MENU TUTUP

Upaya Gigih AKBP Indra Wijadmiko Kapolres Pelalawan Selamatkan Satwa Dilindungi

Jumat, 11 Desember 2020 | 11:38:58 WIB Dibaca : 1750 Kali
Upaya Gigih AKBP Indra Wijadmiko Kapolres Pelalawan Selamatkan Satwa Dilindungi


PELALAWAN, CATATANRIAU.COM | Banyak masyarakat berasumsi berbeda-beda menanggapi video viral dalam unggahan di akun YouTube milik Kapolres Pelalawan AKBP Indra Wijadmiko, terkait satwa jenis Owa Sumatera yang di lindungi.


Unggahan video tersebut menjadi viral beberapa waktu lalu di karenakan ada pihak yang tidak bertanggung jawab, sehingga membuat video tersebut berdampak negatif karena adanya narasi yang diduga sudah terpenggal-penggal dan di munculkan ke media sosial.


Yang lebih memilukan video dibuat seolah Owa tersebut terlihat dipermainkan atau seolah-olah di adu dengan seekor anjing, dan beberapa waktu kemudian, Owa tersebut mati lalu dikubur sehingga membuat asumsi negatif di kalangan masyarakat kepada Kapolres Pelalawan AKBP Indra Wijadmiko.


Sebagian besar dari tanggapan masyarakat tidak percaya dengan video yang berkembang ini, karena sangat bertolak belakang dengan sifat dan kepribadian dari seorang sosok Indra Wijadmiko yang penyayang.


Asumsi masyarakat ini bukan tidak berlandaskan dasar yang kuat, di karena masyarakat mengenal sosok Indra yang tanpa ragu-ragu mengangkat seorang anak yang telah di aniaya dan di telantarkan oleh orang tua kandungnya sendiri, dan memberikan kasih sayang yang luar biasa kepada anak tersebut layaknya anak kandung nya sendiri beberapa waktu yang lalu.


Hal inilah yang mendorong para unsur elemen masyarakat dan para awak media ingin mengetahui tentang kebenaran terkait video tersebut.


Menanggapi video viral itu, Kabid Humas Polda Riau Kombes Pol Sunarto mengatakan, owa tersebut sebelumnya ditemukan oleh seorang bintara polisi pada awal Desember 2020.


"Perlu diluruskan informasinya, bahwa hewan tersebut ditemukan oleh salah satu personel Polri atas nama Bripda Joss pada 1 Desember sekitar pukul 16.00 saat tengah berolahraga sore. Bripda Joss menemukan sebuah karung di tepi jalan Kualo Pelalawan," kata Sunarto kepada awak media, Kamis (10/12).


Menurut Sunarto, kondisi karung tersebut dalam keadaan terikat. Setelah karung dibuka, kata Sunarto, ternyata isinya hewan sejenis kera atau Owa dalam keadaan sekarat dan terluka parah di bagian tangan serta paha.


"Kemudian anggota tersebut membawanya dan melaporkan kepada Kapolresnya (AKBP Indra). Selanjutnya Kapolres memerintahkan anggota tersebut untuk segera membawanya ke dokter hewan untuk mendapatkan pertolongan/pengobatan," ucap Sunarto.


Kemudian, Indra memberikan pertolongan medis dan pengobatan dengan bantuan dokter hewan dan dibawa pulang. Lalu pada tanggal 3 Desember, lanjut Sunarto, hewan tersebut dibawa lagi ke dokter hewan untuk pengobatan.
"Hingga pada akhirnya hewan tersebut meninggal (mati) karena sakit yang dideritanya pada 5 Desember," pungkas Sunarto.


Dari keterangan Kabid Humas Polda Riau Kombes Pol Sunarto dapat di simpulkan bahwa, kebenaran nya adalah Indra Wijadmiko selaku Kapolres Pelalawan bukan menganiaya Satwa Owa yang di lindungi, melainkan ingin menyelamatkan Satwa Owa tersebut dari kepunahan dengan memberikan penyembuhan yang intensif.


Akan tetapi upaya Indra dalam penyembuhan Owa tersebut kandas di karenakan sakit yang di derita oleh Owa tersebut sudah cukup parah, sehingga Owa tersebut tak tertolong. **




Berita Terkait +

Operasi Keselamatan LK 2022, Personil Sat Lantas Polres Rohul Gelar Di Tujuh Titik

Sahat Maruli Siregar : Veron/Ram Sawit Berbuat Curang Bisa  Pidana 4 Tahun

Serma Muhammad Nasir Serta Serda Parjuni Patroli Drilling Demi Keamanan OVN di PT PHR Minas

Acara syukuran Ultah Ketua Umum Sekaligus Penyerahan SK DPD Kabupaten LPK R.I B.A.I

Babinsa Koramil 03/Minas Monitoring Dan Kawal Pendistribusian Logistik Pemilu 2024 di Kampung Lubuk Jering

Komisi III DPRD Pekanbaru Rapat dengan Dinas Kesehatan Terkait Pelayanan Masyarakat Kurang Mampu

Kapolsek Tambang Lakukan Cooling System Lagi, Himbauannya Tentang Ini

Kades Kayu Aro & PT HKI Lakukan Pelebaran 4 KM Jalan, Untuk Perlancar Kinerja Pembuatan Jalan Tol

POLRESTA PEKANBARU TERIMA PENGHARGAAN DARI MENPAN-RB

Himbauan Pemerintah Daerah Di Abaikan, Wisata Cipogas Tetap Buka Untuk Pengunjung

TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

4 Bulan di Siak Tak Bisa Jumpai Alfedri, Akbar Jihad : Menunggu Pemimpin Baru Untuk Membahas Gagasan Yang Kami Bawa

2

Pengalaman dan Berdarah Minang, PKDP Minas Deklarasi Dukung Dr.Afni di Pilkada Siak

3

Pemkab Rohul Ikut Meriahkan Lancang Kuning Carnival 2024 Di Kota Pekanbaru

4

Kapolres Inhu Resmikan Bangunan MCK dan Pojok Baca SD Marginal Rakit Kulim

5

Fasilitas Anjungan SLS, Sopir Angkutan Kemitraan Nyaman Saat Bongkar TBS

6

Ribuan Masyarakat Hadiri Tabligh Akbar Yang Di Gelar Oleh Wabup Rohul