Danrem Hadiri Penobatan dan Penabalan Yang Dipertuan Besar ke XVI Raja Luhak Kepenuhan Tengku Haji Indra Jaya Ibni Dachlan

Selasa, 06 Februari 2024 - 07:10:15 WIB
Share Tweet Google +

Rohul, Catatanriau.com | Bertempat di Rumah Godang Raja Luhak Kepenuhan, Kelurahan Kepenuhan Tengah, Kecamatan Kepenuhan, Kabupaten Rokan Hulu, Danrem 031/WB Brigjen TNI Dany Rakca. S.A.P. M. Han menghadiri acara Penobatan dan Penabalan Yang Dipertuan Besar ke XVI Raja Luhak Kepenuhan TENGKU HAJI INDRA JAYA IBNI TENGKU HAJI DACHLAN


Turut hadir dalam kegiatan tersebut Gubernur Riau yang diwakili Sekda Riau Bapak H.Zulkifli, Kapolda Riau diwakili oleh Staf, Bupati Rokan Hulu H.Sukiman, Kasiren 031/WB Kol.Inf.Sipahutar, Dandim 0313/KPR Letkol Inf.Setiawan Hadi Nugroho SH. M.IP, DPH LAMR Provinsi Riau, Taufik Ikram Jamil, Ketua Umum DPH LAMR Rohul, Datuk Seri H Zulyadaini, Ketua Umum MKA LAMR Rohul, DR H Dipendri MM, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Rohul, Gorneng, Plt Kaban Kesbangpol Rohul, Irvandri M.IP, Kepala BAPPEDA Rohul, Drs Yusmar M.Si, Camat serta tokoh kerapatan adat di wilayah Luhak Kepenuhan lainnya, Para ninik mamak serta Tamu undanganlainya.

Dalam Sambutannya ketua LAM Rohul menyampaikan, Budaya itu adalah tentang kehidupan kita yang tidak boleh kita lupakan walaupun kerajaan itu tidak menjadi pemerintah dari pada hari ini tapi itulah budaya yang kita terdahulu sehingga kita kemari beradab,berisikan bersopan dan bersantun tatanan yang telah diatur dengan sebenarnya kalau kita menjadi masyarakat adat. Oleh karena itulah mencari dan menanta tentang tatanan - tatanan adat, ujarnya.

Usai sambutank Ketua LAM selanjutnya dilakukan Prosesi Penabalan gelar dan Penyerahan Tepak Sirih.

Selanjutnya Danrem 031/WB dalam sambutannya juga menyampaikan, Tugas TNI selain perang membantu pemerintah dalam rangka menjaga kelestarian budaya dan melindunginya agar pasar budaya ini tidak dirusak atau hilang atau menjadi tidak berbekas.

"Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati dan menyaksikan sejarah termasuk budaya itu sendiri. Saya berharap dan memohon kepada para pemangku adat pada raja di wilayah khususnya Kab.Rohul,mari sama-sama melestarikan budaya," Ujarnya.

Acara Penobatan dan Penabalan Raja Luhak Kepenuhan di Rumah Godang Raja Kepenuhan ini merupakan suatu kehormatan sekaligus sebuah motivasi dan semangat dalam dharma bakti untuk memberikan pengabdian terbaik dalam rangka meningkatkan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat khususnya Kec. Kepenuhan dan Rokan Hulu pada umumnya. Kegiatan ini berlangsung sukses karena kerjasama semua pihak yang saling mendukung.(rls/red).



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex