Kodim 0322/Siak Gandeng DP3AP2KB Dan Dinkes Lakukan Penyuluhan Keluarga Berencana Dalam Program TMMD Ke-119

Rabu, 28 Februari 2024 - 16:50:54 WIB
Share Tweet Google +

Siak, Catatanriau.com | Sebagai bagian dari program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-119 tahun 2024 di wilayah Kodim 0322/Siak, penyuluhan keluarga berencana (KB) menjadi salah satu kegiatan prioritas yang dilaksanakan.

Pada hari ini Rabu (28/02/2024, telah diselenggarakan sesi penyuluhan yang dihadiri oleh para peserta dari berbagai lapisan masyarakat bertempat di Balai Kampung Sungai Tengah, Kecamatan Sabak Auh, Kabupaten Siak, Riau.

Sumber penyuluhan kali ini berasal dari dua narasumber ahli dibidangnya, yaitu Zuliana Auliana dari Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Siak, serta Sri Hermiyanti dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Siak.

Kehadiran kedua narasumber ini memberikan wawasan yang mendalam dan komprehensif tentang pentingnya perencanaan keluarga dan kesehatan reproduksi.

Dalam penyuluhan tersebut, Zuliana Auliana memberikan pemahaman yang baik mengenai pentingnya KB dalam upaya pengendalian pertumbuhan penduduk dan peningkatan kesejahteraan keluarga.

Ia juga menyoroti berbagai metode kontrasepsi yang tersedia, serta pentingnya konsultasi dan pemilihan metode yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan masing-masing keluarga.

Sementara itu, Sri Hermiyanti membahas aspek kesehatan reproduksi yang terkait erat dengan praktik KB. Iya juga memberikan informasi tentang upaya pencegahan penyakit menular seksual, perawatan pra dan pasca persalinan, serta pentingnya pemeriksaan kesehatan berkala bagi ibu hamil dan pasangan suami istri.

Terkait hal ini Dandim 0322/Siak Letkol Arh Riyanto Budi Nugroho M.Han mengatakan bahwa penyuluhan keluarga berencana ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik kepada masyarakat mengenai pentingnya KB dalam upaya meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan keluarga.

"Dengan kesadaran dan pengetahuan yang lebih baik, diharapkan masyarakat dapat menjalankan KB secara bijaksana sesuai dengan prinsip-prinsip kesehatan dan kebutuhan keluarga," tuturnya.***

Laporan : Idris Harahap



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex