Bupati Alfedri Resmikan Destinasi Wisata Alam Berembang Selangat Indah (BSI)

Bupati Alfedri Resmikan Destinasi Wisata Alam Berembang Selangat Indah (BSI)

Rabu, 08 Januari 2020 - 19:30:23 WIB
Share Tweet Google +

 


SIAK- Bupati Siak Alfedri meresmikan wisata alam Berembang Selangat Indah (BSI) yang terletak di Kampung Sri Gemilang, kecamatan Koto Gasib kabupaten Siak, selasa, 07/01/2020 petang.

 

 

Peresmian itu di tandai dengan penandatangan prasasti dan penguntingan pita, sekaligus melepas pacu sampan oleh bupati Alfedri. Tampak hadir pada acara itu, Camat Koto Gasib, Camat Pusako, Anggota DPRD Siak, Kadis PMK, Tokoh masyarakat serta ratusan masyarakat Sri Gemilang.

 

 

Bupati Siak Alfedri mengatakan, atas nama pemerintah kabupaten Siak mengapresiasi dibangunnya destinasi wisata Merembang ini. Meskipun daerah lain sudah dulu membuat, namun pengayaan pendukung wisata baru ini harus dilakukan, sehingga ada perbedaan dengan tempat wisata lain.

 

 

"Kami atas nama pemerintah kabupaten Siak mengapresiasi pemerintah kampung sri gemilang, yang telah menambah satu destinasi objek wisata alam merembang kampung Sri Gemilang di kabupaten Siak, tentu ini bagian dari terobosan yang dilakukan oleh penghulu. Meskipun destinasi seperti ini banyak yang sudah duluan buat. Tapi tak ada masalah, harus disempurnakan dengan pengayaan inovasi dan terobosan dengan sentuhan kratifitas warga setempat,"katanya.

 

 

Tumbuhnya wisata Alam Merembang, dan mangrove di kabupaten Siak. Mendatangkan ide, Bagi pengelola destinasi Merembang untuk membentuk Asosiasi destinasi wisata Merembang di kabupaten Siak.

 

 

"Hari ini tampak hadir pengelola destinasi wisata Berembang yang ada di kabupaten Siak, saya mengharapkan dibuatkan Asosiasi destinasi wisata Merembang, kita tunjuk siapa yang menjadi ketua, termasuk juga asosiasi wisata manggrove,"harapnya.

 

 

Alfedri menjelaskan, meski sudah banyak yang membuat destinasi seperti ini tidak masalah, namun di sempurnakan dengan pengayaan inovasi-inovasi dan terobosan lain. Kamudian  kreatifitas, Sehingga nanti ada warna warni dari setiap destinasi wisata meskipun sama sama wisata Merembang.

 

 

Dirinya juga mengapresiasi pemerintah kampung Sri Gemilang yang telah Mendirikan Badan Usaha Kampung, yang membuat terobosan baru dangan mengembangkan unit usaha, seperti usaha pendirian depot air isi ulang, mobil oprasional, ini perlu di dukung pemasarannya.

 

 

"Agar usaha depot air ini berkembang, kita harapkan warga kampung sri gemilang kalau nak bali air minum galon jangan lagi beli air galon luar, beli air kemasan yang ada di sini,"

 

 

Ungkapnya, ini dilakukan agar bidang usaha ini hidup dan berkembang, dan menjadi pendapatan asli kampung. pemberdayaan dana desa harus berubah yang dulunya 80 persen ke infrastruktur tahun 2020.

 

 

Pemberdayaan ekonomi masyarakat dan UMKM minimal 50 persen, untuk infrastruktur maksimal 40 persen. ini di lakukan dalam rangka mendorong peningkatan ekonomi kerakyatan, pendapatan keluarga dan meningkatkan kesejahteraan.

 

 

"Sehingga dapat membuka lapangan pekerjaan, sumber usaha-usaha baru. seperti yang kita lihat hari ini di Sri Gemilang, saya harapakan bungkam yang sudah berjalan dan wisata Merembang menjadi Pendapatan Asli Desa (PAD) Desa, sehingga menjadi sumber pembiayaan bagi pembangguan di kampung.

 

 

Dirinya juga mengingatkan kepada setiap kampung yang membuat inovasi, juga harus menyiapkan peraturan Kampung. sehingga ada dasar untuk melakukan pungutan atau distribusi.

 

 

Kemudian setiap obyek wisata dapat menciptakan usaha-usaha lain. Sehingga memiliki Multiplier Effec mulai dari transportasi, gerai, atau ada cinderamata yang disiapkan, hasil kerajinan rumah tangga, kuliner dan lain lain. Sehingga dapat mengerakan ekonomi masyarakat, ini lah yang menjadi prioritas pengunaan Dana Desa. 

 

 

"Saya mengajak kepada pak penghulu lain, melalui dana desa mari berinovasi menciptakan kegiatan usaha ekonomi di desanya. Harapannya dapat meningkatkan sumber pendapatan asli kampung, seperi yang dilakukan  kampung Sri Gemilang Kecamatan Koto Gasip ini,"tutupnya.

 

 

Usai membuka dan meresmikan wisata alam Merembang, Bupati Siak Alfedri melihat-lihat destinasi yang telah di bangun pemerintah kampung Sri Gemilang tidak jauh dari temoat acara, dan Melepas pacu sampan,  yang di saksikan ratusan masyarakat Koto Gasib.(*)


Laporan : Idris Harahap

 

Editor.    : Redaksi



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex