Penyuluhan Karhutla Di Kampung Sungai Tengah Menjadi Fokus TMMD Ke-119 Kodim 0322/Siak

Jumat, 01 Maret 2024 - 15:33:54 WIB
Share Tweet Google +

Siak, Catatanriau.com | Dalam upaya pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Kodim 0322/Siak melaksanakan program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-119 di Kampung Sungai Tengah, Kecamatan Sabak Auh, Kabupaten Siak, Riau.

Kegiatan penyuluhan pencegahan Karhutla ini, menjadi fokus utama dengan memberikan penyuluhan kepada masyarakat setempat tentang bahaya Karhutla dan cara mengatasi serta mencegahnya.

Kapten Arh Antonius Napitupulu selaku Pasi Ops Kodim 0322/Siak, mengungkapkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai pentingnya menjaga kelestarian lingkungan dan mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan. 

"TMMD kali ini difokuskan pada edukasi dan kesadaran masyarakat terhadap bahaya Karhutla. Melalui penyuluhan, kami berharap dapat mengurangi potensi terjadinya kebakaran hutan dan lahan di wilayah ini," ujar Kapten Antonius, Jumat (01/03/2024).

Selain itu kata dia, pihak Kodim 0322/Siak juga bekerja sama dengan Ferdy Setiawan dari Manggala Agni Kabupaten Siak, yang memberikan kontribusi penting dalam penyuluhan tersebut.

"Bapak Ferdy Setiawan, sebagai ahli dalam penanggulangan kebakaran, memberikan wawasan mendalam tentang teknik-teknik pencegahan dan penanggulangan Karhutla yang efektif," katanya.
 

Kegiatan penyuluhan ini lanjut dia, tidak hanya menyasar masyarakat umum, tetapi juga melibatkan pelajar, petani, dan para pemangku kepentingan lainnya. 

"Materi yang disampaikan mencakup informasi mengenai cara menjaga kelembaban lahan, tidak membuka lahan dengan cara membakar, serta upaya-upaya lain yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan," ulasnya.

Dengan adanya kegiatan penyuluhan ini kata Kapten Antonius, diharapkan masyarakat dapat lebih proaktif dalam menjaga lingkungan sekitar dan turut berperan aktif dalam pencegahan Karhutla.

"TMMD ke-119 Kodim 0322/Siak menjadi momentum penting dalam membangun kesadaran kolektif akan pentingnya menjaga keberlanjutan lingkungan hidup bagi kesejahteraan bersama," tuturnya.***
 

Laporan : Idris Harahap 


 



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex