MENU TUTUP

Korem 031/WB Gelar Sosialisasi Netralitas TNI Dalam Pemilu Tahun 2024

Senin, 12 Februari 2024 | 17:23:48 WIB Dibaca : 392 Kali
Korem 031/WB Gelar Sosialisasi Netralitas TNI Dalam Pemilu Tahun 2024

Pekanbaru, Catatanriau.com | Korem 031/Wira Bima melaksanakan pembinaan netralitas TNI pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 yang diikuti 0leh 150 orang Prajurit dan PNS Korem 031/WB serta Organisasi masyarakat binaan Korem 031/WB di Aula Auditorium Kaharuddin Nasution Makorem 031/WB di Jalan Mayor Ali Rasyid No.1 Pekanbaru, Senin (12/2/2024).

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Komandan Korem 031/WB Brigadir Jenderal TNI Dany Rakca Andalasawan, S.A.P., M.Han dan juga dihadiri oleh Para Kasi Korem 031/WB serta Para Komandan/Kepala Satuan Dinas Jawatan jajaran Korem 031/WB. Dalam sambutannya Danrem menyampaikan bahwa tahun 2024 ini adalah tahun politik dengan dilaksanakannya pemilu serentak di seluruh wilayah indonesia, untuk memilih calon presiden/wakil presiden dan anggota legeslatif.

Untuk itu melalui kegiatan pembinaan netralitas TNI ini, Danrem berharap seluruh Prajurit dan PNS jajaran Korem 031/WB dapat memperoleh kesamaan pemahaman terkait penyelenggaraan Pemilu Tahun 2024 dengan tema “*Melalui pembinaan netralitas TNI dalam pemilu dan pilkada, kita wujudkan profesionalisme TNI dengan bersikap netral dalam penyelenggaraan pemilu dan pilkada serta senantiasa mendukung suksesnya penyelenggaraan pemilu dan pilkada yang luber dan jurdil di seluruh wilayah NKRI”.

“Pada kesempatan yang baik ini perlu saya ingatkan  kembali kepada seluruh Prajurit Dan PNS jajaran Korem 031/Wira Bima, agar tetap berpegang teguh terhadap netralitas TNI dan ingat TNI hanya ikut membantu dalam menjamin pelaksanaan pemilu agar berjalan aman, damai dan lancar. 
Sesuai landasan hukum netralitas ASN telah diatur dalam UU No. 20 tahun 2023 pada pasal 2 (f), 9 ayat 2, dan 24 ayat 1. Sedangkan netralitas bagi TNI-POLRI diatur dalam UU No. 34 tahun 2004 pasal 39 dan UU No. 28 tahun 2008 ayat 1 dan 2 yang menyatakan tidak boleh berpolitik praktis.
Mengingat begitu pentingnya sikap Netralitas TNI dalam membangun demokrasi dan profesionalisme, maka masalah netralitas TNI harus benar-benar dipahami, dihayati dan diimplementasikan dalam kehidupan Prajurit Dan PNS jajaran Korem 031/Wira Bima, terutama pada penyelenggaraan pemilu tahun 2024,” tegas Danrem.

Selanjutnya Danrem juga berharap dengan dilaksanakannya kegiatan Pembinaan Netralitas TNI  ini, diharapkan seluruh personel dan PNS  dapat mengerti serta memahami maksud dan tujuannya sesuai dengan perintah dari komando atas, sehingga hal-hal yang tidak sesuai dengan Netralitas TNI dapat dihindari sedini mungkin dan prajurit dapat bersikap netral dalam pelaksanaannya.

“Korem 031/WB, bertekad untuk menjaga Netralitas TNI sebagai pondasi utama dalam mendukung proses demokrasi. Keharmonisan Demokrasi Indonesia adalah tanggung jawab bersama, dan kami siap memberikan dukungan penuh, Netralitas TNI Harga Mati,” ungkap Danrem mengakhiri sambutanya.(rls).



Berita Terkait +

Peringati Hari Bhayangkara Ke-74, Polsek Mandau Laksanakan Bakti Sosial

Pimpinan Cabang AWI Rokan Hulu Minta RS Awal Bross Kembalikan Dana Pasien PDP

Putus Penularan Covid-19, Babinsa Koramil 03/Minas Lakukan Sosialisasi Prokes di Pasar Tradisional

Babinsa Koramil 03/Minas Sertu Nuril Z, Laksanakan Gakplin Rutin Antisipasi Penularan Virus Corona di Pasar Minas.

Jika Ada Meragukan HGU PT IIS, Ajukan Kepada Mentri Agraria dan Tata Ruang Demi Kepastian

Ditanya Hakim PTUN Siapa Yang Bangun Pasar Baru Panam, Kepala UPTD Jawab Tak Tahu

POLSEK MINAS LAKUKAN PENGAMANAN KEGIATAN VAKSINASI MASSAL, AGAR TERTIB & KONDUSIF

Program 1 Juta Vaksin Bersama PBNU, Kapolda Irjen Iqbal Optimis Vaksinasi Riau Lampaui Target

Polsek Kelayang Edukasi Pemilu Damai Bersama Tokoh Adat Talang Mamak Rakit Kulim

Polres Meranti Lakukan Rapat Eksternal, Kapolres : 'Jaga Kampung'

TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Dua Pelaku Narkoba Diciduk: Barang Bukti Berupa Sabu 5,60 Gram Berhasil Disita

2

Kapolsek Kelayang Ringkus Pengedar dan Bandar Sabu-sabu, Ini Jumlah Barang Buktinya

3

Lapas Pasir Pengaraian Gelar Upacara Peringatan HBP Ke 60 Tahun 2024

4

Residivis Pencurian Dibekuk Unit Reskrim Polsek Cerenti

5

Pelantikan Pengurus LPAI Rohul: Dedikasi Baru untuk Perlindungan Anak

6

DPC Partai Demokrat Inhu Resmi Buka Proses Penjaringan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati