Pegawai BPN Inhu Diduga Taak Serius Dan Terkesan Memperlambat Proses Pembuatan Sertifikat

Kamis, 18 April 2024 - 08:09:57 WIB
Share Tweet Google +

Inhu, Catatanriau.com | Pegawai Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) diduga tidak serius dalam pengurusan pembuatan sertifikat seolah sengaja memperlambat prosesnya, ada apakah ini?
 

Hal itu disampaikan C (35), kepada Wartawan, C membeberkan kronologi susahnya proses pembuatan sertifikat sebidang tanah yang dimilikinya, permohonan pengurusan sertifikat sebidang tanah milik C itu didaftarkan pada Oktober tahun lalu, dan dirinya juga sudah melengkapi seluruh  persyaratan, baik membayar pajak, ataupun yang lainnya, bahkan C juga sudah puluhan kali lebih mendatangi kantor BPN untuk menanyakan sampai sejauh mana proses pengurusan sertifikat yang diajukannya.


"Begini lah mas jika mengurus sertifikat sendiri, ribet dan terkesan dilambat - lambatkan, saya sudah mengajukan pengurusan sertifikat dari bulan Oktober tahun lalu dan hasilnya jika ditanya nunggu dan menunggu mas, tetapi jika melalui Calo atau jasa Perwakilan itu prosesnya cepat, paling lama 3 sampai 4 bulan, saya pernah ketemu Calonya di kantor BPN dan Calo itu mengatakan, jika ngurus sendiri memang lama mbak, prosesnya ribet, coba kita ada orang dalam pasti cepat selesai, karena saya sering bantuin orang dalam pengurusan sertifikat. " Kata C sembari menurunkan perkataan Orang yang mengaku biro jasa pembuatan sertifikat


Berbekal cerita C, Wartawan mendatangi kantor BPN pada Rabu (17/04/2024) guna mendapatkan keterangan, diruangan loket Wartawan menemui Isun selaku panitia SK dan menanyakan kenapa prosesnya lambat, dan berbeda jika menggunakan jasa calo, " Kita tinggal menunggu panitia turun mas," Jawab Isun, soal jasa Calo Isun hanya menggelengkan kepala sambil tersenyum.


Kami juga berusaha mengkonfirmasi Desi Susanti  S. E selaku penjaga loket sudah sampai mana proses pengurusan sertifikat C, sudah hampir satu tahun kok tidak kunjung selesai, terkesan berbeda jika kita menggunakan jasa Calo, " Sabar masih menunggu panitia turun, dan jika menggunakan calo itu tidak ada, " Ujar Desi.


Sampai berita ini di terbitkan belum ada konfirmasi resmi dari Kepala BPN Inhu, rencananya dalam waktu dekat ini tim media akan mengkonfirmasi Kepala BPN apakah benar ada jasa Calo yang melibatkan orang dalam.(MET).

Laporan : S.A Pasaribu 



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex