Apel 3 Pilar, Persiapan Pengamanan Pemilu Kabupaten Rokan Hulu 2024

Jumat, 02 Februari 2024 - 14:06:34 WIB
Share Tweet Google +

Rohul, Catatanriau.com | Bupati Rokan Hulu (Rohul) H. Sukiman bersama Kapolres Rohul, Budi Setiyono, S.IK, MH dan DANDIM 0313/KPR LETKOL INF Setiawan Hadi Nugroho, SH, M.IP, memimpin apel 3 (Tiga) Pilar dalam rangka pengamanan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 tingkat Kabupaten Rohul. Kegiatan ini dimulai dengan pemeriksaan pasukan di halaman Kantor Bupati Rohul. Jum'at (02/02/2024).

Turut hadir dalam apel tersebut Wakil Bupati Rokan Hulu H. Indra Gunawan, Sekda Rokan Hulu Muhammad Zaki, S.STP, M.Si, Para Asisten, Staf Ahli Bupati, kepala OPD, Kalaksa BPBD, Camat se-Rohul, Para Kapolsek serta Danramil. Selain itu, juga dihadiri oleh Kades, Lurah dan seluruh ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Rohul.

Dalam sambutannya, Bupati H. Sukiman, menyampaikan apresiasi tinggi kepada semua pihak yang telah bekerja dengan baik sehingga apel hari itu dapat diaksanakan. Sukiman berharap kegiatan ini menjadi langkah awal yang baik untuk menuju Pemilu 2024 yang sukses dan membawa kemajuan bagi daerah.

Menanggapi Pemilu 2024, bupati menyebut bahwa tahun ini seluruh masyarakat yang mempunyai hak pilih akan melaksanakan pesta demokrasi Pemilihan Umum (Pemilu). Ini menjadi pemilihan pertama yang terbesar karena sebelumnya, Pemilu dan Pilkada belum pernah dilaksanakan di tahun yang sama.

"Marilah kita bersama-sama menyukseskan jalannya pesta demokrasi nanti, sesuai dengan tugas kita masing-masing," ujar Sukiman.

Lebih lanjut, H. Sukiman menjelaskan bahwa apel hari ini dilaksanakan dalam rangka menjalin sinergitas untuk menyongsong dan mewujudkan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, pemilihan Legislatif, dan dilanjutkan dengan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta pemilihan Bupati dan Wakil Bupati. Semua ini diharapkan dapat berjalan dengan aman, damai, dan kondusif pada tanggal 14 Februari 2024.

Bupati Rohul, juga mengajak TNI, Polri, Pemerintah, dan seluruh elemen Masyarakat di Kabupaten Rohul untuk bersatu padu guna mendukung suksesnya penyelenggaraan Pemilu ini. Ia menekankan perlunya menjaga persatuan dan kesatuan, serta menghindari tindakan yang dapat menimbulkan provokasi, fitnah, dan gangguan lainnya.

H. Sukiman juga menekankan bahwa Netralitas merupakan prinsip utama bagi anggota tiga pilar. ASN, TNI dan Polri memiliki peran penting dalam menjaga stabilitas dan keamanan selama proses Pemilu.

"Netralitas adalah hal mutlak dalam menjalankan tugas kita sebagai pelayan masyarakat. Kita harus selalu mengutamakan kepentingan umum di atas kepentingan pribadi atau golongan tertentu," ujar Bupati Rohul ini.

Ia mengimbau seluruh anggota 3 Pilar untuk menjaga Netralitas dan tidak terlibat dalam kegiatan Politik praktis. Mengingat pentingnya kerjasama antara tiga pilar dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama masa kampanye dan pemungutan suara.

"ASN, TNI dan Polri harus bersinergi dengan baik guna membawa dampak positif dalam melaksanakan tugas-tugas terkait pengamanan pemilu pada tahun 2024 ini," ungkap H. Sukiman mengakhiri. (MC Diskominfo).


Laporan : E.S.Nst



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex