Tumbuhkan Semangat Kepramukaan SMP N 4 Minas Gelar Giat LT 1, Ragam Perlombaan Diadakan

Sabtu, 19 Maret 2022 - 21:19:15 WIB
Share Tweet Google +

SIAK, CATATANRIAU.com | Gugusdepan 03.033-03.034 yang berpangkalan di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 4 Minas, Kabupaten Siak, Riau, kembali menyelenggarakan Lomba Tingkat 1 (LT 1) kepramukaan, setelah dua tahun belakangan ini kegiatan rutinan tahunan tersebut sempat terhenti akibat dampak dari Covid-19, kegiatan ini sendiri diadakan dihalaman SMPN 4 Minas sejak Jumat (18/03/2022) hingga Sabtu (19/03/2022) dan dibuka langsung oleh Ketua Kwarran 03 Minas Muhktasar SPd.

Demikian disampaikan oleh Noviana SP.Mpd selaku kepala SMP N 4 Minas, kepada wartawan media ini ia menjelaskan kegiatan tersebut diikuti oleh 4 regu putra dan 4 regu putri dengan pemenang regu scorpion dan bougenville. selain itu terangnya kegiatan tersebut disamping bertujuan untuk memilih regu berprestasi tinggi juga merupakan ajang untuk meningkatkan tali silaturahmi dan persatuan anggota pramuka, menanamkan jiwa dan semangat sportifitas, solidaritas, dan disiplin serta membina generasi muda yang strategis.

"Didalam LT 1 ini kita juga sekaligus mencakup tiga kegiatan termasuklah didalamnya kegiatan isra mi'raj, lomba nasyid dan lomba baca Surah Yasin," terang Noviana SP, Mpd.

Adapun untuk bidang umum dan Kepramukaan sendiri sambung dia, pihaknya mengadakan lomba Semapor, Tali temali, Sandi, PBB, Peta pita, Peta lokasi, Peta perjalanan,Tanda jejak ,Morse, Yel-yel, Pentas seni, Hasta karya, Mengenal tanaman obat, Pidato bela negara, Mengenal bendera sahabat (Asean), Kompas, Menafsir,  Panorama, P3K, Melukis, Pengetahuan umum tentang ke pramukaan, Mengenal flora dan fauna, Cerdas cermat, Syair dan Solo song.

"Kemudian pembekalan untuk para kakak pembina dari kak Elifton yang memberikan materi kepramukaan, agar para kakak pembina pramuka di pangkalan SMPN 4 Minas menjadi lebih semangat dan menambah ilmu kepramukaannya untuk membina adik-adik penggalang," jelasnya.

Menurutnya, dalam pelaksanaan LT 1 tersebut antusias adik-adik penggalang sangat tinggi, demikian juga dengan para kakak pembinanya. Selain itu terang dia, kegiatan LT 1 ini mendapat apresiasi yang baik dari orang tua siswa dengan dukungan dan semangat orangtua dalam menyaksikan adik-adik penggalang bertanding bahkan hingga tengah malam pelaksanaan api unggun para orangtua murid masih berada di Sekolah.

"Keterlibatan orangtua dalam LT 1 ini sangat berpengaruh terhadap prestasi adik-adik penggalang. Disini adik-adik penggalang mereka belajar mandiri, bekerja sama, toleransi, bertanggungjawab atas tugas yang diberikan, religius dan gotong royong. Disamping itu, dalam pramuka kita mendapatkan healty (kesehatan) happiness (kebahagiaan) handycraft (karya nyata) dan helping (menolong)," paparnya lagi.

 

Diakhir dikatakannya, sebagai mana kita ketahui bersama bahwa, selama pandemi Covid-19 dalam dua tahun belakangan ini, kegiatan Pramuka yang berpangkalan di SMPN 4 Minas vakum. Sehingga pihaknya dari gugusdepan SMPN 4 Minas butuh generasi-generasi yang tangguh, mandiri serta bertanggung jawab sesuai darma Pramuka.

 

"Hal ini lah yang melatarbelakangi kami untuk melaksanakan LT1 ini. Tujuan yang ingin kami capai tentunya, kami ingin memiliki regu inti baik putra mau pun putri yang akan menjadi andalan di Gudep SMPN 4 Minas. Sehingga akan tercipta garuda-garuda pramuka yang tangguh. Semoga dengan dilaksanakannya LT1 ini maka mampu membangkitkan jiwa Pramuka yang dimiliki oleh adik-adik penggalang, dapat kembali bangkit dan berkembang." Tutupnya.***


Reporter : Idris Harahap



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex