Buka MTQ Ke 24, H. Indra Gunawan Berharap Bisa Menghasilkan Qori & Qoriah Berkualitas

Selasa, 27 Februari 2024 - 11:25:49 WIB
Share Tweet Google +

Rohul, Catatanriau.com | Usai meriahnya Pawai Ta'aruf di siang hari, kemeriahan kembali memenuhi Astaka Pematang Baih, Pasir Pengaraian, saat Pembukaan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke-24 Tingkat Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) malam harinya. Acara yang dipusatkan pada pukul 20.00 WIB ini menandai awal dari serangkaian kompetisi keagamaan yang diharapkan dapat menguatkan semangat keislaman masyarakat.

Pembukaan MTQ ini dimulai dengan penekanan tombol sirine oleh Wakil Bupati Rohul, H. Indra Gunawan, didampingi oleh Sekretaris Daerah (Sekda) dan unsur Forkompinda Kabupaten Rokan Hulu. Suasana semakin meriah dengan atraksi peletusan bunga kembang api yang mempesona.

Acara dihadiri oleh berbagai tokoh penting, termasuk Sekda Rohul M. Zaki S.STP M.Si, Asisten I Fhatanalia Putra S.Sos M.Si, Ketua GOW Rokan Hulu Ny. Sri Yulita Indra Gunawan, dan berbagai pejabat eselon II di lingkungan Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu. Kehadiran dari instansi lain pun tak kalah kuat, dengan Kapolres Rokan Hulu AKBP Budi Setiyono SIK. MH, Kajari Rokan Hulu Fajar Haryowimbuko SH MH, serta Kalapas Kelas II B Pasir Pengaraian Bahtiar Sitepu, SH.MH juga turut memeriahkan acara tersebut.

Pembukaan MTQ di awali dengan pembacaan lantunan ayat Al-Qur'an dan doa yang dipimpin oleh Kepala Kemenag Kabupaten Rokan Hulu, H. Zulkifli Syarif S.Ag, dilanjutkan dengan defile kafilah dari 16 kecamatan yang akan bertanding dalam menggemakan kalam Allah SWT.

Wakil Bupati Rohul, H. Indra Gunawan, secara simbolis menyerahkan Piala Bergilir kepada Ketua Umum LPTQ Rokan Hulu, M. Zaki S.STP M.Si, sebagai hadiah yang akan diperebutkan oleh peserta MTQ ke-24.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati menyampaikan terima kasih kepada panitia penyelenggara dan semua pihak yang telah berperan serta dalam mensukseskan MTQ ke-24 ini. Ia juga menekankan pentingnya acara ini sebagai wahana untuk meningkatkan minat membaca Al-Qur'an dan memahami maknanya serta membacanya dengan baik.

"Malam ini kita melaksanakan pembukaan MTQ Ke 24 Tingkat Kabupaten Rokan Hulu, perlombaan seni membaca Al Quran yang diturun kepada nabi Muhammad SAW dapat kita jadikan sebagai pedoman dan petunjuk bagi seluruh umat manusianya khususnya di Negeri Seribu Suluk," harapnya

H. Indra Gunawan juga mengingatkan kepada Dewan Hakim yang telah dilantik agar amanah dan objektif dalam memberikan penilaian secara profesional. Berikan penilaian dengan sejujur-jujurnya agar dapat memberikan kesempatan kepada  Qori dan Qoriah yang berkualitas, dengan harapan sebagai utusan ke tingkat Provinsi Riau.

Sebagai bentuk apresiasi, Wakil Bupati juga memberikan motivasi kepada para peserta kafilah Qori dan Qoriah. Mereka yang hafal Al-Qur'an 30 juz dengan bacaan tajwid yang baik berpotensi mendapatkan kejutan untuk berangkat ke tanah suci untuk melaksanakan Umroh.

"Semoga kompetisi ini dapat menjadi momentum untuk lebih mendalami Al-Qur'an dan memperkokoh keimanan kita kepada Allah SWT," ucap H. Indra Gunawan mengakhiri.

Ketua Panitia MTQ ke-24, Fhatanalia Putra S.Sos M.Si, berharap agar acara ini dapat melahirkan Qori-Qoriah dan Hafidz-Hafidzah yang berkualitas sebagai utusan Kabupaten Rokan Hulu untuk mengikuti MTQ Tingkat Provinsi Riau pada bulan Maret mendatang.

"Pelaksanaan MTQ ke-24 ini akan berlangsung hingga 1 Maret 2024, dengan total 457 peserta yang telah terverifikasi dan siap untuk berkompetisi dalam delapan cabang yang akan di perlombakan," katanya

Sebagai penutup, pasukan Anggota Paskibra mengibarkan Bendera LPTQ, diikuti dengan sesi foto bersama Wakil Bupati dan para peserta yang turut hadir, mengakhiri dengan suksesnya pembukaan MTQ ke-24 Tingkat Kabupaten Rokan Hulu.***

Laporan : E.S.Nst



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex