Harga Kebutuhan Harian Melambung Tinggi, Munawar Ingatkan Pemko Pekanbaru Ambil Langkah Cepat

Rabu, 28 Februari 2024 - 17:05:26 WIB
Share Tweet Google +

Pekanbaru, Catatanriau.com | Terus melambungnya harga sejumlah kebutuhan harian menjelang masuknya bulan ramadan sangat dikeluhkan masyarakat. Seperti harga beras premium atau beras mudik tembus Rp175 ribu per 10 kilogram. Begitu juga dengan harga cabai merah mencapai Rp 92 ribu per kilo dan ayam potong ukuran kecil diabwah 1,5 kilogram dijual dengan harga Rp32 ribu per kilogram.

Menanggapi ini , anggota Komisi II DPRD Kota Pekanbaru, Munawar Syahputra, SH mengingatkan kepada dinas terkait yang ada di lingkungan Pemerintah Kota Pekanbaru untuk segera mengambil langkah cepat. Sehingga masyarakat bisa terbantu dan harga di pasaran bisa dikendalikan.

"Biasanya ini kalau sudah naik nanti sampai puasa juga akan terus naik, apalagi nanti menjelang puasa yang permintaan tentu semakin tinggi juga. Dinas Perindustrian dan Perdagangan  Kota Pekanbaru atau juga Dinas Ketahanan Pangajn serta Dinas Pertanian, harus segera berembuk mencari solusi dari kenaikan harga ini. Jangan didengar saja harga terus naik, kasian masyarakat," ujar Munawar, Rabu 28 Februari 2024.

Munawar juga berharap pihak terkait bisa mencari tahu secara pasti penyebab kenaikan harga kebutuhan harian ini. Hal ini menurutnya sangat penting guna juga memastikan ini bukan dikarenakan ulah spekulan yang akan mencari untung menjelang puasa.

"Ya kawan-kawan Disperindag turunlah langsung ke lapangan, mencari tahu apa penyebabnya." imbuh Munawar lagi.

Selain itu, Munawar juga mengingatkan agar kegiatan Gerakan Pangan Murah yang digelar Pemko Pekanbaru dapat dilaksanakan merata di 15 kecamatan yang ada di Pekanbaru. Karena saat ini semua masyarakat mengeluh dan bukan hanya yang berada di wilayah tertentu saja.

"Arahkan juga kegiatan Gerakan Pangan Murah itu di dalan kota, supaya semua masyarakat kita terbantu. Jangan hanya di pinggir saja, sementara yang menjerit sekarang itu semua masyarakat kita," tegas Munawar.

Selain itu, Munawar juga mengingatkan kembali agar kerja sama dengan daerah penghasil bisa dilakukan secara berkesinambungan. Sehingga disaat harga-harga naik seperti sekarang ini, pasokan dari daerah penghasil bisa lancar dan Pemerintah Kota Pekanbaru bisa berperan menekan harga pasar.***

Laporan : Idris Harahap 



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex