Dipimpin Bupati, Forkopimda Tinjau Pengamanan Natal Disejumlah Greja Di Kabupaten Siak

Rabu, 25 Desember 2019 - 19:12:03 WIB
Share Tweet Google +

 


SIAK- Bupati Siak Alfedri didampingi unsur Forkopimda Siak,  Asisten Pemkesra Setda Kabupaten Siak serta sejumlah pimpinan OPD meninjau pengamanan perayaan natal di sejumlah gereja di kecamatan Dayun, Lubuk Dalam dan Koto Gasib. Rabu pagi (25/12/2019).

 

 

Pantauan dilapangan situasi berlangsung aman dan terkendali. Tampak disetiap gereja yang dikunjungi terdapat penjagaan dari aparat Polri dan TNI serta Satpol PP. 

 

 

Sementara peninjauan aktifitas arus penumpang dan barang di pelabuhan penumbang Tanjung Buton terpantau dengan normal. 

 

 

Bupati Siak Alfedri saat di temui di sela-sela kunjungannya menyampaikan, peninjauan ke sejumlah gereja bertujuan untuk mengantisipasi adanya potensi kerawanan saat perayaan Natal dan tahun baru. Dengan kegiatan cipta kondisi umat nasrani bisa beribadah dengan aman, dan damai.

 

 

"Alhamdulillah pantauan kita di lapangan perayaan Natal di Kabupaten Siak berjalan aman, lancar dalam suasana kondusif,"ujarnya.

 

 

Dirinya berharap, arus mudik libur tahun baru dan Natal di upayakan ini bisa berjalan dengan lancar. Oleh karnanya hari ini dirinya bersama unsur Forkopimda melakukan monitoring ke sejumlah gereja dan turun langsung ke pelabuhan Tanjung Buton.

 

 

"Bagi umat Kristiani yang merayakan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 tidak perlu risau dengan  kondisi keamanan di Kabupaten ini, karena sudah dijaga oleh pihak keamanan,"tegasnya.

 

 

Bagi penganut agama lain diminta menghormati dan bersama-sama bersinergi mendukung Pemerintah Kabupaten Siak dan TNI/POLRI demi keamanan serta ketertiban di negeri istana. 

 

 

“Kabupaten Siak merupakan salah satu daerah yang multietnis dan multiagama. Kami berpesan meskipun berbeda keyakinan tapi tetap saling menghormati dan menjaga keamanan lingkungan,"ucap pemimpin Siak itu.

 

 

Sementara itu, Kapolres Siak AKBP Doddy Ferdinand Sanjaya menjelaskan, pengecekan keamanan gereja selaras dengan digelarnya Operasi Lilin Muara Takus 2019 sesuai instruksi Kapolri sejak 23 Desember hingga 1 Januari 2020 mendatang. 

 

 

Dalam Operasi Lilin  juga menyasar sejumlah gereja, untuk memastikan ibadah atau perayaan Natal dan Tahun Baru dapat berjalan dengan lancar.

 

 

"Pelaksanaan Operasi Lilin Muara Takus 2019 ini adalah dalam rangka pengamanan perayaan Natal dan tahun baru untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat agar dapat menjalankan aktifitasnya dengan baik dan lancar” jelasnya.

 

 

Pelaksanaan Operasi Lilin Muara Takus 2019 ini melibatkan ratusan personel gabungan yang terdiri dari TNI, Polri serta dinas terkait antara lain, Satpol PP, Dishub, Damkar, BPBD, Dinkes, dan Pramuka.(*)


Laporan : Idris Harahap

 

Editor.    : Redaksi



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex