MENU TUTUP

PHR Borong Juara Kompetisi Digital Hackathon SKK Migas 2024

Jumat, 07 Juni 2024 | 19:15:38 WIB Dibaca : 162 Kali
PHR Borong Juara Kompetisi Digital Hackathon SKK Migas 2024 Tim dari PHR memaparkan majalah solusi inovasi memanfaatkan Artificial Inteligence (AI) dan Machine Learning (ML) pada Rencana Kerja Produksi, Metering dan Perawatan Fasilitas (PPF) SKK Migas 2024 di Surabaya, Rabu (5/6/2024).

Surabaya, Catatanriau.com | PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) tampil sebagai pemenang pada kompetisi Digital Hackathon SKK Migas 2024. PHR menang dalam dua kategori sekaligus serta meraih penghargaan khusus yang diumumkan pada penutupan  Kegiatan Rencana Kerja Produksi, Metering dan Pemeliharaan Fasilitas (PPF) 2024 di Surabaya, Rabu (5/6/2024).

PHR berhasil mengungguli 35 tim lainnya dari berbagai Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) dengan menampilkan Solusi inovatif memanfaatkan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) dan Machine Learning (ML) untuk meningkatkan produksi, keandalan dan efisiensi operasi.

Para pemenang juga berkesempatan memaparkan makalah inovasinya di hadapan peserta Raker PPF SKK Migas 2024. Adapun inovasi yang meraih juara yakni Heavy  Equipment Request Order atau Digital HERO sebagai  juara pertama kategori Proof Of Concept (POC). Lewat pendekatan digitalisasi, inovasi ini membantu mengoptimalkan waktu perpindahan alat berat dalam aktifitas pengeboran menjadi lebih singkat dan efisien.  

Sedangkan untuk kategori Implemented diraih Artificial Lift Intelligence (ALI) atau AI Based Inferred Production (ABI-PRO) yang mampu  memprediksi kinerja pompa di setiap sumur. Penerapan teknologi machine-learning ini mendeteksi lebih dini apabila kinerja pompa menurun sehingga harus dilakukan perawatan.

Sedangkan juara kedua diraih inovasi SI PINTAR yang merupakan Sistem Pengaturan Distribusi Injeksi Uap Terpadu. Inovasi ini membantu pembuatan keputusan yang tepat untuk distribusi injeksi uap di lapangan Duri saat mengalami kondisi abnormal seperti suplai gas yang kurang.

PHR juga mendapatkan penghargaan kategori khusus atau Honorable Mention atas aplikasi Venus yang merupakan pengembangan dari kecanggihan e-Mars 2.0 (Minas Advance Reactivation Strategy) sebagai AI-expert system yang diciptakan oleh para pekerja PHR ini untuk mendukung inisiatif strategis juga ditampilkan. e-Mars terbukti mampu mengaktifkan kembali sumur-sumur non produktif. Sejauh ini, e-Mars telah berhasil mengaktifkan kembali lebih dari 700 sumur non produktif sejak alih kelola di WK Rokan.

VP Operation & Maintenance (O&M) PHR I Gede Putu Ambara Guna yang turut hadir pada pengumuman pemenang kompetisi Digital Hackathon SKK Migas 2024 mengapresiasi pencapaian para pekerja PHR atas inovasi yang dilahirkan. Pendekatan digitalisasi dan teknologi dinilai sangat berkontribusi dalam upaya meningkatkan keandalan operasi dan produksi.

PHR kata Gede, akan terus mendorong pekerja untuk terus berinovasi dengan pendekatan teknologi di WK Rokan.  Transformasi digital memperkuat psosi PHR sebagai salah satu perusahaan migas yang unggul dalam teknologi surface maupun subsurface.  

“Ini merupakan salah satu implementasi tata nilai AKHLAK dari para pekerja di WK Rokan. Dengan berkolaborasi antar fungsi, kami mampu melahirkan inovasi-inovasi baru dalam mendukung  upaya ketahanan energi nasional,” ujarnya.  

Solusi inovatif yang dihadirkan oleh PHR dinilai dewan juri sebagai solusi yang paling kreatif, inovatif, dan memiliki potensi dampak yang signifikan terhadap industri hulu migas.

“Atas pencapaian ini kami apresiasi upaya inovatif yang telah dilakukan oleh PHR sebagai KKKS yang terdepan dalam penerapan teknologi Artificial Intelligence dan Machine Learning di industri hulu migas di Indonesia. Semoga upaya ini dapat terus dipertahankan dan bahkan ditingkatkan agar selalu unggul, kompetitif dan inspiratif sehingga akan terus melahirkan terobosan-terobosan inovasi digital terbaru berbasis data science untuk menjawab tantangan operasional dalam meningkatkan produksi dan efisiensi,” kata salah satu dewan juri Dr.-Ing. Mohamad Fauzan Amir.

Kompetisi Digital Hackathon SKK Migas 2024 merupakan salah satu upaya SKK Migas untuk mendorong transformasi digital di industri hulu migas. Kompetisi ini diikuti oleh 36 tim dari berbagai KKKS dibawah naungan SKK Migas. Peserta ditantang untuk mengembangkan Solusi inovatif yang memanfaatkan AI dan ML untuk mengatasi berbagai permasalahan dalam operasi hulu migas.

“Selamat buat tim PHR yang terus berinovasi memberikan solusi melalui digitalisasi memanfaatkan AI dan ML dalam kompetisi Digital Hackathon hulu migas tahun 2024. Semoga tetap terus berinovasi dan menjadi banch march yang baik untuk KKKS lain,:” kata  Kepala Divisi Produksi dan Pemeliharaan Fasilitas SKK Migas Bambang Prayoga.****

Laporan : Idris Harahap 



Berita Terkait +

Evaluasi Penanganan Karhutla Tahun 2023, Harus Siap Menghadapi Perubahan Iklim dan Pengaruh Ulah Manusia

Dukung Pemkab Siak Tangani C-19, BPJS Ketenagakerjaan Bersedia Bantu Jaminan Bagi Relawan

Begini Perjuangan Codet Sang Gajah Saat Jatuh Cinta

Wabup Siak Husni Merza Kukuhkan Anggota Paskibra HUT RI Ke-77

Pemuda Siak Mau Dipecah, Ketua KNPI Riau: Jangan Gabung Sama Kelompok Pengkhianat

Bawaslu Riau Bersama BPJS Ketenagakerjaan Siapkan Perlindungan Kerja Jajaran Pengawas Adhoc

Jumat Curhat, Kapolres Kampar Ajak Para Santri dan Pemuda Bersama Jaga Harkamtibmas

Polres Rohul Melakukan Sholat Subuh Sekaligus Silaturahmi Dengan Jamaah

Polres Siak Bagikan 10.000 Masker Pada Acara Launching Pembagian Masker Serentak

Hari Ini Polsek Minas Masih Dapati 11 Warga Yang Tak Indahkan Prokes Covid-19

TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

HM Harris Siap Maju sebagai Calon Gubernur Riau 2024

2

Bandar Narkoba Ditangkap Polsek Tandun dengan Barang Bukti 31 Gram Sabu

3

Polsek Langgam Tangkap Dua Bandar Narkoba Sabu dan Ganja di Subuh Dini Hari

4

Melalui Pengolahan Limbah Kelapa Sawit, PPK Ormawa HIMAGROTEK UNRI Dorong Pertanian Berkelanjutan dan Eco Green di Kelurahan Sungai Pagar

5

Tolak Tegas LGBT, BEM UNRI Inisiasi Mimbar Bebas di Gedung DPRD Provinsi

6

PSU Di 31 TPS Tambusai Utara, Data Pemilih Yang Mencoblos Hanya 3. 293