Antisipasi PMK Terhadap Hewan Ternak, Polsek Minas Lakukan Monitoring & Pengecekan

Senin, 23 Mei 2022 - 11:32:24 WIB
Share Tweet Google +

SIAK, CATATANRIAU.com | Kapolsek Minas Kompol Sawaluddin Pane SH melalui Kanit Binmas Polsek Minas AKP RE Sitorus beserta  Bhabinkamtibmas Kelurahan Minas Jaya Brigadir Elian, mereka melakukan kegiatan Monitoring dan Pengecekan Hewan Ternak Antisipasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), disalah satu kandang ternak sapi milik warga Kelurahan Minas Jaya, Kecamatan Minas, Kabupaten Siak, Riau, Senin (23/05/2022) sekira pukul 10.30 WIB.

"Giat ini juga diikuti oleh Dokter Hewan Ika Yudia Ulfa serta Penyuluh UPT Peternakan Kecamatan Minas Pak Ridi," ujar AKP RE Sitorus.

Dalam kegiatan tersebut Kanit Binmas Polsek Minas AKP RE Sitorus menghimbau kepada pemilik ternak jika menemukan ciri - ciri Penyakit mulut dan kuku pada hewan ternaknya agar segera menghubungi pihak Puskeswan maupun Dokter hewan yang ada, serta selalu menjaga kebersihan kandang dan pakan untuk mencegah hewan ternak tertular penyakit. 

"Dalam kegiatan monitoring dan pengecekan tersebut tidak ditemukan hewan ternak sapi yang memiliki ciri - ciri Penyakit Mulut dan Kuku (PMK)," jela AKP RE Sitorus.

Selain itu lanjutnya, pihaknya juga melakukan hal serupa di wilayah Kampung Mandiangin dengan petugas dari pihak Kepolisian yakni Bhabinkamtibmas setempat Bripka Yoga suparno.

"Kalau di Mandiangin, kita juga melaksanakan hal serupa disalah satu kandang sapi milik warga setempat yakni bapak Soliman sebanyak 15 ekor sapi di Dusun Muntikato Kampung Mandiangin," jelasnya.

Dalam kegiatan tersebut lanjutnya, Bhabinkamtibmas Kampung Mandiangin bersama dokter hewan Kecamatan Minas melakukan pengecekan terhadap semua ternak yang ada di kandang tersebut serta memeriksa bagian kaki, mulut, serta suhu tubuh ternak.

"Dalam kegiatan monitoring dan pengecekan tersebut untuk jumlah sapi sebanyak 15 ekor ditemukan 1 ekor hewan ternak sapi mengalami sakit, yang mana ternak tersebut mengalami luka di leher. dan untuk hewan yang lain dalam keadaan sehat dan tidak ditemukan ciri-ciri penyakit PMK," pungkasnya.***


Reporter : Idris Harahap



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex