Rombongan Bupati H Zukri sidak ke berbagai PKS dikabupaten Pelalawan . Harga sawit makin gawat dan tangki CPO sudah nyaris penuh.

Bupati H Zukri Kumpulkan Pengusaha 33 PKS, Bermohon Buka Eksport Kepada Presiden Jokowi

Jumat, 13 Mei 2022 - 18:11:19 WIB
Share Tweet Google +

PELALAWAN, CATATANRIAU.com | Kondisi gawat sedang dihadapi dunia industri sawit di Provinsi Riau terutama Kabupaten Pelalawan sebagai penghasil terbesar sawit. Akibat larangan eksport CPO dan turunannya kondisi petani mengalami kerugian akibat penurunan harga dan dalam 7 sampai 14 hari kedepan diperkirakan tangki pabrik CPO akan penuh.  Pabrik  bisa stop beli sawit, khususnya buah sawit dari masyarakat. Terjadi kesulitan menjual TBS oleh petani dan PKS kesulitan hasil produksi berupa minyak kelapa sawit mentah atau CPO tidak terjual. Hal ini membuat
Bupati Pelalawan H Zukri mengundang 33 PKS di Kabupaten Pelalawan Riau pada Jumat (13/05/2022) untuk mendengarkan permasalahan yang terjadi. 

Setelah sebelumnya selama 4 hari Bupati bersama rombongan mengunjungi berbagai PKS meninjau harga TBS petani dan menyapa masyarakat petani. Terjadi berbagai variasi harga TBS dilapangan yang dilajukan tiap tiap PKS,  tidak sesuai keputusan harga dari pemerintah.
Bupati Pelalawan H Zukri sidak di beberapa PKS agar Pengusaha PKS  jangan sesuka hati memberikan harga sawit ke masyarakat. Petani mengalami kerugian dan semakin berat jika sampai TBS tidak laku dijual karena tak ada pembeli. Harga TBS itu juga tidak berpengaruh kepada kunjungan Bupati dan rombongan untuk sidak harga sawit.

Bupati H Zukri didampingi Sekda HT Mukhlis MSI, Asisten II Arizal MSi,  Kadis DPMPTSP Budi Surlani, S Hut MM, Plt Kadis Perkebunan Akhtar SE, melakukan rapat dan dialog dengan pengusaha PKS, GAPKI, APKASINDO diruang auditorium kantor Bupati Pelalawan. Bupati meminta penjelasan pengusaha PKS terkait harga pembelian TBS dari petani dan kondisi tangki penimbunan CPO serta perkembangan situasi yang terjadi di lokasi masing masing terkait TBS.

Jawaban pengusaha PKS harga yang diterapkan PKS  masih sekitar harga Rp 1900 sampai dengan Rp 2500 perkilo TBS. Sedangkan kemampuan tangki untuk menyimpan CPO bertahan antara 7 hari sampai 14 hari kedepan. Setelah itu tangki penuh karena tidak ada penjualan akan mengakibatkan masalah yang sangat gawat. 

Salah satu perwakilan PT SAR, Merlinton Purba menyampaikan Harga TBS masyarakat petani swadaya seharga Rp 2500 perkilo . Ini harga tertinggi dari PKS yang hadir. "Harga TBS pada hari ini Jumat 13 Mei 2022 di PT SAR   seharga 2500 perkilo. Sedangkan tangki penampungan dapat bertahan, diperkirakan sekitar 7 hari lagi, jika tidak ada penjualan," ujarnya.

Perwakilan Asian Agri group, Taufik menyampaikan harga TBS dilokasi PKS nya diantara Rp 1950 sampai dengan Rp 2200 perkilo, Ini menjafi harga TBS terendah pada hasil keterangan rapat itu. Sedangkan Kapasitas tangki di perkirakan 14 hari lagi jika tidak ada penjualan. Mendengar terjadi penurunan harga TBS  di PKS,  membuat Bupati H Zukri sempat kecewa mendengar harga TBS itu . Karena kunjungan Bupati tidak mempengaruhi harga TBS.

Kondisi kemampuan tangki penimbunan CPO yang akan bertahan  antara 7 hari sampai 14 hari kedepan membuat Bupati H Zukri bersama pengusaha PKS menyampaikan laporan permasalahan kepada Presiden Jokowi. Dan berharap agar larangan eksport segera dibuka. Karena inilah salah satu jalan untuk mengurangi permasalahan petani dan juga pengusaha PKS.  

Usai dialog, Bupati Pelalawan H Zukri didampingi jajaran, bersama GAPKI, APKASINDO dan pengusaha PKS
meminta kepada Presiden Jokowi  segera membuka kembali keran ekspor minyak sawit mentah (CPO). Hal ini dikarenakan akan menimbulkan efek domino bagi pelaku usaha, petani sawit di Kabupaten Pelalawan. ****


E Pangaribuan



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex