Warga Minas Keluhkan Sulitnya Lapangan Kerja Saat Kampanye Dialogis Syamsuar, Andri dan Robert Yanto

Senin, 04 Desember 2023 - 15:42:27 WIB
Share Tweet Google +

Siak, Catatanriau.com | Indra Gunawan SE selaku Ketua DPD partai Golkar Kabupaten Siak mendampingi Drs H Syamsuar MSi selaku Caleg DPR RI Dapil Riau 1 nomor urut 1 untuk melakukan kampanye dialogis di Kelurahan Minas Jaya, Kecamatan Minas, Kabupaten Siak, Riau, Senin (04/12/2023) siang.

Kehadiran mantan Bupati Siak dua periode dan mantan Gubernur Riau itu juga didampingi oleh Muhammad Andri ST selaku Caleg DPRD Dapil Riau 6 Siak - Pelalawan dengan nomor urut 1 dan Robert Yanto SE Caleg DPRD Dapil IV Siak dengan nomor urut 7.

"Kami baru menyelesaikan tugas kami selaku Gubernur Riau hampir 5 tahun, saat ini kami maju sebagai caleg DPR RI untuk nomor 1," kata Syamsuar dalam Kampanye dialogis tersebut.

Syamsuar mengatakan, baru Pemilu 2024 ini warga Siak ada yang menjadi Caleg DPR RI. Oleh karena itu Syamsuar meminta agar masyarakat Kecamatan Minas khususnya membulatkan tekad untuk membantu menghantarkannya ke DPR RI.

"Jika kelak kami melaksanakan tugas sebagai wakil rakyat, mudah-mudahan Allah memberikan kemudahan, karna banyak hal yang akan kita perjuangkan di pusat, sebab keuangan daerah ini tidak cukup untuk membangun daerah ini, oleh karena itu kita akan perjuangkan APBN yang cukup besar di Pusat untuk pembangunan daerah. Karena, kami sudah tau lama di Minas ini sudah lama tidak ada Anggota Dewan, maka beri kami kepercayaan agar ada penyambungan lidah untuk kita di Minas ini," imbuhnya.

Dalam kampanye dialogis tersebut warga mempertanyakan masalah ketenagakerjaan yang dirasa sulit didapatkan di Kecamatan Minas.

"Saya mengalami anak saya tamat kuliah, namun untuk kerja disebuah perusahaan saja susah, untuk mencari kerja di kampung kami sendiri susah, tolong kami, selaku bapak sudah pernah di Kabupaten dan Provinsi, jadi kami minta solusi dari bapak agar anak-anak kami bisa mencari pekerjaan. Sebab, disini kalau mau masuk kerja harus pakai duit, duitnya banyak ada yang Rp 8 Juta sampai Rp 11 juta, ada forum yang meminta duit agar bisa masuk kerja," keluh warga yang didominasi oleh kaum ibu-ibu.

Namun, saat Syamsuar mempertanyakan nama oknum yang dituduhkan meminta uang masuk kerja tersebut, masyarakat enggan dan merasa takut untuk membeberkan siapa yang meminta bayaran untuk masuk kerja tersebut. 

Menanggapi hal itu, Syamsuar mengatakan menurutnya memang ada sejumlah perusahaan yang minta pengalaman kerja untuk masuk kerja. Namun kata dia, tidak semua perusahaan meminta itu, yang terpenting para pelamar kerja memiliki skill ataupun sertifikasi.

"Ini sebenarnya ada Disnaker Siak dan Riau, Disnaker ini yang menanyakan Perusahaan tentang rekrutmen. Kalau kami di Provinsi ada job fair yang kami selenggarakan untuk anak-anak Riau agar berpeluang masuk di Perusahaan. Jadi saat ini semua sosialisasi menggunakan aplikasi, saya rasa anak ibu juga pandai menggunakannya, jadi nanti beri tahu anak ibu agar mengikuti job fair yang kami adakan setiap tahun di Pemprov Riau. Namu, jika sudah mengikuti hal itu perusahaan masih berat menerima, maka akan kita tekek kepala perusahaan itu, sebab pelamar kerja sudah memenuhi syarat namun dipersulit," tegasnya.

Sementara itu Indra Gunawan SE Ketua DPD Golkar Kabupaten Siak diwawancarai terpisah oleh Wartawan seusai kampanye dialogis tersebut ia mengatakan pihaknya merasa senang hari ini dapat bersilaturahmi dengan warga Kecamatan Minas.

"Cuman kalau kita lihat kondisi disini agak miris juga, tentunya hal ini harus kita perbaiki kedepan. Yang paling awal kita bentuk karakter masyarakatnya agar mereka bisa memilih dalam Pileg ini, mereka harus faham siapa yang harus mereka pilih," imbuhnya.

Disinggung untuk target Golkar khususnya di Dapil Siak IV, Indra Gunawan mengatakan pihaknya berkomitmen untuk mempertahankan tiga kursi di DPRD Siak seperti yang sudah ada saat ini. "Untuk dapil IV, kita komitmen untuk tetap bertahan ditiga kursi," katanya.

Diakhir, Robert Yanto SE selaku Caleg DPRD Kabupaten Siak Dapil IV dengan nomor urut 7 ketika disinggung Wartawan terkait keluhan warga tentang sulitnya lapangan kerja di Kecamatan Minas ia mengatakan dirinya akan menargetkan sesuai dengan arahan Syamsuar untuk meningkatkan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kecamatan Minas guna menekan tingkat pengguran.

"Kita akan buatkan mereka usaha UMKM, nanti akan kita bantu fasilitasi agar bisa menekan jumlah pengangguran," tukasnya.***

Laporan : Idris Harahap 


 



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex