MENU TUTUP

Dibawa Ke Jakarta, Dr Tonny Chandra Bantu Biaya Diluar Jamkesda Siak Untuk Bayi Usia 3 Bulan Penderita Gangguan Pernafasan Sejak Lahir di Minas

Rabu, 21 Desember 2022 | 12:10:26 WIB Dibaca : 2346 Kali
Dibawa Ke Jakarta, Dr Tonny Chandra Bantu Biaya Diluar Jamkesda Siak Untuk Bayi Usia 3 Bulan Penderita Gangguan Pernafasan Sejak Lahir di Minas

SIAK, CATATANRIAU.com | Seorang Bayi laki-laki penderita gangguan pernafasan sejak lahir bernama Sulthan Syyaf Arshaq berusia tiga bulan akhirnya mendapatkan bantuan pengobatan gratis dari Pemkab Siak melalui Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda). Tak hanya itu, Bayi tersebut juga mendapatkan bantuan biaya keperluan lainnya seperti biaya pendampingan untuk keberangkatan keluarga dan biaya lainnya yang tidak ditanggung oleh Jamkesda selama masa pengobatan di RSUPN Dr Cipto Mangunkusumo Jakarta dari Dr Tonny Chandra merupakan pensiunan Kepala Dianas Kesehatan Kabupaten Siak.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, Sulthan Syyaf Arshaq merupakan anak ketiga dari pasangan suami-isteri (Pasutri) Zul Riki (36) dan Yanti Nur Fadila (33), warga Gang Sekato, Kelurahan Minas Jaya, Kecamatan Minas, Kabupaten Siak, Riau. Ia diberangkatkan dari Pekanbaru menuju Jakarta pada Ahad (18/12/2022) kemarin.

"Anak kita Sulthan Syyaf Arshaq ini sudah sejak lahir menderita gangguan paru-paru, jadi untuk bernafas harus dibantu oksigen, jika tidak ada oksigen dia tidak bisa bernafas," demikian disampaikan Ridwan selaku Ketua Gonjong Limo Kecamatan Minas kepada Wartawan media ini mengisahkan, Rabu (21/12/2022).

Ridwan juga mengatakan selama ini pihak keluarga sudah mengupayakan pengobatan semaksimal mungkin di Rumah Sakit yang ada di Kota Pekanbaru menggunakan BPJS.

Namun, kata dia, Dokter yang ada di Pekanbaru sudah menyerah dikarenakan peralatan medis yang masih belum memadai untuk pengobatan penyakit yang diderita Bayi tersebut.

"Oleh karena itu dianjurkan untuk melakukan pengobatan di RSUPN Dr Cipto Mangunkusumo di Jakarta," katanya.

Ridwan menjabarkan, dalam proses keberangkatan ke RSUPN Dr Cipto Mangunkusumo Jakarta, Dr Tonny Chandra yang membantu seluruh prosesnya, termasuk seluruh kebutuhan lain yang berada diluar jangkauan Jamkesda Siak.

"Jadi, dari sini pak Dr Tonny bawa Dokter sendiri dan perawat RSUD Siak untuk mendampingi selama diperjalanan, seluruh biaya diluar Jamkesda seperti keberangkatan mereka semua ada lima orang, semua ditanggung oleh Dr Tony termasuk rumah kontrakan yang layak huni didekat RSUPN Dr Cipto Mangunkusumo untuk tempat tnggal orang tua anak kita ini beserta biaya hidup mereka selama di Jakarta," katanya.

Dalam hal ini terang Ridwan, Zul Riki ayah dari bayi tersebut merupakan anggota Gonjong Limo Kecamatan Minas, oleh karena itu lanjut dia, dalam keberangkatan menuju Jakarta pihak keluarga, selain didampingi langsung oleh Dr Tonny, mereka juga didampingi langsung oleh Ucok Erwin Ketua Umum Gonjong Limo Kabupaten Siak, selain itu ikut juga Dr Ayu sartika Ramadani, didampingi Hendra dari Dinas Kesehatan Kabupaten Siak.

"Jadi, pak Dr Tonny ini juga merupakan anggota kehormatan di Gonjong Limo Kabupaten Siak. Atas dasar prihatin terhadap anak kita ini, oleh sebab itu Dr Tony tergerak hatinya untuk membantu," ungkapnya.

Dalam hal ini, Ridwan juga mengatakan bahwa pihaknya sangat merasa terharu atas bantuan yang diberikan oleh Dr Tonny, sehingga Bayi tersebut bisa dibawa berobat ke Jakarta dengan baik dan lancar.

"Kita sangat terharu dan senang atas perhatian dari Dr Tonny ini, walaupun beliau baru bergabung di Gonjong Limo, akan tetapi perjuangan beliau untuk anggota lebih daripada kami yang telah lama didalamnya, sebab beliau rela berkorban waktu materi maupun tenaga," katanya.

Lanjutnya, "dalam hal ini tentunya kami mendoakan untuk pak Dr Tonny, semoga beliau selalu diberikan kesehatan oleh Allah, sehingga beliau beraktivitas membantu orang yang membutuhkan. Kami juga berharap agar apa yang menjadi cita-cita beliau dapat terkabul dan tercapai hendaknya nanti, apapun yang menjadi niat beliau untuk membantu masyarakat hendaknya diberikan kemudahan dan diizabah oleh Allah SWT," pungkasnya.***

Reporter : Idris Harahap

Editor : Redaksi 



Berita Terkait +

Sat Lantas Polres Kampar Rutin Laksanakan BATARA Selama Ramadhan 1445H/2024M Berikut Penjelasannya

Kapolres Pelalawan AKBP Suwinto SH SIK, Terima Penghargaan Penganugerahan Predikat Kepatuhan Standar Pelayanan Publik Tahun 2023 dari Ombudsman RI

Rakernas Ke VIII JKPI dan Festival Pusaka Nusantara di Siak, Undang Pembicara Dari UNESCO

LSM GEMPUR Kritk OJK Riau Terkait Penanganan Investasi Bodong AGT

Serius dan Tancap Gas! KNPI Riau Sambut Kehadiran Pemimpin Josss, Haji Muhammad Adil

Bawaslu Dumai Tindak Lanjuti Maraknya APK Yang Terpasang Di Tempat Terlarang, Ratusan APK Ditertibkan

KPPBC Tembilahan Kembali Melakukan Pemusnahan Barang Ilegal

HUT Ke-25 BUMN di Pangkalan Kerinci, Bupati Pelalawan H Zukri Lepas Jalan Sehat

Tim PKK Rohul Gelar Acara Sosialisasi 10 Pokok Program Hasil Dari Rakernas Ke IX

Kepala Sekolah SDN 010 Belutu Diduga Lakukan Pungli Pada Wali Murid

TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Abu Kasim Gugat PT SLS Serobot 90 Hektar Lahan Masyarakat Adat

2

Satu Perwira Polres Inhu Naik Pangkat Pengabdian, Dua Bintara Dipecat

3

Pastikan Peringatan May Day Aman, Kapolres Pelalawan Hibur Para Buruh

4

Satres Narkoba Polres Inhu Ringkus Pengedar 4,46 gram Sabu di Kecamatan Lirik

5

Serah Terima Konstruksi Tepat Waktu, PT Adhi Jalintim Riau Resmi Memulai Masa Layanan

6

Daftar Pertama, Dr.Afni: Saya Kader Nasdem