MENU TUTUP

Pemkab Rohul Gelar Tabligh Akbar Dalam Rangka Pembukaan MTQ Dan Isra' Mi'raj Sekaligus Pelantikan 64 Orang Dewan Hakim

Jumat, 24 Februari 2023 | 13:23:09 WIB Dibaca : 861 Kali
Pemkab Rohul Gelar Tabligh Akbar Dalam Rangka Pembukaan MTQ Dan Isra' Mi'raj Sekaligus Pelantikan 64 Orang Dewan Hakim

ROHUL, CATATANRIAU.COM |Dalam rangka pembukaan MTQ ke 23 tingkat Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) dan Isra' Mi'raj tahun 2023. Pemkab Rohul menggelar Pengajian Akbar (Tabligh Akbar) dengan menghadirkan Ustazah Mumpuni Handayayekti dari Cilacap, Jawa Tengah.

Tabligh Akbar ini di laksanakan tepatnya di halaman Kantor Bupati Rohul yang di hadiri oleh ribuan masyarakat Rohul. Kamis (23/02/2023).

Bupati Rohul H. Sukiman sampai di tempat acara setelah acara Tabligh Akbar di mulai, beliau baru sampai dari Jakarta karena ada urusan yang harus beliau ikuti demi untuk pembangunan Rohul.

H. Sukiman dalam pidato sambutannya mengungkapkan kata maafnya atas keterlambatannya dalam mengikuti acara tersebut, namun ia juga bersyukur masih bisa hadir untuk mengikuti acara ini bersama dengan ribuan masyarakat Rohul.

"Alhamdulillah, meskipun saya terlambat tapi saya masih bisa hadir bersama dengan bapak/ibu semua, kemarin saya harus berangkat ke Jakarta karena ada urusan yang harus di ikuti untuk pembangunan Rohul yang nantinya akan bisa di rasakan oleh masyarakat Rohul," ujar Bupati.

Usai melaksanakan Tabligh Akbar di lanjutkan dengan pelantikan 64 orang yang terdiri dari Dewan Hakim, Majelis Hakim dan Pembantu Hakim untuk Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke 23 tahun 2023 Tingkat Kabupaten Rohul yang bertempat di Masjid Agung Islamic Center Pasir Pengaraian Kabupaten Rohul sekira pukul 14.00 Siang.

64 orang ini di lantik langsung oleh Wabup Rohul H. Indar Gunawan berdasarkan SK Bupati Rohul Nomor Kpts. 100.3.3.2/SETDA-KESRA/112/2023 Tentang Penunjukan Dewan Hakim Provinsi, Majelis Hakim Kabupaten Dan Pembantu Majelis Hakim MTQ Ke 23 Kabupaten Rohul 2023.

Hadir mendampingi Wabup, Sekretaris Daerah Rohul Muhammad Zaki, S.STP,M.Si, Kepala Dinas Kominfo Rohul H.Sofwan,S.Sos.

Wabup Rohul H.Indra Gunawan menegaskan kepada Dewan Hakim, untuk dapat melakukan penilaian dengan adil dan bijak sesuai dengan hasil reel yang sebenarnya.

"Kita harapkan supaya nanti pada Helatan MTQ tingkat Provinsi Riau Kabupaten Rohul bisa mengutus Qori dan Qoriah terbaik dan bisa kembali mengharumkan nama Kabupaten Rohul dalam helatan MTQ, dan bisa membawa Rohul meraih juara umum. Makanya kita minta penilaian ini nanti benar benar sesuai dengan perolehan," ujarnya.

Dan pada malam harinya sekitar pukul 21.00 Wib secara resmi Bupati Rohul H. Sukiman membuka MTQ ke XXIII tingkat Kabupaten Rohul yang dipusatkan di Astaka Pematang Baih, Pasir Pengaraian.

Pembukaan ini berlangsung ramai dan meriah. Meski saat berlangsung diwarnai rintik-rintik hujan gerimis namun tidak mengurangi antusias warga masyarakat Rohul untuk hadir.

Total jumlah Peserta yang mengikuti MTQ Ke XXIII ini sebanyak 459 orang, jika dipersentasekan tingkat partisipasi mencapai 71,2 persen dari 16 Kecamatan se Rohul. Dengan 5 cabang yang diperlombakan, yakni Seni tilawah baca Al quran, Tahfidz Quran, Seni kaligrafi, Fahmil Quran dan Syarhil Qur'an.

Bupati Sukiman juga mengatakan perhelatan MTQ Ke XXIII ini juga sejalan dengan Visi Misinya dalam membentuk karakter SDM religius dan cerdas. Sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas SDM yang cerdas sehat berdasarkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan yang maha esa.

“Karena melalui seni membaca Alquran seperti yang dilaksanakan ini kita harus memahami membaca Alquran yang baik tentunya memahami ilmu Tajwid,” pungkasnya

Sebelumnya, Pembukaan MTQ diawali dengan Defile Kafilah dari 16 Kecamatan yang akan berkompetisi dalam menggemakan kalam Allah SWT. Kemudian Bupati Rohul H. Sukiman juga menyerahkan Piala Bergilir kepada Ketua Umum LPTQ Rohul M. Zaki S.STP M.Si untuk direbut kembali oleh peserta MTQ Ke XXIII Tahun 2023.***

 

Laporan : E.S.Nasution

Editor : Idris Harahap 



Berita Terkait +

Bersama Tim Dari Puskeswan, Sertu Nuril Zafri Lakukan Pengecekan Hewan Ternak Antisipasi PMK di Kampung Rantau Bertuah 

Wakili PJ Bupati Kampar, Kadis Dikpora Kampar Berikan Motivasi Pada Seminar Keolahragaan

Sidak Satpas SIM Polresta Pekanbaru, Kapolda Riau Irjen Iqbal : Jangan Ada yang Menyulitkan Masyarakat

Peltu Luhut Mengajak Warga Tetap Memakai Masker Diluar Rumah

Serka Alif Komsos Pentingnya Memahami Nilai-nilai Pancasila Terhadap Warga di Kampung Pancasila Minas Jaya

Babinsa Pencing Bekulo, Turut Berperan Aktif Di Posko Pantau Covid-19

Dua Bupati Kukuhkan IKJR Kuansing Suhardiman : Melalui IKJR Persahabatan Kuansing - Rohul Kian Erat

PHR Gandeng Polri, Syahbandar hingga SKK Migas Latihan Bersama Antisipasi Sabotase dan Darurat Keamanan Migas

Bertabur Hadiah, Ismail Amir: Camat Minas Patut Di Acung Jempol Gelar Gerak Jalan Santai HUT RI 73

Pemcam Minas Gelar Rapat Kordinasi Program Penanggulangan Skema dampak Covid-19

TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Kritik Pemerintahan di Era Jokowi, BEM UNRI : Indonesia Over Korupsi, Jokowi Game Over Janji!

2

Badan Pemantau Kebijakan Publik Kepulauan Meranti Adakan Aksi Damai Bersama Aktivis Mahasiswa di Kantor Imigrasi Selatpanjang

3

FIFGROUP Hadirkan Beragam Tantangan Seru dan Hadiah Menarik di Festival Kuliner Terbesar di Palembang

4

Jumpa Pers Polres Pelalawan, HYL Secara Sadis Bunuh Istrinya 17 Tusukan

5

Antisipasi Gangguan Arus Balik, Anggota Koramil 03/Minas Giat Pengamanan Di Pos Pam Lebaran Ops Ketupat LK 2024 Simpang Exit Tol

6

Open House Sekda Rokan Hulu Meriahkan Suasana Lebaran 1445 H/2024 M