Menuju Adiwiyata Mandiri, SDN 04 Minas Jaya Terima Kunjungan Tim Penilai Dari DLH Siak

Senin, 12 Februari 2024 - 15:11:58 WIB
Share Tweet Google +

Siak, Catatanriau.com | Penilaian sekolah Adiwiyata sekolah di Kabupaten Siak mulai dilakukan. Terlihat tim penilai dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Siak melakukan verifikasi dan validasi lapangan di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 04 Minas Jaya, Kecamatan Minas, Kabupaten Siak, Riau, Senin (12/02/2024) pagi.

Rika Novita selaku pengendali dampak lingkungan DLH Siak saat diwawancarai Wartawan mengatakan bahwa Adiwiyata adalah penghargaan yang diberikan kepada sekolah yang berhasil melaksanakan gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (PBLHS).

Gerakan ini kata dia, bertujuan untuk mewujudkan perilaku ramah lingkungan hidup dari warga sekolah.
Program Adiwiyata ini sendiri dilaksanakan secara berjenjang dan diklasifikasikan berdasarkan nilai yang dicapai, yaitu Adiwiyata Kabupaten, Adiwiyata Provinsi, Adiwiyata Nasional, dan Adiwiyata Mandiri.

"Kami datang ke sekolah ini untuk melakukan sosialisasi dan bedah dokumen untuk persiapan menuju sekolah adiwiyata mandiri tahun 2024. Yang mana ini merupakan program dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK)," kata Rika Novita.

Dijelaskan Rika Novita, SDN 04 Minas Jaya sendiri diketahui telah mendapatkan penghargaan sebagai Sekolah Adiwiyata Nasional dan telah melakukan gerakan PBLHS, maka dari itu SDN 04 Minas Jaya akan menuju Adiwiyata mandiri.

"Untuk tahun 2024 ini kita sudah mengunjungi sebanyak delapan sekolah yang tersebar di seluruh Kabupaten Siak, untuk jenjang pendidikan mulai dari tingkat SD sampai SMA sederajat. Nah, untuk menjadi Adiwiyata Kabupaten sekolah maksimal harus memiliki nilai 70, untuk Provinsi 80, untuk Nasional 90 dan untuk Adiwiyata mandiri sekolah tersebut harus memiliki nilai 95," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala SDN 04 Minas Jaya Rosniwati Syamsimar, M.Pd, ia mengucapkan terimakasih kepada tim dari Adiwiyata DLH Siak yang telah berkunjung ke SDN 04 Minas Jaya, Kepsek pun berharap kiranya SDN 04 Minas Jaya dapat lulus pada seleksi Adiwiyata mandiri tingkat Nasional.

"Kami juga tak lupa mengucapkan terimakasih kepada orangtua murid serta para peserta didik para guru dan seluruh masyarakat yang telah berpartisipasi untuk mendukung seluruh program di sekolah ini," kata Rosniwati Syamsimar, M.Pd.

"Untuk penilaian sekolah Adiwiyata mandiri ini sebenarnya sudah dimulai sejak tahun 2023 lalu di sekolah kita ini, hanya saja dikarenakan kita padat kegiatan sehingga kami sebagai sekolah penggerak belum bisa mengikuti penilaian Adiwiyata mandiri ini secara maksimal. Dan mudah-mudahan di 2024 ini kita bisa ikut secara maksimal," tuturnya.***

Laporan : Idris Harahap



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex