Camat Serta Para Tokoh Masyarakat Gelar Musyawarah Rencana Perayaan HUT RI & HUT Kecamatan Minas

Rabu, 08 Juni 2022 - 18:31:03 WIB
Share Tweet Google +

SIAK, CATATANRIAU.com | Camat Minas H Hendra Adi Nugraha SSTP MSI didampingi Lurah Minas Jaya Rudi Hartono, pihaknya bersama sejumlah tokoh masyarakat dan organisasi masyarakat (ormas) mengadakan musyawarah persiapan perayaan hari ulang tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) Ke-77 sekaligus perayaan HUT Kecamatan Minas Ke-27 yang jatuh pada tanggal 04 September 2022 mendatang.

Dilansir dari berbagai sumber, Kecamatan Minas sendiri dibentuk pada tanggal 04 September 1995 berdasarkan peraturan pemerintah (PP) nomor 33 tahun 1995 tentang pembentukan 13 Kecamatan di wilayah Kabupaten Daerah Tingkat II Bengkalis, Inhil, Inhu dan Kampar dalam wilayah Provinsi Daerah tingkat I Riau. Yang mana pada saat itu Kecamatan Minas merupakan pecahan dari Kecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis, yang kini Kecamatan Minas telah berada di wilayah Kabupaten Siak.

Kegiatan yang digelar diruang rapat Kantor Camat Minas itu tampak juga dihadiri oleh tokoh adat suku Sakai Datuk H.Mhd.Bungsu.Dj selaku Ketua Bathin Limo Bomban Mineh beserta tokoh adat dan tokoh masyarakat lainnya dan sejumlah pemuda dan ormas, yakni Ikatan Pemuda Karya (IPK) dan Pemuda Batak Bersatu (PBB).

Dalam musyawarah tersebut juga terpilih Tarmizi secara aklamasi selaku ketua umum, Muhammad Darwis selaku sekertaris, Safar Siregar selaku bendahara dan Patrianta selaku ketua harian dalam pelaksanaan kegiatan itu nantinya.

"Ini merupakan musyawarah, yang pada awalnya kita ingin melemparkan wacana, bahwa kita yang sering terlupakan di Minas ini, pada 04 September 1995 Kecamatan Minas resmi dibentuk berdasarkan peraturan pemerintah (PP) nomor 33 tahun 1995," ujar Camat Minas H Hendra Adi Nugraha ketika diwawancarai oleh Wartawan media ini.

HUT Kecamatan Minas ini sendiri menurutnya sering terlupakan, baik itu oleh orang dewasa terlebih untuk anak-anak, oleh karena itu pihaknya bersama para tokoh masyarakat bertekad untuk bisa mengembangkan serta memberikan pelajaran bagi anak cucu kelak, dengan mengingatkan yakni berupa membuat kegiatan agenda rakyat ataupun pesta masyarakat dalam HUT Kecamatan Minas nantinya.

Camat Hendra juga menjelaskan, berhubung waktunya berdekatan dengan HUT RI 17 Agustus, dengan kurun waktu yang hanya berselisih beberapa pekan saja, maka oleh karena itu pihaknya pun bersepakat untuk menyatukan dua kegitan HUT tersebut.

"Jadi berdasarkan masukan dari para tokoh-tokoh yang hadir tadi, langsung diadakan penunjukan kepengurusan inti saja. Dan dikarenakan ini perdana kita merayakannya, maka kita mempercayakan kegiatan ini kepada orang tua kita dari suku Sakai, yakni Bapak Tarmizi, dan didukung oleh seluruh elemen masyarakat baik OKP maupun pemerintah Kecamatan Minas," jelasnya.

Dalam hal ini, Ia pun mengajak kepada seluruh masyarakat Kecamatan Minas untuk ikut mendukung bersama-sama demi suksesnya kegiatan tersebut nantinya.

"Mudah-mudahan ini sebagai wacana yang baik, bisa direalisasikan dengan baik, dan bisa menjadi pelajaran bagi anak cucu kita kedepan, bahwa Minas ini punya sejarah panjang. Yang intinya untuk menyatukan unsur masyarakat, jadi tidak ada kotak-kotak ditengah masyarakat, kita membangun bersama demi kemajuan kecamatan Minas kedepannya." Tukasnya.

Dalam kesempatan itu pula Tarmizi selaku Ketua Umum terpilih melalui Patrianta selaku ketua harian, ia mengatakan setelah digelarnya musyawarah tersebut pihaknya pun berharap agar kiranya seluruh perusahaan yang beroperasi di wilayah Kecamatan Minas khususnya dapat ikut berkontribusi dalam memeriahkan acara pesta rakyat itu nantinya.

"Nanti kita akan mencoba mengandung pihak perusahaan untuk berembuk bersama tentang tujuan acara yang akan diadakan ini kedepannya," tutupnya.***


Reporter : Idris Harahap



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex