MENU TUTUP

Komitmen Dukung Konservasi Gajah Sumatra, PHR Serahkan Bantuan Kendaraan Operasional ke BBKSDA Riau

Selasa, 10 Oktober 2023 | 15:17:06 WIB Dibaca : 590 Kali
Komitmen Dukung Konservasi Gajah Sumatra, PHR Serahkan Bantuan Kendaraan Operasional ke BBKSDA Riau PT PHR menyerahkan bantuan satu unit kendaraan operasional untuk menunjang kegiatan konservasi gajah sumatra kepada Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBSKDA) Riau, Senin (9/10/2023).

Pekanbaru, Catatanriau.com | PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) menyerahkan bantuan satu unit kendaraan operasional untuk menunjang kegiatan konservasi gajah sumatra kepada Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBSKDA) Riau, Senin (9/10/2023). Bantuan kendaraan operasional merupakan wujud komitmen PHR dalam upaya melindungi gajah sumatra di Wilayah Kerja (WK) Rokan.

Bantuan kendaraan operasional konservasi gajah sumatra diserahkan langsung Manager Corporate Social Responsibility PHR WK Rokan Pinto Budi Bowo Laksono kepada Kepala BBKSDA Riau Genman Suhefti Hasibuan di Ruang Gajah, Kantor BBKSDA Riau. Serah terima bantuan turut disaksikan oleh SKK Migas Perwakilan Sumbagut dan Tim Land matters PHR WK Rokan.

“Terima kasih Balai Besar KSDA Riau atas dukungan dan kerja sama yang sangat baik selama ini, sehingga kegiatan operasi migas PHR di wilayah konservasi bisa berjalan dengan baik dan lancar,” kata Pinto.

Selain satu unit kendaraan operasional, PHR turut menyerahkan bantuan berupa satu unit printer dan laptop untuk operasional konservasi. Menurut Pinto, ini merupakan amanat dari kerja sama antara PHR dan Balai Besar KSDA Riau pada 8 Agustus 2022 lalu.

Photo : PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) menyerahkan bantuan satu unit kendaraan operasional untuk menunjang kegiatan konservasi gajah sumatra kepada Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBSKDA) Riau, Senin (9/10/2023). PHR juga membantu satu unit laptop dan printer untuk operasional konservasi sebagai wujud komitmen PHR dalam upaya melindungi gajah sumatra di Wilayah Kerja (WK) Rokan.

Sebelumnya kata Pinto, PHR WK Rokan juga sudah menjalin kerja sama dalam pengadaan pakan gajah di Pusat Konservasi Gajah (PKG) Minas. Dalam hal ini, PHR menunjuk LPPM Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) sebagai mitra pelaksana.  

“Program kerja sama ini adalah bagaimana industri migas bisa berjalan beriringan dengan program konservasi. Ini sekaligus wujud komitmen PT Pertamina Hulu Rokan terhadap konservasi satwa dan lingkungan khususnya penyelamatan habitat gajah khususnya pada homerange di sekitar wilayah kerja rokan,” ucap Pinto.

Selain konservasi gajah, PHR juga menjalankan  sejumlah program tanggung jawab sosial (TJSL) bidang lingkungan dan keanekaragaman hayati seperti bank sampah, konservasi gambut, konservasi mangrove, air bersih dan taman keanekaragaman hayati serta program mitigasi konflik antara gajah dan masyarakat.

“Kami adakan program penanaman agroforestry serta aplikasi teknologi untuk konservasi satwa liar seperti pemasangan GPS collar dan juga teknologi lainnya yang bekerja sama dengan Rimba Satwa Foundation. Di tahun ini kami juga ingin mendukung konservasi multi spesies yang kaitannya dengan konservasi satwa dilindungi seperti harimau Sumatra dan juga lutung,” jelasnya.

Pinto berharap program kerja sama ini dapat memberikan nilai tambah dalam melestarikan keanekaragaman hayati dan lingkungan secara berkesinambungan. “Kami apresiasi kerja sama yang baik ini kepada Balai Besar KSDA Riau, KLHK, pemerintah daerah dan mitra pelaksana UMRI. Apa yang kita berikan ini dapat dimanfaatkan dengan baik untuk kegiatan konservasi gajah,” ujarnya.

Kepala Balai Besar KSDA Riau Genman Suhefti Hasibuan mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas komitmen PHR dalam mendukung konservasi gajah Sumatra dan lingkungan. “Semoga apa yang diserahterimakan hari ini bisa digunakan dan dimanfaatkan untuk kepentingan dan pelestarian keaneragaman hayati, sehingga dukungan dari PT PHR ini bisa memberikan dampak positif terhadap upaya konservasi keanekaragaman hayati di Riau,” jelasnya.

Sementar itu, Koordinator Formalitas dan Komunikasi Perwakilan SKK Migas Sumbagut Muhammad Rochaddy menyampaikan apresiasi atas kegiatan konservasi ini. “kami berharap program ini bisa berjalan beriringan demi kelangsungan dan kelancaran operasional industri hulu migas di WK Rokan,” katanya.***

Laporan : Idris Harahap 



Berita Terkait +

Dukung Peningkatan Ekosistem, Kapolres Inhil Hadiri Penanaman Mangrove

Tingkatkan Produktivitas Hasil Perkebunan,Wabup Minta PPSKS Bina Petani Kelapa Sawit di Rohul

Gelar Coffee Morning Forkopimda Riau, Kapolda : COVID -19 Dan Migor Juga Antisipasi Karhutla

3 Polsek di Wilkum Polres Inhil Tak Lagi Mendapat Kewenangan Untuk Lakukan Penyidikan

Warga Tak Perlu Repot Berobat ke Siak, Bupati Alfedri Sebut Puskesmas Memiliki Layanan Dokter Umum

Bisnis RGE 55 Tahun, Karyawan Bagi Paket Sembako Di Ukui

Sidak Pelaksanaan Proyek Drainase Kelurahan Telaga Samsam, Anggota DPRD Siak Ini Meradang

Buka MTQ Siak Ke 19, Bupati Alfedri Sampaikan Kemajuan Perolehan Zakat Di Siak

Pelda Ramli Nst & Sertu Sahidin Kembali Ajak Warga Binaan Giat Penanggulangan Karhutla Dengan Cara Berpatroli di Kelurahan Perawang

Babinsa Koramil 04/Perawang Bersama Dengan Warga Binaan di Pinang Sebatang Giat Penanggulangan Karhutla Dan Patroli

TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

4 Bulan di Siak Tak Bisa Jumpai Alfedri, Akbar Jihad : Menunggu Pemimpin Baru Untuk Membahas Gagasan Yang Kami Bawa

2

Pengalaman dan Berdarah Minang, PKDP Minas Deklarasi Dukung Dr.Afni di Pilkada Siak

3

Pemkab Rohul Ikut Meriahkan Lancang Kuning Carnival 2024 Di Kota Pekanbaru

4

Kapolres Inhu Resmikan Bangunan MCK dan Pojok Baca SD Marginal Rakit Kulim

5

Fasilitas Anjungan SLS, Sopir Angkutan Kemitraan Nyaman Saat Bongkar TBS

6

Ribuan Masyarakat Hadiri Tabligh Akbar Yang Di Gelar Oleh Wabup Rohul