GSSB Riau Akbar, Gubri Senang Melihat Antusiasme Masyarakat Dalam Meramaikan Masjid

Sabtu, 02 Desember 2023 - 16:44:02 WIB
Share Tweet Google +

Pekanbaru, Catatanriau.com | Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau menggelar Gerakan Sholat Subuh Berjama'ah (GSSB) Riau Akbar. Tampak antusiasme ribuan masyarakat memadati Masjid Raya Annur, Kota Pekanbaru, Sabtu (02/12/2023).

Dari pantauan Media Center Riau, tampak hadir Gubernur Riau (Gubri) Brigjen TNI (purn) Edy Natar Nasution, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Riau, SF Hariyanto dan jajarannya datang melaksanakan salat berjamaah. Berbagai tokoh ulama hingga anak-anak bersaf-saf memenuhi masjid tersebut. 

GSSB Akbar mengusung tema "Munajat Kubro untuk kemerdekaan Palestina dan keberkahan Negara Kesatuan Republik Indonesia". Program tersebut sudah berjalan sejak 3 tahun silam. Selama ini, Gubri Edy Natar Nasution beserta rombongan tak henti-hentinya menggalakkan kegiatan ke berbagai pelosok daerah di Provinsi Riau.

Dalam perjalanannya, Pemprov Riau menggandeng tokoh agama untuk melakukan kegiatan dakwah ini. Gerakan tersebut telah di selenggarakan sebanyak 163 kali ke sejumlah kabupaten/kota di Bumi Lancang Kuning. 

Dikatakan, Gubri Edy Nasution bahwa melalui GSSB Riau ini dapat menjadikan wadah silaturahmi dan berinteraksi secara langsung kepada masyarakat. Dengan begitu, keberadaan pemerintah semakin terasa dekat di hati warga.

“Karena dalam situasi seperti inilah kita bisa berinteraksi antara pemimpin dengan masyarakat, sebab sulit rasanya untuk bisa menyatukan dalam jumlah yang besar di subuh hari ini,” katanya seperti yang dikutip dari Media Center Provinsi Riau.

Dijelaskan, ia sangat senang melihat antusiasme masyarakat yang mampu meramaikan masjid. Menurutnya, dengan program seperti inilah sekaligus mampu mengajak umat muslim agar berbondong-bondong melaksanakan salat berjamaah.

“Saya tentu berterima kasih, masyarakat begitu sangat antusias. Kita senang juga bisa menghimpunnya. Saya kira jumlah masyarakat yang ada di sini ribuan. Karena lihat saja kita sudah siapkan sepuluh ribu makanan secara gratis dan itu sudah habis,” jelasnya.

“Mudah-mudahan apa yang kita laksanakan di subuh hari ini mendapatkan ridho Allah subhanahu wa ta'ala Amin ya terima kasih,” pungkasnya.

Sebagai informasi, pada bagian halaman masjid tampak berjejer puluhan lapak UMKM. Mulai dari pedagang bakso, sate, hingga batagor berpartisipasi dalam GSBB akbar.

Pemprov Riau sengaja menyiapkan sepuluh ribu porsi makanan dan minuman. Pedagang UMKM ini dilbatkan, agar seluruh jamaah dapat menyantap sarapan yang telah disediakan. Semua menu tersedia pun bisa didapatkan masyarakat secara gratis.****

Laporan : E.S.Nst/MC Riau



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex