Meriahkan HUT PGRI Ke-78 & HGN 2023, SMPN 2 Batang Gansal Gelar Penampilan Kreasi Seni Siswa dan Guru

Senin, 27 November 2023 - 14:54:58 WIB
Share Tweet Google +

Inhu, Catatanriau.com | Dalam rangka memeriahkan hari ulangtahun (HUT) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) ke-78 dan Hari Guru Nasional (HGN) tahun 2023, Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Batang Gansal, Kecamatan Batang Gansal, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Riau, menggelar ragam penampilan kreasi seni yang dilaksanakan oleh para siswa siswi dan guru di sekolah itu, Sabtu (25/11/2023) kemarin.

Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Nufriyanti SPd selaku Kepala SMPN 2 Batang Gansal, ia mengatakan kegiatan itu dilaksanakan didalam kelas dengan menggunakan tiga kelas.

"Acaranya lebih kepada penampilan kreasi seni anak, seperti menari, kemudian ada juga dari anak-anak Pramuka, anak-anak karate, kemudian ada juga yang membuat penampilan drama, puisi kemudian vokal solo dan vokal grup. Alhamdulillah, berjalan lancar dan meriah meskipun dirayakan secara sederhana," kata Nufriyanti SPd kepada Wartawan media ini, Senin (27/11/2023).

Menurut Nufriyanti SPd, saat pelaksanaan kegiatan tersebut, para peserta didik tampak terlihat riang dan gembira serta penuh suka cita.

"Setahun sekali, namanya ulangtahun. Apalagi ulangtahun PGRI ini maka kita adakan moment ini untuk menghibur para guru dan peserta didik kita. Biasanya, kegiatan seperti ini ada perlombaan untuk anak-anak dan para guru. Namun, mengingat banyak hal maka kita adakan penampilan seni saja dari anak-anak semacam pengembangan diri anak dari kesenian tersebut," katanya.

Selain itu kata dia, untuk penampilan seni ini sendiri banyak anak-anak yang antusias ingin mengikutinya, namun jika diikut sertakan seluruh siswa dukhawatir sampai sore tidak bisa selesai.

"Oleh karena itu akhirnya kita seleksi mana grup ataupun siswa yang penampilannya sudah cukup baik dan ok, maka itu yang kita tampilkan dalam kegiatan ini. Dan untuk anak-anak didik kami yang belum bisa tampil jangan berkecil hati dan jangan berputus asa, mudah-mudahan dilain kesempatan mereka bisa tampil," imbuhnya.

Selain itu terang dia, pihaknya juga mengadakan penampilan untuk para guru, yang mana saat para guru tampil seluruh anak-anak terlihat bersorak gembira.

"Mungkin mereka kira gurunya tidak bisa tampil, intinya seru lah kegiatannya. Jadi, mengingat moment seperti ini hanya ada setahun sekali rasanya jika kita tidak mengadakan kegiatan, kasian sama guru-gurunya, minimal satu hari itu kita bisa tertawa dan riang gembira. Sebab, disini kita juga mengadakan acara tukar kado dari guru untuk guru, jadi semua guru itu membuat kado maka kami melakukan tukar kado," ungkapnya.

Dengan adanya moment ini lanjut Nufriyanti SPd, ia pun berharap semoga kedepannya para guru khususnya di SMPN 2 Batang Gansal bisa menjadi insan pendidik yang lebih berkarakter dan bisa mendidik anak-anak untuk menjadi generasi penerus bangsa yang cemerlang. Selain itu, ia pun berharap kiranya seluruh guru di sekolah tersebut bisa lulus menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

"Apalagi saat ini kita tengah marak-maraknya kurikulum merdeka belajar, jadi sekarang ini guru-guru dituntut untuk bisa IT, Komputer dan membuat pembelajaran yang menarik, kreatif serta inovatif. Jadi, harapan kita semuanya guru-guru itu kedepannya bisa lebih menggali potensi diri, bisa lebih belajar lagi, bahwasanya kita mengajar ini tidak seperti zaman dahulu masuk kelas ceramah selesai, akan tetapi saat ini para guru dituntut berbuat banyak, apalagi tuntutan dari paltform merdeka mengajar semua modul yang dipelajari harus bisa selesai," katanya.

Lanjutnya, "jadi kita berharap dengan momen hari guru ini bisa meningkatkan solidaritas, kebersamaan dan kekeluargaan agar tetap dijaga. Yang namanya kita satu rumah ataupun satu wadah, pasti tetap ada yang namanya perselisihan kecil, tapi dengan adanya momen ini mari kita saling maaf memaafkan agar tidak ada lagi dendam ataupun iri hati diantara kita semua. Sebab, kita satu sekolah ini harus solid dan bisa lebih baik lagi, sebab jika didalamnya kita terpecah belah maka sekolah kita ini tidak akan pernah bisa maju," tukasnya.***


Laporan : S.A Pasaribu



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex