Tingkatkan Kompetensi Tenaga Kerja Kontruksi Rohul, BJS PUPR Riau Adakan Pelatihan Sertifikasi K3

Selasa, 07 Juni 2022 - 22:02:52 WIB
Share Tweet Google +

ROHUL, CATATANRIAU.com | Bidang Jasa Konstruksi (BJS) PUPR Provinsi Riau mengadakan pelatihan Sertifikasi Petugas keselamatan & kesehatan kerja (K3) kontruksi Universitas Pasir Pengaraian (UPP)  melalui Pelaksanaan Sertifikasi Kompetensi Kerja (PSKK) Badan Nasional Sertifikasi Profesi ( BNSP) tahun anggaran 2022, yang di laksanakan tepatnya di Aula UPP.  Selasa (07/06/2022).

Kegiatan ini diselenggarakan atas kerja sama LPJK ,BNSP ,LSP Gataki, LSP Astekindo ,P3SM , Fakultas Teknik UPP, Bidang Jasa Konstruksi PUPR Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) dan Bidang Jasa Konstruksi PUPR Provinsi Riau, hal ini bersinergi dengan amanat yang tertuang dalam UU Nomor 2 Tahun 2017 Tentang Jasa Konstruksi.

"Berdasarkan kebutuhan Petugas K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) Konstruksi yang memiliki Sertifikat Ketrampilan Kerja (SKT), maka kami melaksanakan Uji Sertifikasi Sub Bidang K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) Konstruksi yang diselenggarakan di Universitas Pasir Pengaraian Kabupaten Rohul," ujar Kepala Dinas PUPR  Anton. ST, MM yang di wakili oleh Kepala Bidang Jasa Konstruksi Dinas PUPR, Nur Dhiany Dewi Utami ST.

Beliau juga mengharapkan bagi peserta yang telah mengikuti UJi Sertifikasi ini akan memiliki kemampuan dan standarisasi sebagai Petugas K3 Konstruksi yang berkompeten, yang dinyatakan dengan Sertifikat Keterampilan Teknis (SKT). sehingga melaksanakan pembangunan dapat dilaksanakan sesuai peraturan dan standarisasi yang berlaku," tambahnya.

Dalam kegiatan ini diikuti oleh 80 orang peserta yang berasal dari beberapa Perusahaan, Alumni UPP, Staff Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Staff Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, Staff Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga di Kabupaten Rokan Hulu, yang belum memiliki Sertifikat Ketrampilan Kerja Sub Bidang K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) Konstruksi.

Kepala Bidang Jasa Konstruksi Dinas PUPR, Nur Dhiany Dewi Utami ST mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan selama 1 hari bertepatan dengan hari Selasa tgl 7 Juni 2022.

Dalam hal ini Dinas PUPR Kabupaten Rokan Hulu bekerjasama dengan LSP/BNSP Riau dan bertindak sebagai Tim Penguji atau asesor adalah LSP/BNSP Kegiatan sertifikasi Petugas K3 Konstruksi ini terselenggara melalui program Pelaksanaan Sertifikasi Kompetensi Kerja (PSKK) dan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) tahun Anggaran 2022.

Hadir dalam acara tersebut Kasi Pelaksanaan Balai Jasa Konstruksi Wilayah Banda Aceh,  Kasi Pemberdayaan dan Pengawasan Jasa Konstruksi Dinas PUPRPKPP Provinsi Riau yang melaksanakan monev pada kegiatan tersebut.***


(PUPR Rohul/E.S.Nst)

Editor : Idris Harahap



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex