MENU TUTUP

Gernas BBI dan BBWI 2023, Dispar Riau Berhasil Capai Target Sektor Pariwisata

Selasa, 13 Juni 2023 | 17:23:04 WIB Dibaca : 856 Kali
Gernas BBI dan BBWI 2023, Dispar Riau Berhasil Capai Target Sektor Pariwisata Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Riau, Roni Rakhmat

Pekanbaru, Catatanriau.com | Capaian sektor pariwisata Riau bersempena Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Gernas Bangga Berwisata Indonesia (BBWI) 2023 sesuai target.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Provinsi Riau, Roni Rakhmat dalam Rapat Koordinasi (Rakor) persiapan pelaksanaan Harvesting Gernas BBI dan BBWI di Ruang Melati, Kantor Gubernur, Rabu (7/6/2023).

"Pertama adalah Festival Perang Air atau Cian Ciu yang dilaksanakan selama 6 hari di Kabupaten Kepulauan Meranti. Capaian pengunjung dihari pertama  9.012 orang, hari kedua 9.325 orang, hari ketiga 11.112 orang, hari keemapat 12.101 orang, hari kelima 11.520 orang, dan hari keenam 8.520 orang," ucap Roni.

"Estimasi perputaran uang mencapai Rp998.700.000 yang berasal dari penjualan UMKM juga sewa hotel, homestay, rumah makan, dan kedai kopi," imbuhnya.

Kemudian, Roni menyebutkan, Festival Subayang yang berlangsung selama tiga hari di Desa Gema, Kabupaten Kampar, pada 10-12 Maret 2023, mampu menarik pengunjung sebanyak 4.537 orang.

"Dihari pertama jumlah wisatawan mencapai 1.501 orang, hari kedua 912 orang, perhitungan sampai jam 12:00 WIB sebelum terjadi banjir, dan pada puncak acara di hari ketiga mencapai 2.124 orang," katanya.

"Estimasi penjualan UMKM mencapai Rp9.600.000. Tetapi dari penjualan warung masyarakat diluar acara, yang saat itu terdapat acara musik selama dua malam, kemudian sewa perahu, sewa tenda, homestay, keseluruhannya mencapai Rp412.700.000," imbuhnya.

Lalu, dijelaskan dia, pertunjukan lampu colok menjelang Hari Raya Idulfitri di Bengkalis yang bekerja sama dengan Pemerintahan Kabupaten Bengkalis mampu mencapai perputaran uang hingga Rp515.208.350.

Kemudian, kata dia, pada Idulfitri hari keempat di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) juga dilaksanakan event Parahu Baganduang.

"Pelaksanaannya [Parahu Baganduang]  satu hari dan mampu menarik pengunjung sebanyak 25.170 orang. Dengan total perputaran uang mencapai Rp225.200.000," sebutnya.

Lebih lanjut disampaikan, event selanjutnya adalah Event Pariwisata Bandaraya Ekraf Festival. Event ini digelar oleh Kota Pekanbaru, berlangsung selama tiga hari di Riau Grand Panam.

"Melalui event ini mampu menarik pengunjung sebanyak 5.228 dengan jumlah estimasi perputaran uang dari UMKM dan bazar mencapai Rp.215.650.000," ucapnya.

Selain itu, guna mendukung Gernas BBI dan BBWI Pemprov Riau terus menggesa pengembangan destinasi wisata dalam daerah. Kemudian melakukan pembinaan dan pelatihan sumber daya manusia (SDM) bidang destinasi sebanyak 293 orang.

"Kami juga telah melakukan pengembangan sumber daya pariwisata dengan pelaksanaan pembinaan lomba desa wisata, fasilitasi sertifikasi bagi pelaku pariwisata, dan pembinaan kreatifitas usaha di sekitar objek atau desa wisata," ujaranya.

Pemprov Riau melaui Dinas Pariwisata juga mendorong pengembangan ekonomi kreatif dengan melakukan pembinaan dan pelatihan SDM kepada 1.005 orang di bidang ekonomi kreatif.

“Beberapa waktu lalu kami juga melakukan pengembangan ekonomi kreatif di Kabupaten Siak,” terangnya.

Jumlah Wisatawan ke Riau

Kadispar Riau Roni Rakhmat menyebutkan, bahwa hingga April 2023, tercatat sebanyak 6.447 wisatawan mancanegara (Wisman) berkunjung ke Provinsi Riau atau naik sebesar 95,56 persen.

Jika dilihat jumlah wisman menurut pintu masuk, jumlah wisman yang masuk melalui pelabuhan Dumai sebanyak 2.630 kunjungan atau 114,00 persen dari seluruh jumlah wisman.

Kemudian, melalui pelabuhan Bengkalis sebanyak 1.179 kunjungan atau 214,40 persen dan melalui Pelabuhan Tanjung Harapan di Kabupaten Kepulauan Meranti sebanyak 218 kunjungan atau 1,882 persen dari seluruh jumlah wisman.  jumlah wisman yang tercatat masuk dari Bandara SSK II sebanyak 2.450 kunjungan wisman atau 44,37 persen dari seluruh jumlah wisman.***

Laporan : Jaya 

Editor : Idris Harahap 



Berita Terkait +

Polsek Pangkalan Lesung Patroli C3 di Objek Vital

Polsek Koto Gasib Amankan Seorang Pria ODGJ Yang Menggangu Dan Meresahkan Ketertiban Umum  

Bupati Siak Alfedri, Dukung Telago Bathin Bungsu Jadi Ikon Wisata Baru di Minas

Ciptakan Rasa Aman dan Nyaman, Polsek Pangkalan Kerinci Patroli Waktu Ibadah Tarawih

Polsek Bunut Lanjut Operasi Yustisi Prokes Guna Pendisiplinan Masyarakat

Satgas Covid 19 Inhil Laksanakan Rapid Test Antigen di Pelabuhan Pelindo

Cegah Terjadinya Karhutla di Kampung Maredan, Babinsa Koramil 04/Perwang Ajak Warga Giat Penanggulangan Dengan Cara Berpatroli 

Penghulu Bandar Pedada Nasruddin : Semoga Ini Dapat Membantu Masyarakat Di Situasi Wabah C-19 Ini

Gelar Coffee Morning, Kalapas Jelaskan & Bantah Ada Pungli Di Lapas Pasir Pengaraian

Dugaan Pungli Di SDN 07 Mandiangin, (Minas) Akibatkan Wali Murid Resah

TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Diantar Ulama dan Ratusan Massa, Dr.Afni Mendaftar ke PKB Siak

2

Siapkan Doorprize, Kapolres Inhu Ajak Masyarakat Nobar Laga Semifinal Timnas

3

Buka Acara Seminar, Ini Pesan Indra Gunawan Kepada Kader Untuk Pilkada Siak Mendatang

4

Buntut Bnyak Sekolah Pungut Duit Siswa, Pj Gubri Diminta Copot Kadisdik Riau

5

Dukung Program MK QWPP Piket SPKT Polsek Bonai Darussalam Laksanakan Patroli Di Tempat Ibadah

6

Arwin Pindah Hati Dari Alfedri ke Afni di Pilkada Siak 2024