Harisman, SP., M.Si Terpilih Sebagai Ketua IPKINDO Provinsi Riau Periode 2024-2028

Senin, 04 Maret 2024 - 12:43:23 WIB
Share Tweet Google +

Pekanbaru, Catatanriau.com | Kepala Bidang Pengelolaan Daerah Aliran Sungai, Restorasi Gambut dan Perhutanan Sosial (PDASRG-PS) Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Riau, Budi Hidayat, SP., MM, membuka secara resmi Musyawarah Wilayah (Muswil) IPKINDO Provinsi Riau Tahun 2024 pada Jum'at (1/3/2024).

Acara yang dihelat di Aula Kantor Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Riau ini menjadi panggung penting bagi para pemangku kepentingan kehutanan di wilayah tersebut.

Dalam sambutannya, Budi Hidayat memberikan apresiasi atas digelarnya acara ini dan menyampaikan harapan agar Muswil IPKINDO dapat melahirkan kepengurusan yang mampu menjembatani antara masyarakat dengan Non-Governmental Organization (NGO), sehingga membuka peluang pembiayaan dalam kegiatan perhutanan sosial di Provinsi Riau.

Lebih lanjut, beliau juga menyoroti keterbatasan jumlah Penyuluh Kehutanan di wilayah tersebut, menekankan pentingnya peningkatan kompetensi dalam melaksanakan tugas penyuluhan dan pemberdayaan masyarakat.

“Saya berharap dengan keterbatasan SDM Penyuluh Kehutanan saudara-saudara dapat meningkatkan kompetensi dalam melaksanakan tugas-tugas penyuluhan dan pemberdayaan masyarakat. Kompetensi tersebut dapat ditingkatkan melalui diklat peningkatan pengetahuan penyuluh, maupun menambah jenjang pendidikan formal dalam meniti karir sebagai Penyuluh Kehutanan yang profesional,” ujar Budi Hidayat.

Acara Muswil IPKINDO Tahun 2024 dihadiri oleh para Penyuluh Kehutanan dari Lingkup Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Riau serta Penyuluh Kehutanan yang bertugas di Lingkup Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia yang berada di Provinsi Riau.

Dalam sidang yang dipimpin oleh Rudi Formen, SST., M.Si, peserta Muswil IPKINDO Provinsi Riau Tahun 2024 berhasil memilih Ketua dan Wakil Ketua IPKINDO Provinsi Riau Masa Bakti 2024-2028. Harisman, SP., M.Si terpilih sebagai Ketua dan Hendri Mayedi, S.Hut sebagai Wakil Ketua.

Dalam sambutannya, Harisman menyampaikan ucapan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan peserta Muswil untuk memimpin organisasi ini selama 5 tahun ke depan. Beliau juga menyampaikan permohonan dukungan dari seluruh Penyuluh Kehutanan untuk menjadikan IPKINDO Provinsi Riau lebih baik di masa mendatang dalam upaya menciptakan Hutan Lestari Masyarakat Sejahtera.

Dalam suasana yang penuh semangat, Harisman dan Hendri Mayedi bersama dengan para pengurus IPKINDO Provinsi Riau yang baru terpilih berkomitmen untuk menjalankan misi membangun sinergi antara sektor kehutanan dan masyarakat. Salah satu fokus utama mereka adalah meningkatkan partisipasi masyarakat dalam program-program perhutanan sosial yang bertujuan untuk menciptakan hutan lestari yang berkelanjutan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar hutan.

Dalam konteks ini, IPKINDO Provinsi Riau akan mengambil langkah-langkah konkret untuk mendukung pembangunan masyarakat melalui program-program edukasi, pelatihan, dan pemberdayaan ekonomi berkelanjutan. Hal ini diharapkan dapat menciptakan keseimbangan antara pelestarian hutan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat lokal.

Tidak hanya bekerja secara mandiri, IPKINDO Provinsi Riau juga akan menjalin kerja sama yang erat dengan berbagai pihak terkait, termasuk pemerintah daerah, lembaga swadaya masyarakat (LSM), dan perusahaan-perusahaan yang memiliki komitmen terhadap pelestarian lingkungan. Kolaborasi ini diharapkan dapat memperkuat upaya-upaya pelestarian hutan serta memperluas dampak positifnya bagi masyarakat luas.

Dengan semangat kebersamaan dan komitmen yang kuat, IPKINDO Provinsi Riau siap menghadapi berbagai tantangan dalam upaya menjaga kelestarian hutan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Melalui sinergi antara sektor kehutanan, masyarakat, dan berbagai pihak terkait, diharapkan visi menciptakan Hutan Lestari Masyarakat Sejahtera di Provinsi Riau dapat terwujud dengan baik.***


Laporan : E S.Nst



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex