MENU TUTUP

Penyelesaian Aset Bermasalah, Pemkab Rohul Ikuti Rakor Dengan KPK RI Secara Virtual

Jumat, 15 Maret 2024 | 08:19:03 WIB Dibaca : 398 Kali
Penyelesaian Aset Bermasalah, Pemkab Rohul Ikuti Rakor Dengan KPK RI Secara Virtual

Rohul, Catatanriau.com | Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) bersama Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia (KPK RI) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) secara virtual untuk membahas perkembangan penyelesaian aset bermasalah pada tahun 2024. Rakor ini diselenggarakan di Ruang Vidcon Diskominfo Rohul. Kamis (14/03/24)

Turut hadir dalam Rakor ini adalah Sekretaris Daerah Rohul, M. Zaki, S.STP, M.Si, Asisten III Edi Suherman, Kepala Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD) Elbizri, Sekretaris Inspektorat Arie Arnot, dan Kabid Aset DPKAD Yayat Sudrajat. Dari pihak KPK RI, turut hadir Meri dan Agus, serta Plh. Sekretaris Daerah Provinsi Riau, Indra, beserta perwakilan dari Kabupaten/Kota se-Provinsi Riau.

Sekda Rohul, M. Zaki, S.STP.,M.Si, menyampaikan bahwa salah satu topik hangat dalam diskusi adalah masih banyaknya aset Pemerintah Daerah berupa tanah yang bermasalah.

"Saat ini, kita di Pemerintah masih sangat banyak sekali lahan-lahan yang belum memiliki sertifikat karena terkendala dengan permasalahan status kawasan, yang mana sebagian besar dari daerah kita masih berstatus lahan gambut," ungkap Sekda.

M. Zaki juga menekankan pentingnya sinergitas dan kerjasama dari pihak KPK untuk mendorong percepatan penyelesaian berkas yang telah diajukan Pemerintah Daerah kepada Badan Pertanahan Nasional (BPN).

"Kita sudah membuat surat permohonan, tetapi sampai sekarang belum ada titik terangnya, karena belum ada surat balasan yang kami terima, oleh karena itu kami meminta kepada KPK agar Kabupaten Rohul mendapat perlakuan khusus dalam pengurusan permasalahan tanah dan lahan milik Pemerintah ini," tambah Sekda.

Dalam rapat tersebut, permasalahan yang dibahas antara lain adalah aset dan bangunan yang dimiliki oleh masing-masing Kabupaten/Kota di Provinsi Riau yang statusnya masih terbengkalai dan bermasalah. Rakor ini diharapkan dapat menjadi langkah awal dalam menyelesaikan permasalahan tersebut dengan optimal.

Selain itu, KPK RI juga memberikan arahan dan masukan terkait langkah-langkah yang bisa diambil untuk mempercepat penyelesaian aset-aset yang bermasalah tersebut. Hal ini sebagai bagian dari upaya bersama dalam meningkatkan tata kelola aset Pemerintah Daerah secara transparan dan akuntabel.

Rapat Koordinasi antara Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu dan KPK RI ini diharapkan dapat menjadi momentum untuk memperkuat kerjasama dan sinergi antara Pemerintah Daerah dengan lembaga pengawas anti-korupsi dalam upaya meningkatkan kualitas layanan publik dan mengoptimalkan pengelolaan aset negara untuk kesejahteraan masyarakat. (Diskominfo Rohul).

Laporan : E.S.Nst



Berita Terkait +

Kapolsek Tambang Tanpa Henti Lakukan Ini, Berikut Alasannya

Cegah Penularan Covid-19, Polsek Minas Serahkan Bantuan Sembako & Bagikan Ratusan Masker

Beri Kemudahan Pelayanan Bagi Warga Tidak Mampu, Dinsos Siak Luncurkan Aplikasi KAIT

Polsek Bersama Bhayangkari Tambang Bantu Korban Banjir di Desa Kuapan

Kegiatan Kunker Bupati Pelalawan HM Harris Di Kecamatan Kuala Kampar

Cegah Karhutla Sejak Dini, Serda Sugiarto dan Masyarakat di Kampung Muara Kelantan Giat Berpatroli

Pj. Bupati Kampar Dampingi Wapres RI Lakukan Panen Perdana Pembibitan Sawit di Ponpes Teknologi Riau

Sersda Dwi H.A Lakukan Pendampingan Pengecekan Hewan Ternak Antisipasi PMK Sapi di Kampung Minas Barat 

Jumat Curhat Polsek Kuala Kampar, Bersama Warga Di Kedai Pelabuhan

Gelar Syukuran HUT ke-4, JMSI Riau Siap Songsong Pemilu dan Pilkada Serentak 2024

TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Dua Pelaku Narkoba Diciduk: Barang Bukti Berupa Sabu 5,60 Gram Berhasil Disita

2

Kapolsek Kelayang Ringkus Pengedar dan Bandar Sabu-sabu, Ini Jumlah Barang Buktinya

3

Lapas Pasir Pengaraian Gelar Upacara Peringatan HBP Ke 60 Tahun 2024

4

Residivis Pencurian Dibekuk Unit Reskrim Polsek Cerenti

5

Pelantikan Pengurus LPAI Rohul: Dedikasi Baru untuk Perlindungan Anak

6

DPC Partai Demokrat Inhu Resmi Buka Proses Penjaringan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati