Gandeng Diskop & Disperindag Inhu, Mahasiswa UNRIDA Gelar Kegiatan Seminar UMKM

Kamis, 22 Februari 2024 - 19:16:49 WIB
Share Tweet Google +

Inhu, Catatanriau.com | Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Riau Indonesia (UNRIDA) gandeng Dinas Koperasi dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan sebagai narasumber mengisi acara seminar Usaha Mikro Kecil dan Menegah (UMKM)  untuk mendorong pertumbuhan ekonomi Masyarakat khususnya kepada pelaku UMKM masyarakat Desa, acara seminar dibuka rektor UNRIDA diwakili oleh dekan Fakultas Ilmu Kesehatan dan Komputer Febrina S.ST,.MKes. digelar di Aula Gedung Kantor Kelurahan Kampung Besar Seberang, Kecamatan Rengat, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Rabu (21/02/2024).

Febrina S.ST,.MKes. menyampaikan apresiasi kepada pemerintah Kabupaten Inhu melalui Diskop dan Disperindag yang telah mewujudkan program Mahasiswa KKN/UNRIDA. Dimana pemerintah 
dari Dinas terkait ikut serta mensukseskan program acara seminar UMKM.

Dan ucapan terimaksih kepada Camat Rengat yang boleh hadir dalam kegiatan, Lurah Kampung Besar Seberang, Kepala Desa Mapesai dan Kepala Desa Kampung Pulau ikut mendukung program kebijakan KKN Mahasiswa UNRIDA.

"Program ini sangat penting untuk mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat khususnya di wilayah kecamatan Rengat, sebab masyarakat sangat penting mendalami ilmu pengetahuan terkait pengelolaan dan pengembangan UMKM hingga saat ini bisa di realisasikan secara seminar yang di dalamnya pemberi materi dari Dinas terkait," ucap Febrina saat kata sambutan Rabu (21/02/2024).

Kemudian disampaikan dengan adanya acara ini bisa membantu masyarakat dalam pengelolaan UMKM di seluruh kabupaten Inhu sebab pihak terkait sudah memberikan pemaparan mulai dari kekuatan pemasaran, perizinan, sertifikat halal dan yang lainnya, pungkasnya.

Kemudian disampaikan oleh Kabid Disperindag  Sutarama  Atmaja, Sp  secara langsung memberikan materi baik secara hukum, secara pengembangan pemasaran, perizinan, dan pengelolaan secara intensif bisa berkolaborasi dengan pemerintah untuk mengangkat produk unggulan yang ada di kabupaten Inhu.

"Acara ini sangat luar biasa yang di gagasan oleh anak mahasiswa merupakan bentuk trobosan baru bagi mahasiswa UNRIDA untuk masyarakat bisa mendapatkan kemudahan untuk mengembangkan potensi mengangkat UMKM di Inhu," tuturnya.

Selanjutnya, Sutarama memberikan pemaparan mengenai Kekayaan Intelektual itu sendiri seperti Definisi Merek, Cipta, Desain Industri dan Paten yang mana berkaitan erat dengan para pelaku UMKM di Kabupaten Inhu dan hadir pada kesempatan ini sebanyak 40 orang peserta.

Melatarbelakangi kegiatan ini adalah kebijakan yang akan dikeluarkan oleh Disperindag Inhu yang rencananya memberikan fasilitas pendaftaran melalui Anak Mahasiswa membawa pelaku UKM yang minimal 15 orang menjadi binaan Disperindag dan Diskop untuk menyelesaiakan regulasi terkait dengan Kekayaan Intelektualnya.

Dinas Koperasi kabupaten Inhu yang langsung dibidangi oleh Kepala bidang pengembangan dan pemasaran UKM Bhakti Karisma S.IP,. ME. Meyampaikan secara teknis materi dalam penggagasan UMKM .

Dan menjawab pertanyaan narasumber dan  mahasiswa, dalam pengembangan pemasaran UMKM unggulan dimana dari Diskop sangat merespon positif bagi masyarakat pelaku UMKM bisa memberikan produk unggulan, apabila ada kesulitan masyarakat di bidang pemasaran atau yang lainnya Diskop akan memberi pelayanan kepada pelaku UMKM di kalangan masyarakat.

"Secara umum bentuk materi telah kita paparkan termasuk jenis produk, acara ini sangat kita apresiasi dimana mahasiswa UNRIDA telah memberikan banyak manfaat bagi masyarakat khususnya di UMKM," ucapnya.

Selanjutnya, salah satu dari masyarakat peserta UMKM Kampung Pulau, Rahma Susanti, meyampaikan acara seminar yang gas-gas anak KKN mahasiswa sangat baik khususnya di bidang UMKM.

"Dengan adanya acara ini seminar Masyarakat pelaku UMKM sangat terbantu dalam menjalankan usaha termasuk dalam perizinan, selama ini kita masi dalam kesulitan, adanya acara ini peserta yang hadir kami sangat senang bisa dapat ilmu pengetahuan yang baru," katanya.(Rls).

Laporan : S.A Pasaribu 



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex