Soal Perkebunan Kelapa sawit Milik Irwan Cs, Ketua DPC LEMTARI Serantau Kampar Kiri Angkat Bicara

Senin, 18 Januari 2021 - 22:33:27 WIB
Share Tweet Google +


KAMPAR, CATATANRIAU.COM | Terkait Perkebunan kelapa sawit milik Irwan Cs yang ada di Zona Desa Domo Kecamatan Kampar Kiri Kabupaten Kampar,Provinsi Riau,Ketua DPC LEMTARI Serantau Kampar Kiri Abu Rawis Panglimo Dubalang, Menyampaikan tentang Kronologis lahan perkebunan yang di kuasai oleh Irwan Cs saat ini, Senen (17/1/2021).

 

lahan tersebut berasal dari Tanah Ulayat Persukuan Datuok Dubalang Tagan Domo, pada tahun 2004 atas kesepakatan anak Kemanakan dalam Persukuan Datuok Dubalang Tagan melepaskan Alas Hak nya kepada Aminuddin alias Amin Jhin, Anak Kemanakan Datuok Dubalang Tagan saat itu mau melepaskan Alas Hak Berkompeten degan Aminuddin kiranya bisa membuka lapangan pekerjaan bagi Anak Kemanakan dan Berkontribusi bagi Penguasa Ulayat atas tanah tersebut.jelas Abu Rawis.

 

Beberapa tahun kemudian kabarnya tanah yang dikuasai oleh Aminuddin di Take Over kan kepada Irwan Cs tanpa memberi tahukan pihak yang menguasai Ulayat Pihak Pertama.

 

Padahal Sewaktu tanah dilepas kan Alas Hak nya berjanji pada salah satu Akta Notaris yang melibatkan Pihak Pertama (Dt Dubalang Tagan) Pemerintah Desa Domo, dan Pihak Kedua saat itu ujar Abu Rawis.

 

Menurut Ketua DPC LEMTARI Serantau Kampar Kiri, Perkebunan Irwan Cs ini sungguh tidak menghargai serta menghormati Pihak Pertama pemilik lahan tersebut sebagai Penguasa Ulayat, dibuktikan sampai saat ini kebun milik Irwan Cs tak Seorang pun mempekerjakan anak Kemanakan Datuok Dubalang Tagan dan juga tidak sedikit pun tidak ada Kontribusi nya pada Persukuan Datuok Dubalang Tagan Domo.

 

Apabila perkebunan milik Irwan Cs tidak juga bisa duduk bersama degan pihak Penguasa Ulayat, Saya Sebagai Ketua DPC LEMTARI Serantau Kampar Kiri dan juga anak Kemanakan Datuok Dubalang Tagan sebagai Pihak Pertama lahan yang dikuasai oleh Irwan saat ini, akan melibatkan pihak yang Berkompeten, kalau perlu kami akan menempuh jalur hukum atas tindakan yg dilakukan oleh Irwan sebagai Pemilik Kebun saat ini." tutup Ketua DPC LEMTARI Serantau Kampar Kiri.

(Tim media grup)




Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex