Perbaiki Saluran Parit: Upaya PUPR Rohul Meningkatkan Kualitas Lingkungan Sekolah & Masyarakat

Sabtu, 09 Maret 2024 - 12:11:11 WIB
Share Tweet Google +

Rohul, Catatanriau.com | Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) telah mengambil langkah proaktif dengan memperbaiki saluran drainase di sekitar Sekolah Dasar (SD) Negeri 01 Kelurahan Pasir Pengaraian, Kecamatan Rambah, Kabupaten Rokan Hulu.

Tindakan ini dilakukan sebagai respons terhadap keluhan dari pihak sekolah mengenai tersumbatnya saluran parit oleh tumpukan pasir dan sampah, yang menyebabkan genangan air di area sekolah saat musim hujan.

Kepala sekolah menyatakan bahwa kondisi saluran parit yang tersumbat telah menimbulkan masalah serius bagi lingkungan sekolah. Air yang melimpah dan masuk ke area sekolah mengharuskan para pelajar untuk membuka sepatu saat berada di lingkungan sekolah.

Keluhan ini kemudian disampaikan  melalui Proposal permohonan perbaikan yang di ajukan kepada Dinas PUPR dan Dinas PUPR dengan cepat merespons untuk melakukan perbaikan.

"PUPR telah menunjukkan kepedulian mereka terhadap kesejahteraan anak-anak sekolah dan masyarakat sekitaran sini" ujar kepala sekolah.

PUPR Rohul memprioritaskan perbaikan saluran drainase sebagai bagian dari upaya pemerintah untuk memastikan kesejahteraan anak-anak dalam menempuh pendidikan dan masyarakat sekitar sekolah.

Kepala Dinas PUPR Anton ST.MT melalui Kepala Bidang (Kabid) Perairan menyatakan bahwa perbaikan ini merupakan langkah cepat atas keluhan dari pihak sekolah untuk mengatasi kendala genangan air akibat tersumbatnya saluran parit.

Harapannya, perbaikan infrastruktur ini dapat dirawat dengan baik oleh masyarakat setempat agar umur pakai infrastruktur tersebut dapat diperpanjang.

Perbaikan saluran drainase di depan SDN 01 Kelurahan Pasir Pengaraian adalah contoh konkret dari upaya pemerintah dalam meningkatkan kualitas infrastruktur dasar untuk mendukung pendidikan dan kesejahteraan masyarakat.

"Kami berharap bahwa dengan perbaikan ini, lingkungan sekolah dan masyarakat sekitarnya dapat terhindar dari genangan air saat musim hujan dan dapat meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan," kata Rades. Sabtu (09/03/2024).

PUPR mendapat apresiasi atas respons cepat dan tindakan nyata dalam menyelesaikan masalah ini, untuk memastikan kesejahteraan dan keselamatan anak-anak sekolah serta masyarakat sekitar.***

Laporan : E.S.Nst



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex