MENU TUTUP

Dr Hj.Hidayati Jasri Sampaikan Permohonan Maaf Terkait Keluhan Masyarakat di Sosmed Tentang Pelayanan IGD Yang Kurang Baik

Senin, 26 September 2022 | 11:19:29 WIB Dibaca : 3338 Kali
Dr Hj.Hidayati Jasri Sampaikan Permohonan Maaf Terkait Keluhan Masyarakat di Sosmed Tentang Pelayanan IGD Yang Kurang Baik Dr Hidayati Jasri Selaku Kepala Puskesmas Minas Saat Disambangi Wartawan di Ruang Kerjanya, Senin (26/09/2022) pagi.

SIAK, CATATANRIAU.com | Kepala Puskesmas Minas Dr Hj Hidayati Jasri memberikan klarifikasi dan sekaligus permohonan maaf terkait mencuatnya kabar tentang pelayanan IGD puskesmas yang kurang baik. Yang mana keluhan itu disampaikan oleh warga melalui Sosial Media Facebook pada Sabtu (24/09/2022) kemarin.

Saat itu salah satu akun Facebook bernama Luhut Sianturi mengeluhkan pelayanan IGD Puskesmas Minas yang diarasa kurang baik sebagai mana yang ia tuliskan, dan kami tampilkan pada screenshot berikut ini :

Menanggapi hal itu, Dr. Hidayati Jasri selaku Kepala Puskesmas Minas, pihaknya mengucapkan terimakasih atas adanya informasi ataupun aduan dari masyarakat terkait pelayanan IGD yang dirasa kurang baik. Sebab, menurutnya dengan adanya keluhan masyarakat tersebut hal itu dapat menjadi pemicu untuk lebih meningkatkan dan memberikan pelayanan yang lebih baik lagi kepada masyarakat.

"Semua yang kami lakukan sesuai dengan kondisi dan keadaan dilapangan, untuk kejadian yang ada di Puskesmas ini kita sudah melakukan langkah pembinaan kepada seluruh staf kita terkait permasalahan pelayanan, baik itu masalah Dokter yang tidak ada, oksigen tidak ada maupun supir yang tidak ada," kata Dr. Hidayati Jasri kepada Wartawan media ini ketika disambangi diruang kerjanya, Senin (26/09/2022) pagi.

Dr. Hidayati Jasri menjelaskan, menurut keterangan dari staf yang bertugas saat itu kepada dirinya, keluhan masyarakat tersebut terjadi disebabkan saat kejadian itu kata dia, Dokter jaga di IGD sedang sakit dan tengah berada di Bengkalis.

"Di IGD itu ada dua orang dokter umum, kebetulan yang bertugas saat itu dia lagi sakit dan sedang berada di Bengkalis dirumah keluarganya," katanya.

Kemudian lanjutnya, adapun untuk keluhan terkait oksigen yang tidak ada di IGD, Dr Yanti mengatakan bahwa itu tidak benar, sebab kata dia oksigen selalu terisi penuh dan standby.

"Oksigen itu ada, tapi waktu pengambilannya itu berada di Ambulans, dan itu selalu diisi secara penuh. Sebab saya sudah wanti-wanti agar oksigen selalu distandbykan untuk antisipasi kalau ada kecelakaan lalulintas ataupun ada hal emergency, sebab yang kita lakukan sesuai dengan standar pelayanan Puskesmas," jelasnya.

Lebih jauh dipaparkannya, adapun keluhan terkait kinerja staf yang diarasa kurang baik, Dr. Yanti menjelaskan bahwa ia telah meminta tim audit dan tim mutu untuk memeriksa pelayanan yang ada, baik itu terhadap staf di IGD maupun staf dipelayanan umum.

"Sementara untuk keluhan supir ambulans, ambulans kita ada 3 unit, kebetulan yang satu rusak dan sedang diperbaiki sebab filter solarnya rusak. Yang satunya lagi supir ambulansnya kebetulan lagi sakit sebab dia sudah usai lanjut, sebab memiliki riwayat hipertensi dan diabetes. Dan saat itu sebetulnya supir ambulans itu ada, kita pake sif, semua petugas di IGD itu pake sif," jelasnya.

"Waktu kejadian yang dikeluhkan masyarakat, saat itu pasien sudah dibawa oleh mantan perawat kita ke-kelinik Chevron,.dan dirujuk lagi ke Pekanbaru dan akhirnya meninggal dunia," sambungnya mengisahkan.

Namun demikian kata Dr Yanti, dengan adanya kejadian tersebut, pihaknya pun menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh lapisan masyarakat di Kecamatan Minas atas kejadian-kejadian yang dirasa kurang baik khususnya terhadap pelayanan staf di Puskesmas, baik pelayanan IGD dan UGD.

"Bagaimanapun saya sebagai pimpinan bertanggungjawab atas kejadian-kejadian tentang pelayanan, semua yang dilakukan ini adalah untuk memberikan yang terbaik kepada masyarakat. Mungkin pada saat kejadian itu, itulah nahas mereka yang mereka dapat, istilahnya kecerobohan mereka dalam bekerja, ini adalah pelajaran bagi kami untuk kedepannya lebih waspada dan siap sedia," urainya.

Dalam hal ini Dr Yanti juga meminta kepada seluruh lapisan masyarakat khususnya di Kecamatan Minas, jika ada temuan pelayanan di Puskesmas yang kurang baik, misal dengan memungut biaya yang lebih tinggi dari yang telah ditetapkan, ia pun meminta agar hal itu dilaporkan langsung kepada dirinya selaku pimpinan di Puskesmas itu.

"Jadi jangan sampai hal-hal semacam ini terulang lagi dan tiba-tiba muncul di sosmed. Tolong hal semacam ini agar disampaikan langsung kepada saya. Terimakasih kepada masyarakat terimakasih semuanya, semoga masyarakat Minas sehat selalu, salam kompak," imbuhnya mengakhiri.***


Reporter: Idris Harahap

Editor : Redaksi

Kategori : Kesehatan, Puskesmas, Dinas Kesehatan, Siak, Minas.



Berita Terkait +

Kapolres Rohul Laksanakan Giat Patroli Karhutla di Kecamatan Tambusai Utara

Resmi Dilantik Sebagai Kamabicab Siak, Begini Pesan Bupati Alfedri

Cegah Karlahut Sejak Dini, Serda Dedi H dan Koptu Hari Surachman Rutin Ajak Warga Tualang Giat Penanggulangan Karhutla Dengan Cara Berpatroli

Wakil Ketua DPRD Siak Hadiri Pengukuhan Pengurus Kwarran 08 Kandis 2018 - 2021

Ciptakan Kondisi Aman & Jauh Dari Pelanggaran Hukum, Polsek Minas Kembali Gelar Razia K2YD

Haru, Rumah Personel Polres Inhu Dibedah Menjelang Hari Bhayangkara

Jelang Pemungutan Suara Pemilu 2024, Polres Kampar Menggelar Gartibplin Kepada Seluruh Personel

Lapas Kelas II B Pasir Pengaraian Terima Kunjungan Tim Monev Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Riau

Kapolsek Bangkinang Barat Sampaikan Himbauan Pemilu Tertib, Aman Dan Damai

Hadiri Rapat Paripurna, Pj Sekda Kampar Sampaikan Jawaban Atas Pandangan Umum Fraksi Terhadap Ranperda Perubahan Tahun Anggaran 2023

TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Inovasi Kreatif, Kasat Lantas Polres Inhu Hentikan dan Imbau Pemudik Berhati-hati

2

Adanya Penyalahgunaan BBM Ilegal, Sat Reskrim Polres Rohul Langsung Melakukan Penyelidikan

3

Wakapolres Kampar Kunjungi Pos Pam Pintu Tol XIII Koto Kampar Polres Kampar Dalam Rangka Operasi Ketupat Lancang Kuning 2024

4

Bersama Tim Serta Warga Binaan, Babinsa Serka Risman Girsang Patroli Kebakaran Hutan Dan Lahan Di Wilayah Sungai Selodang

5

Serda Deddy H Dan Tim Gabungan Giat Pengamanan Pos Pam Angkutan Lebaran Idul Fitri di KM 11 Perawang

6

Afni Juara di Dua Polling Pilkada Siak