MENU TUTUP

Masing-masing Upika Bersinergi, Kejar Capaian Vaksinasi 70 % Per 31 Desember 2021

Selasa, 28 Desember 2021 | 09:53:21 WIB Dibaca : 919 Kali
Masing-masing Upika Bersinergi, Kejar Capaian Vaksinasi 70 % Per 31 Desember 2021

ROHUL, CATATANRIAU.com | Untuk menggesa capaian Vaksinasi Covid-19 Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) per 31 Desember 2021 mencapai 70 %. Pemkab dan Tim Satgas Penagananan Covid-19 Rohul melakukan Rapat Evaluasi vaksinasi dengan Kapolres, perwakilan Dandim 0313, Kepala OPD, Camat dan Kepala Puskesmas se Rohul, di Convention Hall Islamic Center Rohul, Senin (27/12/2021) kemaren.

 

Sebelumnya Kabid P2P Diskes Rohul dr Darmadi Lubis memaparkan progres capaian vaksinasi Rohul. Ia menjelaskan capaian vaksinasi Rohul hingga 26 Desember 2021 sesuai data dari KPCPEN  Dosis 1 66.93 % dan Dosis 2 mencapai 24.02 %.

 

Sementara melalui Aplikasi PCare 67 % dan jika dihitung secara Manual 69.60 %. Darmadi juga menjelaskan Data NIK bermasalah saat entry di PCare sebanyak 1.253 data, dengan rincian data yang berhasil di update 315 data, sementara data bermasalah 743 serta NIK bermasalah di Lapas 195 data.

 

Sementara itu, Pj Sekda Rohul M. Zaki SSTP M.Si juga menjelaskan di Kabupaten Rohul baru ada 3 Kecamatan yang mencapai target diatas 70 %, seperti Kecamatan Ujung Batu (76.46%), Bonai Darussalam (75.98%) dan Tadun (71.89%).

 

“Sehingga untuk hari ini angka vaksinasi kita dosis 1 di Kabupaten Rohul kalau secara manual itu sudah di angka 69,60%, tapi kalau yang dipakai pemerintah pusat adalah data aplikasi PCare sudah di angka 67,00%,” jelas Zaki.

 

Terang Zaki, jika berpedoman pada angka 67,00%, Rohul masih kekurangan 2,8%. Dihitung berdasarkan sasaran yang perlu disegerakan untuk divaksin dosis pertama itu 12.832 dan hal ini sudah dirapatkan dengan seluruh Upika baik itu Camat, Kapolsek dan Danramil serta Ka  pus seluruh kabupaten Rokan Hulu.

 

“Untuk dapat mencapai ini per 31 Desember dan ini upaya kita maksimal kita sudah bagi target kembali kepada masing-masing Kecamatan agar bersama-sama bersinergi untuk mencapai target tersebut,” katanya.

 

Ia juga berharap kepada masyarakat agar melaksanakan vaksin dosis 1, memang ini tidak menghindarkan dari Covid-19 tapi sudah meringankan risiko bagi masyarakat jika terpapar dengan Covid-19.

 

“Kita tidak tahu Covid-19 ini kapan berakhir tapi mudah-mudahan dengan Herd Immunity kita capai dengan vaksin ini mudah-mudahan kita dapat terselamatkan dari Covid-19. Data dari kawan-kawan di lapangan ada juga masyarakat kita yang data NIK nya tidak tercatat,”.

 

“Atau ada juga data NIK nya double dan ganda, kemudian ada data vaksin yang dulu di awal-awal menggesa vaksin bersama dengan TNI yang masuk 3% ini masuk pada data PCare Kabupaten Kampar. Kita sudah berkoordinasi untuk dapat menarik data ini ke kabupaten kita, akan tetapi karena ini sudah terekap menjadi persentase Kampar sehingga kita harus mencapai target lagi untuk memenuhi sekitar 2,8%. Kalau data itu dapat masuk kita sudah di atas 70%,” jelas Zaki.

 

Sementara itu, Kapolres Rohul AKBP Eko Wimpiyanto Hardjito SIK mengatakan Capaian Vaksinasi Rohul hari ini sudah mencapai sekitar 67,%, maka untuk mengecar target mencapai 70%  kita melakukan Rapat Gabungan bersama dengan Kepala OPD, Camat, Danramil, Kapolsek dan Kapus.

 

“Intinya adalah kita akan menggesa dibeberapa titik poin-poin termasuk dengan penambahan personel vaksinator yang akan diturunkan. Kalau dulu ada 27 Titik maka hal ini akan tersebar sampai dengan 40 titik lokasi akan melakukan vaksinasi dengan target dalam dua hari terakhir ini harus sampai dengan 70%,” harapnya.

 

Kapolres juga mengaku kondisi banjir juga salah satu menghambat pencapaian target dalam vaksinasi agak berkurang seperti 2 hari terakhir ini hujan sangat lebat dan terjadi banjir dibeberapa titik, sehingga capaian target agak menurun.

 

“Maka hal tersebut akan mempengaruhi tetapi kita tidak putus asa karena capaian target kedepan ini kita berharap bisa meningkat sampai dengan 70%. Kita optimis bisa tercapai, tadi disampaikan bahwa seluruh Kapolsek Camat ke Puskesmas bersinergi bersama-sama bergabung dengan Kemenag,”

 

“Tadi juga disampaikan dalam rapat bahwa dari Kemenag untuk bisa berpartisipasi menggerakkan para KUA tokoh agama bersama-sama untuk bisa hadir di dalam tempat-tempat vaksinasi yang telah disiapkan,” ajaknya.***


 



Berita Terkait +

Wakili Kasad, Inspektur Jenderal TNI AD Besok Akan Tutup TMMD ke-119 Di Kampung Sungai Tengah

Pemkab Kampar Jadikan Stanum Rumah Sakit Darurat Covid-19

Dinsos Siak Tingkatkan Kapasitas SDM Sistem Layanan Rujukan Terpadu

Kasmarni Sampaikan Selamat Hari Ibu Untuk Panutan Terbaik Yang Pernah Ada

Polres Kampar Zoom Meeting Terkait Persiapan Pengumutan dan Perhitungan Surat Suara Pemilu 2024

Sosok Polisi Teladan di Siak Ini Dirikan Rumah Tahfiz Gratis Bagi Anak Anak Kurang Mampu

Pemkab Rohul Tetap Selenggarakan Upacara HUT RI 75 Dengan Mematuhi Protokol Kesehatan

Kasus Bupati Rohil Segera Diproses, Ketua KNPI Riau: Silahkan! itu Hak dia Membantah

DPC AWI Rohul Gelar Acara Pengukuhan Yang Dibarengi Dengan Cofee Morning

Ngopi Bareng Wartawan, Manahara Napitupulu Sebut Pembangunan Infrastruktur di Inhu & Kuansing Sudah Diupayakan 

TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Dihadiri Ratusan Anak Kemenakan, Halal Bihalal Suku Melayu Berjalan Sukses

2

Pelatihan Vokasi Juru Las PHR Jadikan Pemuda Riau Siap Kerja

3

Petugas Lapas Pasir Pengaraian Donorkan Darah Jelang Peringatan HBK Ke-60

4

Musyawarah Nasional BEM SI XVII di Pekanbaru: Momentum Bersejarah Untuk Riau

5

DPD Golkar Riau, H Nasarudin, SH MH Wakil Bupati Pelalawan Masuk Bursa Kandidat Gubri

6

Ciptakan Situasi Kamseltibcarlantas Pasca Lebaran, Personil Polsek Minas Lakukan Patroli KRYD