Kapolsek Minas Kompol Birma Naipospos didampingi Kanit Lantas Polsek Minas Ipda Syafrul saat menyerahkan ganjal ban mobil kepada tim Ganjal Polres Siak

Kapolsek Minas Serahkan Rompi dan Ganjal Ban Mobil Kepada 15 Orang Tim Ganjal Polres Siak

Selasa, 17 Desember 2019 - 19:18:13 WIB
Share Tweet Google +

SIAK- Kapolsek Minas Kompol Birma Naipospos didampingi Kanit Lantas Polsek Minas Ipda Syafrul, mereka terlihat memberikan arahan dan atribut maupun perlengkapan kepada 15 orang 'tim ganjal' berupa rompi dan ganjal ban mobil di salah satu pendakian jalan raya tepatnya di kilometer 37, kampung Minas Barat, Kecamatan Minas, Kabupaten Siak, Riau, Selasa (17/12/2019) petang.

Dijelaskan Kompol Birma, tim ini berasal dari masyarakat sekitar yang nantinya akan membantu kendaraan yang mogok di tanjakan secara sukarela, adapun fungsi dibentuknya tim ganjal ini bertujuan untuk membantu apabila ada mobil yang macet maupun tidak kuat mendaki di tanjakan, sebagaimana diketahui  kata dia, rata-rata tanjakan jalan di wilayah Kecamatan Minas cukup tinggi sehingga mengakibatkan banyak mobil yang bermuatan berat tidak sanggup untuk mendaki.

 

 

 

"Tim ini sudah mulai diberdayakan sejak hari ini hingga seterusnya, namun kita utamakan pada saat menyambut hari-hari besar keagamaan, seperti lebaran maupun tahun baru, sebab di saat-saat itu banyak kendaraan yang melintas. Oleh karenanya hari ini kita berikan perlengkapan mereka berupa rompi dan ganjal ban mobil," kata Kapolsek Minas.

 

 

 

Dalam kesempatan itu pula Kanit lantas Polsek Minas Ipda Syafrul, dia menerangkan kepada wartawan media ini, tim ini nantinya akan ditempatkan di lima titik tanjakan yang cukup rawan terjadi mobil mogok akibat tidak kuat mendaki. "Tim ini ditempatkan di lima titik yang tanjakannya cukup rawan terjadi mobil berat tidak sanggup mendaki, seperti di KM 31, KM 37, KM 39, dan terakhir di KM 46," terang Ipda Syafrul.

 

 

 

Dengan dibentuknya tim ganjal ini kata Ipda Syafrul, tentunya pihaknya juga berharap kepada pengguna jalan raya agar mereka dapat terbantu terkhusus kepada pengemudi mobil yang bermuatan berat, "karena akhir-akhir ini sering terjadi mobil terguling akibat tidak kuat mendaki di tanjakan, oleh sebab itu kita berdayakan tim ganjal ini untuk membantu para pengemudi mobil tersebut dengan suka rela," katanya lagi.

 

 

 

Namun demikian kata Ipda Syafrul, dalam hal ini pihaknya juga tetap mengingatkan kepada para tim ganjal itu agar tetap lebih mengutamakan keselamatan mereka, "jangan sampai kita berniat membantu orang lain, gak taunya nanti kita pula yang jadi korban, kita menyelamatkan pengendara maka kita juga harus selamat," imbuhnya.

 

 


Tak lupa dia juga menghimbau kepada pengemudi yang berkendara dan melintas di jalur Minas Khususnya, agar para pengendara mematuhi rambu-rambu lalulintas yang ada di jalan raya, "kurangi kecepatan apabila hari sedang hujan sebab jalan raya akan menjadi licin oleh karenanya kami himbau agar lebih berhati-hati lagi. Utamakan keselamatan berkendara sebagai kebutuhan," pungkasnya.(*)


Laporan : Idris Harahap

 

Editor     : Redaksi



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex