memprihatinkan, contohnya seperti tanah pemakaman yang masih kurang, baik itu untuk Muslim maupun Non Muslim mengingat jumlah penduduk di Kecamatan Minas yang cukup banyak.

"Kemudian yang selalu kita lihat seperti masalah air bersih PDAM kita yang mana sumbernya kurang bagus, kemudian juga mungkin penanganannya kurang bagus. Nah, disinilah kita akan mencari solusi apa yang terbaik. Apakah nanti kita lakukan pinjam pakai sumber air yang ada di PT PHR untuk dialirkan kepada masyarakat Kecamatan Minas," urainya.

Selain itu menurut Tengku Darbi, perusahaan dengan masyarakat terkadang terjadi kesenjangan akibat berbagai macam faktor, hal ini lah yang menjadi salah satu PR yang nantinya dapat difikiran bersama untuk membenahi kedepan.

"Sebab, jika hal ini tidak kita benahi dari sekarang dikawatirkan akan terjadi kesenjangan-kesenjangan yang sangat luas," imbuhnya.

Adapun untuk sisi budaya lanjutnya, bahwa Kecamatan Minas sendiri terdiri dari beberapa suku, oleh karena itu KKSI nantinya kata Tengku Darbi, akan mengusulkan untuk membuat sebuah program yang dapat menjaga keberagaman guna memajukan Kecamatan Minas.

"Bagaimana nanti di Minas ini kita buat wisata religi misalnya, yang masing-masing suku boleh ikut andil didalamnya, misal membuat masing-masing rumah adatnya didalam tempat wisata itu, hal ini untuk menjaga keberagaman guna memajukan Kecamatan Minas ini, namun demikian suku pertama yang ada di Minas ini tetap harus kita hargai yakni suku Sakai," imbuhnya.

Sementara untuk sisi politik lanjut Tengku Darbi, Kecamatan Minas sendiri sangat minim Anggota DPRD yang dapat memperjuangkan kemajuan bersama, padahal menurutnya, dari jumlah penduduknya sudah semestinya Kecamatan Minas bisa memiliki minimal 3 orang anggota DPRD.

"Disamping itu Minas ini juga merupakan salah satu wilayah yang berkontribusi besar terhadap Indonesia ini, sebab lumbung minyak ada di Minas ini, tapi apa yang terjadi kepada kita disini, kita lihat daerah lain jauh lebih maju dari kita tentu kita iri, namun semuanya merupakan kesalahan kita sebab secara berpolitik pun kita sudah kalah, sehingga tidak ada yang memperjuangkan kemajuan kita di Kecamatan Minas ini," cetusnya.

Dalam kesempatan itu Yang mulia Datuk Setia Maha Raja Jasa Negri Muchtar Rouf kepada Wartawan media ini ia menyampaikan, KKSI ini dibentuk bertujuan untuk membangkitkan kembali harkat dan martabat marwah Melayu Kesulitan Siak Sri Indrapura yang dulu pernah berjaya pada masanya. 

"Oleh Karan itu marilah bersama-sama kita membangun Minas ini, terlebih untuk pihak-pihak yang mencari keuntungan di Minas ini, fikirkanlah masyarakat Minas ini. Ini untuk air bersih saja kita susah. Mudah-mudahan dengan adanya KKSI ini ada pemikiran pemikiran yang dapat untuk memajukan kita masyarakat Kecamatan Minas ini," kata Muchtar Rouf.

Adapun Camat Minas H Hendra Adi Nugraha SSTP MSI melalui Pj Penghulu Kampung Minas Barat Ayang Bahari, dalam kesempatan itu ia juga mengatakan bahwa pihaknya dari pemerintahan sangat menyambut baik adanya KKSI tersebut khususnya di wilayah Kecamatan Minas.

"Tentunya kami sangat mendukung, dengan adanya KKSI ini, tentu kita harapkan bisa membantu pemerintah terkait dengan hukum adat misalnya, terlebih kita tahu di Kabupaten Siak ini akan ada 8 kampung yang akan dijadikan menjadi Kampung Adat," pungkasnya.

Tampak hadir dalam giat itu Camat Minas H Hendra Adi Nugraha SSTP MSI diwakili Pj penghulu Minas Barat Ayang Bahari, Danramil Minas diwakili Kopda AKP Hutagalung beserta sejumlah tokoh adat maupun tokoh masyarakat dan ormas Ikatan Pemuda Karya (IPK), Laskar Bumi Lancang Kuning (LBLK) dan Lembaga Laskar Melayu Bersatu (LLMB).****


Reporter : Idris Harahap



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex