Lantik PJ Kades Ringin Dan Danau Rambai, Begini Pesan Camat Batang Gansal

Kamis, 25 Januari 2024 - 20:06:28 WIB
Share Tweet Google +

Inhu, Catatanriau.com | Bupati Indragiri Hulu (Inhu) Rezita Meylani Yopi, S.E diwakili Camat Batang Gansal Basuki SKM melakukan pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan Penjabat (PJ) Kepala Desa (Kades) dan Ketua Tim Penggerak PKK Desa Ringin dan Desa Danau Rambai di Aula Kantor Camat Batang Gansal, Kabupaten Inhu, Riau, Kamis (25/01/2024) pagi.

Adapun yang dilantik dalam hal ini yakni Asasi Kudus, S,Sos selaku PJ Kades Ringin dan  Suwandi SE selaku PJ Kades Danau Rambai.

"Saya mengucapkan selamat dan sukses kepada penjabat Kades yang baru saja dilantik, besar harapan saya semoga saudara semua dapat mengemban amanah serta kepercayaan yang telah diberikan dengan penuh komitmen dan rasa tanggungjawab yang tinggi," imbuh Basuki dalam sambutannya.

Basuki juga mengajak agar para PJ Kades yang telah dilantik itu dapat menjadikan momentum pelantikan itu sebagai langkah awal dalam ranah pengabdian baru kepada bangsa negara dan masyarakat.

"Tak lupa saya juga ingin mengucapkan terimakasih kepada Kades yang menjabat sebelumnya atas jasa dan darma baktinya selama bertugas, semoga pengabdian saudara menjadi catatan amal dan diberi balasan dan pahala oleh Allah SWT," imbuhnya.

Sebagaimana diketahui kata Camat, sebagai pemimpin, PJ Kepala Desa turut menentukan sukses tidaknya atau maju mundurnya Desa yang dipimpinya, PJ Kades juga kata dia mempunyai tugas dan wewenang kewajiban serta memperoleh hak yang sama dengan Kepala Desa.

"Karena itu, saya berharap saudara dapat mengemban amanah ini dengan baik, hindari tindakan yang dapat merugikan masyarakat maupun yang bertentangan dengan aturan hukum yang berlaku. Segera jalankan roda pemerintahan dan penataan pemerintahan Desa agar pelaksanaan pembangunan serta pelayanan kepada masyarakat dipastikan berjalan sebagaimana mestinya," katanya.

Lanjut Camat, guna mewujudkan Kondusifitas dilingkungan masyarakat ia juga berharap kepada para PJ Kepala Desa agar secara aktif melakukan koordinasi bersama dengan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) serta lembaga-lembaga yang ada di Desa dalam rangka menciptakan keamanan dan ketertiban lingkungan masyarakat menjelang pesta demokrasi yang tinggal menghitung hari.

"Bersamaan dengan pelantikan PJ Kepala Desa hari ini kita juga telah menyaksikan dan mengikuti bersama prosesi pelantikan ketua tim penggerak PKK Desa. Kita ketahui bersama peran ketua TP-PKK tidak dapat dianggap sebelah mata, sebagai garda terdepan ditingkat Desa, TP-PKK Desa memiliki tanggungjawab besar dalam meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat," katanya.

Oleh karena itu terang Camat, harus disadari bahwa tugas yang diamanatkan kepada TP-PKK Desa bukanlah beban melainkan sebuah amanah suci yang harus diemban dengan penuh didikasi dan keikhlasan.

"Sebagai langkah awal mari kita fokus untuk meningkatkan peran dan fungsi TP-PKK Desa dalam memajukan berbagai sektor, terutama kesejahteraan keluarga dan pembinaan generasi muda, melalui berbagai program edukasi, pelatihan keterampilan dan kegiatan sosial kemasyarakatan," ajaknya.

"Kepada PJ Kades dan TP-PKK yang telah dilantik saya mengucapkan selamat bertugas dan berikanlah pengabdian terbaik bagi masyarakat. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan petunjuk dan bimbingannya kepada kita semua dalam menjalankan tugas dan pengabdian untuk mewujudkan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di Desa yang lebih baik," imbuhnya mengakhiri.***

Laporan : S.A Pasaribu 



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex