MENU TUTUP

Batin Panduk Temui LAMR Pelalawan, Konflik 15 Tahun PT MAL Dengan Masyarakat Adat

Rabu, 30 Agustus 2023 | 09:28:33 WIB Dibaca : 2291 Kali
Batin Panduk Temui LAMR Pelalawan, Konflik 15 Tahun PT MAL Dengan Masyarakat Adat

PELALAWAN,CATATANRIAU.COM | Masyarakat Adat Batin Panduk seperti Datuk Sudirman selaku Batin Panduk, Jahar mewakili masyarakat Adat Desa Pangkalan Panduk dan Diran mewakili masyarakat adat Desa Tanjung Air Hitam, Batin Panduk dan Tokoh masyarakat adat  menemui Pengurus LAMR Kabupaten Pelalawan. Pertemuan  di Balai Adat Datuk Bandar Setia Diraja Jl T Said Ja'far Kompleks Perkantoran Pemerintah Daerah Kabupaten Pelalawan, Pangkalan Kerinci, Selasa 29 Agustus 2023. Didampingi  Maruli Silaban, SH dan Yafanus Bu’ulolo, SH selaku Kuasa Hukum Masyarakat  Adat Batin Panduk.

Kehadiran Masyarakat Adat Batin Panduk untuk menyampaikan pengaduan atas permasalahan hak ulayat di wilayah adat Batin Panduk.
Berbagai konflik yang terjadi di tengah masyarakat khususnya   sengketa tanah ulayat. 15 Tahun PT Mekar Sari Alam Lestari (MAL) Grup Duta Palma beroperasi diwilayah adat Batin Panduk. Namun kewajibannya sebagaimana  diatur oleh Pemerintah tidak pernah dilakukan. Masyarakat adat menganggap penghinaan  sekaligus pelanggaran atas aturan oleh perusahaan.

"Berbagai konflik yang terjadi di tengah masyarakat batin Panduk khususnya   sengketa tanah ulayat. 15 Tahun PT Mekar Sari Alam Lestari (MAL) Grup Duta Palma beroperasi diwilayah adat Batin Panduk. Namun kewajibannya sebagaimana  diatur oleh Pemerintah tidak pernah dilakukan. Hal ini bagi kami adalah penghinaan terhadap masyarakat adat dan sekaligus pelanggaran atas aturan yang dibuat oleh Pemerintah," ungkap Datuk Sudirman selaku Batin Panduk didampingi warganya.

Dikatakannya, PT MAL tidak memberikan kewajiban sehingga 13 Juni tahun 2022 lalu.  Pemerintah Kabupaten Pelalawan  melalui DPMPTSP sudah mencabut IUP-B PT MAL.  Tapi anehnya pencabutan izin tidak berarti bagi perusahaan, karena hingga hari ini perusahaan tersebut masih beroperasi. "Kami tidak paham siapa yang memperbolehkan hal tersebut," tanya batin.

Kedatangan Masyarakat Adat Batin Panduk di LAMR Pelalawan disambut Datuk Seri H Herman Maskar, M.Si, selaku Ketua DPH LAMR Kabupaten Pelalawan.   "LAMR berperan untuk mencari solusi atas berbagai konflik yang terjadi di tengah masyarakat khususnya   sengketa tanah ulayat.  Substansi nya bagaimana kita menyelaraskan kepentingan masyarakat adat Melayu dengan kepentingan yang ada. Sehingga tidak ada pihak yang di rugikan dengan mengedepankan musyawarah dan mufakat," jawab Herman Maskar.

Disebutnya,  LAMR Pelalawan siap mendukung setiap langkah positif dari masyarakat adat di Kabupaten Pelalawan demi kesejahteraan masyarakat adat. Herman Maskar, M.Si, selaku Ketua DPH LAMR Kabupaten Pelalawan pada kesempatan itu didampingi Ketua DPH Lembaga Adat Petalangan Datuk Marhadi juga menyambut baik kehadiran Batin Panduk dan Tokoh Masyarakat.

"Dengan niat memperjuangkan hak ulayat untuk kemaslahatan masyarakat adat. Hal seperti ini harus didukung penuh karena LAMR ada untuk menjaga marwah masyarakat adat. Tidak boleh pengusaha sewenang-wenang dalam ber investasi. Harus menghargai hak masyarakat adat dan investor harus melakukan kewajiban sebagai pengusaha mengikuti aturan pemerintah," pungkas Marhadi.

Menurutnya, penyampaian Datuk Sudirman selaku Batin Panduk mengkritik keras kehadiran PT MAL, Grup Duta Palma yang telah beroperasi sekitar 15 Tahun diwilayah adat Batin Panduk.  Namun tidak memberi kewajibannya sebagaimana  diatur oleh Pemerintah. Boleh saja itu penghinaan terhadap masyarakat adat dan sekaligus pelanggaran atas aturan.

