Para pengurus organisasi SDMS Minas

Tingkatkan Pemahaman Dan Ekonomi Ummat, SDMS Minas Taja Safari Dakwah Keliling Musollah

Senin, 25 November 2019 - 17:49:49 WIB
Share Tweet Google +

 


SIAK- Dalam rangka meningkatkan pemahaman masyarakat tentang pentingnya pendidikan agama Islam, Organisasi Safari Dakwah Surau Minas (SDSM) yang diketuai oleh Aziziul, mereka mengelar kegiatan safari dakwah dari Musollah ke Musollah diwilayah kelurahan Minas Jaya, Kecamatan Minas, Kabupaten Siak, Raiu.

 

 

Adanya kegiatan safari dakwah ini disampaikan oleh Jonel Amran selaku pembina dalam organisasi tersebut, kepada wartawan media ini dia menjelaskan bahwa awal kegiatan ini hanya di adakan di Masjid Al-fatah Minas, namun dikarenakan jamaah yang datang hanya sedikit oleh karenanya pihaknya mencoba memindahkan ke musholla-musollah yang ada di kelurahan Minas Jaya.

 

 

"Alhamdulillah hingga sampai saat ini ada sebanyak 12 Musollah yang kita datangi secara bergilir untuk melakukan safari dakwah ini, yang awalnya hanya 4 Musollah." Kata Jonel Amran kepada wartawan Senin (25/11/2019) siang.

 

 

 

Sejauh ini kata dia, pihaknya sudah masuk kedalam masalah ekonomi ummat, dan pada tahun 2020 nanti pihaknya bertekad akan berencana membuat Radio FM di Minas, berupa radio komunitas Syafari dakwah surau Minas,  "Insya Allah seluruh Musollah di kecamatan Minas ini akan kita rangkul seluruhnya," terangnya.

 

 

Kegiatan safari dakwah tersebut lanjut dia sudah berjalan selama tiga bulan belakangan ini, adapun jadwalnya selama tiga malam setiap minggunya, "Ahad malam, Senin malam dan Rabu malam, dengan cara berpindah-pindah Musollah, untuk saat ini masih Musollah yang ada di wilayah kelurahan Minas Jaya Saja, kedepan Insya Allah akan kita selenggarakan di seluruh Musollah yang ada di Kecamatan Minas, jadi bertahap lah kita buat." Terangnya lagi.

 

 

 

Adapun Mubaligh maupun penceramah yang disediakan oleh pihaknya dalam kegiatan ini berjumlah sebanyak delapan orang Ustad dari kota Pekanbaru, "intinya tujuan kita disini untuk mencerdaskan ummat dalam beragama maupun dalam memahami ajaran agama Islam. Alhamdulillah antusias masyarakat khususnya yang beragama Islam dalam mengikuti kegiatan ini cukup tinggi, yang tadinya di masjid Al-fatah hanya ada 15 jamaah setelah kita adakan di Musollah jamaah mencapai ratusan orang disetiap malam kita selenggarakan safari dakwah ini." Tambahnya.

 

 

Disamping itu kata dia, pihaknya juga berhasil mengumpulkan sebanyak Rp 1 juta rupiah setiap malam diadakan safari dakwah tersebut, dan dana yang terkumpul itu akan di pegang maupun digunakan oleh masing-masing Musollah yang datangi, "dalam kegiatan ini kita jug mengadakan program beras satu genggam, yang kita kumpulkan dari para jamaah yang hadir, nantinya setiap bulannya beras yang terkumpul itu akan kita berikan kepada para jamaah-jamaah yang tergolong tidak mampu. Alhamdulillah dari Musollah itu kita berhasil mengangkat ekonomi ummat, jadi gak ada lagi ummat yang tidak bisa makan," katanya.

 

 

 

Selain itu di masjid Al-fatah Minas Lanjutnya, pihaknya juga mengadakan program tahsin Qur'an dengan sistem kelas A dan B yang pesertanya mencapai 200 orang,  "yang kelas A ini kita berdayakan untuk mengajar tahsin di Musholla-Musollah," jelasnya pula.

 

 

Selain mengadakan Radio dakwah di tahun 2020 nanti, pihaknya juga akan mengadakan koperasi syariah, yakni berupa koperasi simpan pinjam tanpa bunga,  "tujuannya untuk membersihkan saudara-saudara kita dari dosa Riba, maupun dari jeratan Rentenir. Insya Allah akan kita laksanakan, adapun untuk Radio kita ini nantinya, selain menyiarkan dakwah juga bertujuan untuk membantu memberikan informasi seputar lalulintas Minas,  karena kita tahu lalulintas di wilayah kecamatan Minas ini sering terjadi macet panjang bahkan sampai berjam-jam." Pungkasnya.

 

Berikut sussuan pengurus Organisasi  Safari Dakwah Surau Minas (SDSM)

 

Ketua SDSM : Azizul

 

 

Bendahara : Om Ril

 

 

 

Sekretaris : Rody

 

 

Pembina.   : Jonel Amran, Muhammad Darwis Usman LC

 

 

 

Seksi Pendidikan : Soly

 

 

Seksi Ekonomi Syariah : Arief

 

 

Seksi Publikasi dan IT : Ifsan

 

 

Seksi Muslimah SDSM : Yarnita

 

 

Seksi Perencana dan Perlengkapan : Surip

 

 

Seksi Keamanan dan Olahraga : Sulpahrel, Pak Indra

 

 

Pemuda Minas Fisabilillah : Riyan.(*)


Laporan : Idris Harahap

Editor.    : Redaksi



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex