BEM Fakultas Pertanian UNRI Bangun Kepemimpinan Unggul dan Daya Diri Melalui Training Organization II Di Pulau Cinta, Kampar

Jumat, 08 Desember 2023 - 20:12:45 WIB
Share Tweet Google +

Kampar, Catatanriau.com | Training Organization merupakan program pelatihan yang mencakup berbagai aspek, seperti kepemimpinan, manajemen, komunikasi, dan keterampilan lain yang dapat meningkatkan kemampuan para pesertanya dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab mereka. Selain itu kegiatan ini juga sebagai sarana agar dalam membentuk dan mempersiapkan calon pemimpin dimasa yang akan datang.

Training organization II yang diadakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Riau bertema “Leadership Renaissance: Menghidupkan Kembali Semangat Kepemimpinan ditengah-tengah Ketiadaan Responsifitas”.

Pelaksanaan acara yang dilaksanakan pada tanggal 1-3 Desember 2023 di Pulau Cinta Desa Teluk Jering Kabupaten Kampar dan diikuti oleh 15 orang mahasiswa fakultas pertanian dari berbagai angkatan dan jurusan ini bertujuan untuk mempersiapkan para pemimpin di masa yang akan datang. “Kegiatan Training Organization II dilaksanakan dengan tujuan agar para peserta dapat melanjutkan kepengurusan BEM di periode berikutnya” tutur Farhan Al Hafidz selaku PJs Gubernur BEM Faperta.

Kegiatan ini diawali dengan pembukaan yang dilaksanakan di kesekretariatan BEM Faperta UNRI yang dibuka oleh Wakil Dekan III Fakultas Pertanian Universitas Riau yaitu Ibu Shorea Khaswarina S.P,M.P. Dalam pembukaannya beliau berharap kegiatan ini berlangsung dengan baik dan para peserta mendapatkan ilmu yang bisa diimplementasikan dalam kegiatan berorganisasi.

Salah satu poin penting yang diusung dalam kegiatan ini adalah beragam materi yang menjadi pembahasan. Mulai dari karakter seorang pemimpin, personal power yang harus dikembangkan, dan analisis sosial yang mendalam. Semua topik tersebut dirancang untuk memberikan para peserta pengetahuan yang holistik dan aplikatif. Materi ini juga mencakup manajemen sumber daya manusia yang berfokus pada pengembangan tim dan advokasi untuk memahami dan mendukung perubahan positif di berbagai tingkatan organisasi.

Selain pemaparan materi dan kepemimpinan, lokasi kegiatan di Teluk Jering merupakan suatu inovasi baru di Universitas Riau dimana pada umumnya Training Organization II dilaksanakan hanya disekitar kampus dan masih banyak yang belum melaksanakan kegiatan ini di luar kampus. Kemudian Pulau Cinta Kampar dipilih sebagai tempat pelaksanaan untuk memberikan suasana yang baru dan menciptakan lingkungan yang mendukung pembelajaran.

“Kegiatan ini dilaksanakan di luar kampus karena sebagai inovasi baru sesuai dengan tema yang dibawa dan juga sebagai daya tarik agar mahasiswa lain mau mengikuti kegiatan Training Organization II ini, dan Pulau Cinta dipilih karena aksesnya masih dekat dengan Pekanbaru” Tutur Fatia Zahra sebagai CO Acara pada kegiatan ini.

Dengan demikian, Training Organization II bukan sekadar kegiatan pelatihan, tetapi juga merupakan sesuatu hal yang baru karena kegiatan ini dilaksanakan di luar kampus. Juga, kegiatan ini bermanfaat bagi peserta untuk menambah pengetahuan, memperluas relasi, dan mengembangkan keterampilan yang relevan untuk menghadapi dinamika organisasi modern.(Dwiki).

Team Penulis: Abidzul Safputra dkk.



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex