MENU TUTUP

F.SPTI -K.SPSI Rohul Gelar Aksi Damai Di Kantor Bupati

Selasa, 07 Mei 2024 | 07:59:26 WIB Dibaca : 424 Kali
F.SPTI -K.SPSI Rohul Gelar Aksi Damai Di Kantor Bupati

Rohul, Catatanriau.com | Dalam rangka memperingati Hari Buruh yang jatuh setiap tanggal 1 Mei, Federasi Serikat Pekerja Transport Indonesia - Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (F.SPTI -K.SPSI) Kabupaten Rokan Hulu menggelar Aksi Damai di Kantor Bupati Rokan Hulu pada hari Senin (06/05/2024) sekitar Pukul 14.00 WIB.

Aksi Damai tersebut dilakukan sebagai respons terhadap dugaan perampasan hak buruh yang tidak sesuai dengan aturan atau kebijakan yang telah dilakukan oleh Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Rokan Hulu.

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Federasi Serikat Pekerja Transport Indonesia - Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (F.SPTI -K.SPSI) Kabupaten Rokan Hulu, Sahril Topan, menegaskan perlunya evaluasi terhadap kinerja Disnaker Kabupaten Rokan Hulu. Aksi demo juga meminta untuk mengganti Kepala Disnaker yang dinilai telah melanggar konstitusi serta undang-undang yang telah ditetapkan.

"Kami sebagai organisasi pekerja yang resmi dan terdaftar serta diakui oleh negara, dan organisasi kami juga sudah sah dicatatkan oleh Disnaker, namun masih ada lagi organisasi buruh lain yang dicatatkan oleh Disnaker untuk bekerja di perusahaan yang sama," ujar Topan.

Menurutnya, kebijakan yang telah dilakukan oleh Kepala Disnaker berpotensi menimbulkan konflik di lapangan yang pada akhirnya dapat menyebabkan bentrok di antara buruh.

"Kami juga meminta kepada Bupati Rokan Hulu untuk membuat satu peraturan di mana setiap perusahaan akan mempekerjakan 60 persen masyarakat lokal, dan peraturan ini juga harus diatur dalam Peraturan Daerah (Perda)," tambahnya.

Topan memberikan batas waktu tiga bulan untuk menunggu jawaban dari pemerintah daerah Rokan Hulu. Jika tuntutan ini tidak dipenuhi, mereka akan melakukan aksi lagi dengan jumlah massa yang lebih besar.

Dalam aksi damai tersebut, Bupati Rokan Hulu yang diwakili oleh Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Rokan Hulu akan menanggapi tuntutan dari para peserta aksi untuk ditindaklanjuti.

Dengan demikian, aksi damai ini menjadi panggung bagi buruh untuk menyuarakan hak-hak mereka dan menuntut perubahan dalam kebijakan ketenagakerjaan di Kabupaten Rokan Hulu.***

Laporan : E.S Nst



Berita Terkait +

Putus Rantai Penularan COVID-19, Serka Risman Girsang Lakukan Gakplin Rutin di Pasar Tradisional Kecamatan Minas

Polsek Minas Tingkatkan Kegiatan Patroli Malam, Cegah Kriminalitas & Tegakkan Prokes 5 M

Dengan Warga Binaan, Pelda Ramli Dan Koptu Hari Rutin Ajak Patroli Antisipasi Karlahut di Perawang Barat

Pelda Ramli Nasution dan Kopda L.Sigalingging Ajak Warga Perawang Barat  Lakukan Penanggulangan Karhutla Dengan Berpatroli

Kapolres Rohul Melantik Pengurus Pokdar Kamtibmas Masa Bhakti 2021-2021

Pastikan Pelaksanaan Tahapan Pemilu 2024 Berjalan Aman, Serda M Maruli Monitoring Kantor PPK Minas

Babinsa Koramil Perawang Kopda L Sigalingging, Selalu Ajak Warga Binaannya Patroli Gabungan Antisipasi Karhutla Secara Rutin

Enam Hari Operasi Patuh, Ini Jumlah Kendaraan Yang di Tindak Satlantas Polres Inhu

Babinsa Koramil 04/Perawang Imbau Warga Binaan di Pinang Sebatang Untuk Senantiasa Jaga Kebersihan Lingkungan Dan Kesehatan

Hamdani Minta Pemko Tangani Dengan Baik Musibah Semburan Gas

TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Tiga Pengedar Sabu Diamankan Polsek Seberida

2

Mantap! Siswi SDN 02 Minas Barat Ikut Wakili Kecamatan Minas Pada Ajang FLS2N Tingkat Kabupaten Siak

3

Antisipasi Gangguan Kamtibmas, Personil Gabungan Polsek Minas Lakukan KRYD & Patroli Blue Light

4

Wan Abu Bakar Bicara Unsur SARA, Edy Nasution BAPERAN, Ketua KNPI Riau Bilang ini, Gawat!!!

5

15 Ribu Massa Bersholawat di Pelantikan Muslimat NU di Siak

6

LPAI Rohul Tekankan Larangan Pengutipan Uang Perpisahan & Wisuda Di Sekolah