Disampaikan bahwa 13 Juni  2022 lalu, Pemerintah Kabupaten Pelalawan pun melalui DPMPTSP twlah mencabut IUP-B PT MAL. Izin dicabut perusahaan tersebut masih beroperasi.  

Maruli Silaban, SH, selaku kuasa hukum masyarakat Adat Batin Panduk mengatakan, "Bahwa berdasarkan aturan, mestinya PT MAL sudah tidak memiliki legal standing pada lokasi/lahan tersebut. Namun heran juga jika perusahaan masih terus beroperasi normal. Langkah hukum baik secara pidana dan perdata akan kami tempuh demi mengembalikan hak ulayat yang telah dirampas oleh pengusaha tersebut," kata Maruli.

Menurutnya,  semestinya  pemerintah memberi perhatian serius atas permasalahan masyarakat. Jangan sampai abai sehingga hak-hak masyarakat adat terabaikan. Dalam kesempatan tersebut, Maruli Silaban, SH berterima kasih dan mengajak  kepada Pengurus LAMR Pelalawan untuk bersama sama mendorong DPRD Pelalawan agar  Raperda Perlindungan Masyarakat Adat segera dibahas dan di sahkan menjadi Perda.

Obsesi Maruli SH, Perda Adat sangat penting mengingat banyaknya permasalahan hak ulayat di kabupaten Pelalawan yang tidak kunjung selesai. "Perlu Raperda Perlindungan Masyarakat Adat segera dibahas dan di sahkan menjadi Perda," harapnya.

Dijelaskannya, Konflik masyarakat adat Batin Panduk sudah sejak tahun 2008 menuntut agar PT MAL memberikan kewajibannya kepada masyarakat. Sampai pimpinan Grup Duta Palma ditahan aparat penegak hukum. PT MAL belum juga kunjung punta  itikad baik mereka kepada masyarakat adat. Pada 11 Agustus 2023 lalu masyarakat adat Panduk turun demo di pintu gerbang PT MAL. Namun pihak managemen seakan tidak peduli atas tuntutan yang disuarakan oleh masyarakat adat.

Maruli akan mempeejuangkan keadilan selaku kuasa hukum masyarakat batin Panduk. "Akankah ada keberpihakan kepada hak masyarakat adat?  . Hal tersebut menjadi tantangan serius dalam kehidupan masyarakat untuk hidup berdampingan dengan para investor di negeri Amanah sebutan lain Kabupaten Pelalawan. Kita nantikan," tutupnya. *****

Laporan : E Pangaribuan 



Berita Terkait +

Antisipasi Karhutla, Babinsa Kampung Rantau Bertuah Ajak Warga Binaannya Berpatroli

Terkait Kasus Pengurus Koperasi Gondai Raya dan Sri Gumala Sakti, Dirkrimum : Usut Sampai Tuntas

Polres Rohul Rehab Rumah Layak Huni Warga Kurang Mampu  

Giat Jumat Curhat Polsek Minas, Begini Curhatan Dari Warga Kelurahan Minas Jaya

Demi Menjaga Keamanan OVN di PT PHR Sejumlah Anggota Koramil Minas Ini Continue Lakukan Patroli Drilling 

Bersama Babinsa, Bhabinkamtibmas Polsek Minas Lakukan Sosialisasi Antisipasi Karhutla di Minas Timur

Serda Mayus Maruli Lakukan Kunjungan Silaturahmi & Pemantauan Anak Yang Mengalami Stunting di Kampung Minas Timur

Bantu Kebutuhan Pokok Masyarakat, PHR Salurkan 700 Paket Sembako Murah di Minas

Penguatan Binter SKK Migas, Peltu S.Siambaton & Serma Zulkifli Lakukan Giat Patroli di Area 2 PT PHR

Dua Kampung di Kabupaten Siak Terima Bantuan Ambulans Dari Pemkab  

TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Buntut Bnyak Sekolah Pungut Duit Siswa, Pj Gubri Diminta Copot Kadisdik Riau

2

Arwin Pindah Hati Dari Alfedri ke Afni di Pilkada Siak 2024

3

Kopi Boi Tawarkan Nobar Seru Indonesia vs Uzbekistan

4

Dua Pelaku Narkoba Diciduk: Barang Bukti Berupa Sabu 5,60 Gram Berhasil Disita

5

Dihadiri Arwin AS, LLMB Deklarasi Dukung Afni di Pilkada Siak

6

Kapolsek Kelayang Ringkus Pengedar dan Bandar Sabu-sabu, Ini Jumlah Barang Buktinya