Dandim 0322/Siak Hidiri Seremoni Pelepasan Distribusi Logistik Pemilu 2024 Dan Kerahkan Personil Kawal Sampai Tujuan

Jumat, 09 Februari 2024 - 12:33:21 WIB
Share Tweet Google +

Siak, Catatanriau.com | Dandim 0322/Siak Letkol Arh Riyanto Budi Nugroho, M. Han menghadiri seremoni pelepasan pendistribusian logistik Pemilu 2024 dari kantor Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Siak di Gedung Sport Hall Kelurahan Kampung Rempak, Kecamatan Siak, Kabupaten Siak, Riau, Jumat (09/02/2024) sekira pukul 10.00 WIB.

Pelepasan logistik itu juga tampak dihadiri oleh Bupati Siak Drs H Alfedri MSi diwakili Asisten 1 DR. Fauzi Asni MSI, Kapolres Siak AKBP Asep Sujarwadi SIK MSI, Ketua KPU Siak Ahmad Rizal SH, Ketua Bawaslu Siak Fadli Nugraha SE, Kaban Kesbangpol Siak Syamsurizal, S.Sos MSI, Para Ketua Divisi KPU Siak hingga tamu dan undangan lainnya.

Pendistribusian logistik berupa Kotak Suara, Bilik Suara dan logistik lainnya ini sendiri merupakan yang perdana untuk sejumlah PPK yang terdapat di Kecamatan yang jaraknya cukup jauh dari Kota Siak Sri Indrapura, seperti Kecamatan Kandis, Minas, Sungai Mandau, Sungai Apit dan Kecamatan Sabak Auh.

"Pendistribusian logistik Pemilu 2024 ini dilakukan dengan menggunakan armada mobil box, supaya aman dan terlindungi dari hujan dan pengamanan dan pengawalan dilakukan secara ketat oleh Polri dan TNI hingga tempat tujuan," ungkap Dandim Siak  Letkol Arh Riyanto Budi Nugroho, M. Han.

Sedangkan untuk menjaga keamanan logistik Pemilu 2024 ditingkat Desa/Kelurahan, Dandim pun berpesan kepada para petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) agar pembuatan Tempat Pemungutan Suara (TPS) tidak di halaman atau lapangan untuk mengantisipasi keamanan jika hujan, "dan tidak kalah penting TPS juga ramah difabel," imbuhnya.

Lebih jauh dijelaskan Dandim, dalam hal ini ada dua macam logistik Pemilu 2024 yang didistribusikan. Pertama, logistik utama, seperti surat suara, sebagai sarana mengekspresikan hak pilih masyarakat, dan formulir penghitungan dan rekapitulasi, sebagai sarana mengadministrasikan proses pemilu. Kedua, logistik pendukung, seperti bilik, tinta, dan alat coblos serta daftar hadir.

"Kami tentunya sangat mengapresiasi KPU Siak yang sudah menyiapkan logistik dengan baik hingga hari ini dapat dilakukan pendistribusian," tuturnya.

Dapat kami informasikan pula adapun jumlah Logistik yang didistribusikan hari ini diantaranya :

1. PPK Kecamatan Kandis :
a. Kotak Suara : 1.055 buah
b. Bilik Suara : 844 buah

2. PPK Kecamatan Minas :
a. Kotak Suara : 455 buah
b. Bilik Suara : 364 buah

3. PPK Kecamatan Sungai Mandau :
a. Kotak Suara : 155 buah
b. Bilik Suara : 124 buah

4. PPK Kecamatan Sungai Apit :
a. Kotak Suara : 510 buah
b. Bilik Suara : 408 buah

5. PPK Kecamatan Sabak Auh :
a. Kotak Suara : 215 buah
b. Bilik Suara : 172 buah.***

Laporan : Idris Harahap 



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex