Panwaslu Minas Gelar Apel Siaga Pengawasan Masa Tenang, Pemungutan Dan Penghitungan Suara Pemilu 2024

Ahad, 11 Februari 2024 - 21:51:32 WIB
Share Tweet Google +

Siak, Catatanriau.com | Dalam rangka memasuki masa tenang pemungutan dan penghitungan suara, Panwaslu Kecamatan Minas menyelenggarakan kegiatan Apel Siaga Pengawasan Masa Tenang, Pemungutan dan Penghitungan Suara pada Pemilihan Umum Tahun 2024 yang dilaksanakan di halaman kantor Panwaslu Kecamatan Minas, Kabupaten Siak, Riau, Ahad (11/02/2024).

Acara dihadiri oleh Ketua Panwaslu Kecamatan Minas,PKD, PTPS,Danramil,Kapolsek/Mewakili dan PPK Minas.

Dalam kesempatan itu,Ketua Panwaslu Kecamatan Minas (Taufik) menyampaikan beberapa hal penting untuk pengawas pemilu memasuki masa tenang hingga pemungutan suara. 

"Untuk Rekan-rekan sekalian, peran kita di hari-hari masa tenang menjelang pemungutan suara ini sangat penting dan signifikan,serta keberadaan kita sebagai pengawas pemilu itu akan menjadi sorotan bagi banyak pihak mengenai bagaimana kualitas kontesasi ini berjalan secara keseluruhan". Tukasnya

Ia juga menambahkan bahwa,"masa-masa kampanye sampai dengan pungut hitung suara,integritas penyelenggara pemilu harus dijaga oleh Pengawas Pemilu karena nanti pada saat pungut hitung suara,teman-teman yang berada di TPS sebagai Pengawas TPS menjadi pihak yang dimintai pendapat,dimintai saran,masukan dan rekomendasi oleh semua pihak yang berselisih di TPS.Artinya peran Pengawas TPS pada saat pemungutan dan penghitungan suara sangat penting untuk menjaga akuntabilitas penyelenggaran pemungutan dan penghitungan suara.Teman-teman secara tidak langsung turut menentukan sikap apa yang harus ditempuh apabila caruk maruk terjadi pada saat pemungutan dan penghitungan suara.Itu peran yang sangat vital dan sangat penting."

"Rekan-rekan sekalian, penyelenggaraan pemilu ini akan dinilai dalam 3 hal yakni Integritas Penyelenggara Pemilu, Integritas Proses Pemilu dan Integritas Hasil Pemilu. Harapannya kita sebagai pengawas pemilu bisa menjaga integritas kita selama pemungutan dan penghitungan suara ini berjalan. Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh rekan-rekan sekalian yang telah menjadi bagian dari kami dan mau menjadi pengabdi di pengawas pemilu."

Dalam sambutannya,ketua Panwaslu Kecamatan Minas,Taufik berharap agar tercipta Pemilu yang damai dan berintegritas,Pemilu yang betul-betul mampu menjadi sarana integritas bangsa, sehingga hasil Pemilu bisa menjadi titik balik lahirnya pemimpin nasional dan pemimpin daerah yang mampu membawa Minas menuju kemajuan yang dicita-citakan.

"Kolaborasi seluruh elemen bangsa menjadi kunci utama lahirnya Pemilu yang damai dan berintegritas."terang Taufik.

Taufik menyatakan Pemilu yang Langsung, Umum, Bebas, Rahasia, Jujur dan Adil tentunya tidak hanya menjadi slogan semu tanpa makna,namun harus betul-betul diimplementasikan hingga di TPS.

"Hadirnya Pengawas TPS se-Kecamatan Minas hari ini, semoga mampu memberikan optimisme kepada masyarakat Minas, kepada saya juga, bahwa Pemilu di Kecamatan Minas akan berjalan Luber dan Jurdil."ujarnya.

Diakhir sambutan,Taufik  menitipkan harapan besar kepada seluruh jajaran Panwaslu dari Kecamatan Minas hingga PTPS, untuk terwujudnya Pemilu yang berintegritas, dan bertugas dengan penuh integritas.***

                  Penulis : Afwan


 



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex