Bupati Pelalawan H Zukri didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Pelalawan Sella Pitaloka menerima penghargaan Kementrian Kesehatan Dirjen P2P Kemenkes RI, Maxi Rein Rondonuwu, DHSM, MARS, di Sirkuit MotoGP Mandalika Lombok, Selasa 31 Mei 2022

Bupati Pelalawan H Zukri Terima Penghargaan Bebas Malaria Di Lombok

Selasa, 31 Mei 2022 - 21:00:29 WIB
Share Tweet Google +

LOMBOK, CATATANRIAU.com | Bupati Pelalawan, Riau H Zukri menerima penghargaan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes), terkait keberhasilan dalam Program Eliminasi Malaria, di Mandalika, Lombok, Selasa, (31/5/2022).
Penyerahan penghargaan sertifikat Eliminasi Malaria merupakan puncak acara peringatan hari malaria sedunia tahun 2022 yang diadakan di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Penyerahan sertifikat Kementrian Kesehatan tersebut dilakukan oleh Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (Dirjen P2P) Kemenkes RI, Maxi Rein Rondonuwu, DHSM, MARS, yang diterima langsung oleh Bupati Pelalawan H Zukri didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Pelalawan Sella Pitaloka,

Bupati H Zukri setelah menerima penghargaan mengatakan bahwa penghargaan bebas malaria tanda Kabupaten Pelalawan Maju Bersama. "Alhamdulillah Kabupaten Pelalawan terpilih mewakili Riau untuk menerima penghargaan "Bebas Malaria". Acara ini diikuti oleh 33 Kabupaten terpilih dari total 415 Kabupaten Se-Indonesia, acara ini berlangsung dipusatkan di Sirkuit MotoGP, Mandalika Lombok. 

Acara penghargaan ini ditaja oleh Kementrian Kesehatan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kepedulian kita terhadap bahayanya penyakit malaria. "Kami juga mengucapkan terimakasih atas semangat kita bersama untuk menciptakan Kabupaten Pelalawan yang bebas dari malaria. Mari bersama-sama kita terus bersinergi dengan menerapkan budaya peduli dilingkungan masyarakat kita," imbuh Bupati itu.

Keberhasilan H Zukri di tahun kedua masa  berjalan kempemimpinannya  berpasangan dengan Wakil Bupati H Nasarudin, MH.  Penghargaan tingkat nasional yang diterima adalah di bidang kesehatan, yakni sertifikat eliminasi Malaria.

Penghargaan eliminasi Malaria yang diterima Pemkab Pelalawan bersamaan dengan 33 kabupaten/kota di Indonesia. Di Provinsi Riau, hanya Kabupaten Pelalawan yang terima penghargaan tersebut.

Bupati juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Menteri Kesehatan yang telah memberikan penghargaan Sertifikat Eliminasi Malaria. Dengan adanya penghargaan ini, semua patut dan wajib bersama-sama mempertahankan, agar Kabupaten Pelalawan bebas dari malaria.

Hadir mendampingi Bupati Zukri menerima penghargaan ini, Ketua TP PKK Kabupaten Pelalawan Sella Pitaloka, Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Asril, M.Kes, turut serta juga mendampingi Plt Kadis PUPR Joko Sutiardi, ST.

H Zukri menjelaskan Eliminasi Malaria,  merupakan suatu kegiatan menghentikan penularan setempat Malaria dalam satu wilayah geografis tertentu, bukan berarti faktor penyebab Malaria yang dieliminasi atau tidak ada kasus Malaria terlaporkan sama sekali.
"Eliminasi berarti tidak ada kasus baru dengan penularan setempat," tutupnya. *****


Laporan : E Pangaribuan

Editor : Idris Harahap



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex