MENU TUTUP

Tiga Kecamatan Siak Jadi Lokasi Transmigrasi

Senin, 04 Desember 2017 | 17:58:39 WIB Dibaca : 3124 Kali
Tiga Kecamatan Siak Jadi Lokasi Transmigrasi

Kabupaten Siak menjadi daerah kedua di Provinsi Riau yang pro-aktif mengembangkan program transmigrasi. Pemerintah Daerah negeri Istana, berkomitmen penuh mensukseskan kebijakan yang tengah digagas pemerintah pusat tersebut, dalam rangka pemerataan pembangunan saat ini. 

Hal tersebut terungkap saat Bupati Siak H Syamsuar dengan didampingi sejumlah kepada OPD, menyampaikan presentasi Rencana Kawasan Transmigrasi Kabupaten Siak Tahun 2017, di Jakarta (4/12/17).

“Kita menginginkan adanya upaya pengembangan transmigrasi penduduk yang bersinergi dengan Program Perhutanan Sosial,” kata Syamsuar usai mendengarkan arahan Direktur Bina Potensi Kawasan Transmigrasi, dikantor Ditjen Penyiapan Kawasan dan Pembangunan Pemukiman Transmigrasi.

Intinya kata orang nomor satu negeri istana ini, sesuai ketentuan dikawasan Perhutanan Sosial yang direncanakan, harus mengakomodir adanya pemukiman transmigran, sebab ciri pembangunan transmigrasi adalàh pengakuan hak kepemilikan tanah bagi transmigran.

Harapan Syamsuar tersebut mendapat tanggapan positif dari Direktur Direktur Bina Potensi Kawasan Transmigrasi, pihaknya berjanji akan segera menindaklanjuti usulan Bupati dua periode itu.

Sementara itu Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Amin Budyadi mengatakan, saat ini Pemkab Siak sedang menyusun Rencana Kawasan Transmigrasi yang mempriotaskan warga lokal. 

“Warga calon transmigran yang akan didatangkan dari luar daerah itu disisipkan dengan tujuan sebagai motivator bagi yang lainnya,” ungkap dia.

Namun demikian, pihaknya mengaku belum dapat  membeberkan perhitungan secara pasti berapa besaran presentasenya yang akan diberikan, namun Amin memastikan akan memberikan porsi yang lebih besar untuk calon transmigran lokal. Sementara untuk rencana lokasi transmigrasi, kata dia Pemkab Siak sudah mempersiapkan tiga kecamatan.

“Rencana Kawasan Transmigrasi (RKT) tersebut meliputi 3 kecamatan yaitu, Bungaraya, Sabak Auh dan Sungai Apit,” sebutnya.

Ditambahkannya, untuk realisasi program tersebut akan dilakukan setelah Rencana Kawasan Transmigrasi disahkan oleh Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.



Berita Terkait +

Prinsip Keselamatan Rakyat, Polri Siapkan 92.598 Objek Target Pengamanan Mudik Lebaran

Pengamanan KTT G20, Polri Gunakan Face Recognition

Obrolan Menarik tentang Persiapan Intelijen Dalam Menyongsong Tahun Politik

Jaksa Agung: Optimalkan Peran Intelijen Yustisial dalam Menyukseskan Pemilu Damai 2024

Baru enam hari jadi wanita tertua sejagat, nenek ini meninggal dunia

Ikatan Pelajar Siak Jogja Pertanyakan Status Presiden Mahasiswa Siak

Kapolri Tegaskan Soliditas dan Sinergitas TNI-Polri Modal Kawal Kebijakan Nasional

Peringatan HPN 2023, Presiden Jokowi : Media Harus Mampu Pertahankan Kebenaran

Terkait Tender Gorden DPR 43,5 M, Azmi : Lembaga Penegak Hukum Harus Turun Tangan

Jakasa Agung Ajak Membangun Komunikasi Publik Dengan Beragam Platform Media

TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Peduli Warga Yang Membutuhkan, Polsek Minas Rutin Salurkan Paket Sembako Dalam Giat Minggu Kasih

2

Remaja Masjid Al-Muttaqin Gudang, Kampung Minas Timur Gelar Acara Peringatan Isra' Mi’raj dan Menyambut Bulan Ramadhan 1445 H

3

Dukung Wadah Tempat Berhimpun Para Guru, Pemkab Siak Akan Bangun Gedung PGRI

4

Peringati Isra' Mi'raj, Ustadz KH. Abdurahman Al-Banjari Sampaikan Tausiah Di Lapas Pasir Pengaraian

5

Satgas TMMD Ke 119 Kodim 0322/Siak Ajak Seluruh Lapisan Masyarakat Hadiri Gebyar Sholawat Sambut Berkah Ramadhan di Kampung Sungai Tengah!

6

Bupati Rohul Resmi Tutup MTQ ke 24, Kafilah Kecamatan Rokan IV Koto Sabet Juara Umum