Terpilih Aklamasi, Zuriyadi Fahmi Ketua Sapma PP Periode 2023-2025

Ahad, 26 November 2023 - 19:59:03 WIB
Share Tweet Google +

Selatpanjang, Catatanriau.com | Zuriyadi Fahmi terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Satuan Siswa, Pelajar dan Mahasiswa (Sapma) Pemuda Pancasila (PP) Kabupaten Kepulauan Meranti periode 2023-2025.

Terpilihnya Fahmi ini melalui Musyawarah Cabang (Muscab) III tahun 2023 yang diselenggarakan di Ballroom AKA Hotel, Sabtu (25/11/2023) malam.

Ketua Steering Committee, Andi Pratama
mengatakan pemilihan secara aklamasi ini disebabkan tidak ada calon lain yang mendaftar hingga batas akhir.

Kabid Organisasi dan Keanggotaan, Sapma PP Riau itu pun memastikan seluruh tahapan pelaksanaan berjalan lancar hingga dicapai kesepakatan dipilihnya Zuriyadi Fahmi.

Muscab ketiga yang mengusung tema Peran Pemuda dalam Menjaga Ideologi Pancasila dan Menjaga Keutuhan NKRI ini juga dihadiri Sekwil PW Sapma PP Provinsi Riau, Sofyan Maranta Sinulingga, Sekretaris Majelis Pimpinan Cabang (MPC) PP Kepulauan Meranti, Ansari, pengurus MPC, dan ranting serta sejumlah ketua organisasi lainnya.

Zuriyadi Fahmi, dalam pidatonya menyampaikan komitmennya untuk membesarkan nama Sapma PP Kepulauan Meranti. Namun dia mengingatkan kalau impian ini tidak akan tercapai bila tidak mendapat dukungan dari seluruh kader.

Saya berharap kepada kawan-kawan untuk bersama-sama membesarkan Sapma PP Kepulauan Meranti ini agar lebih baik dan kompak ke depannya,” kata dia.

Disebutkan, dirinya akan terus berkomitmen untuk menjadi organisasi yang bisa menjadi wadah representatif bagi pemuda di Kepulauan Meranti.

Selama ia memimpin kedepannya, Fahmi panggilan akrabnya berjanji akan melanjutkan semua program unggulan Sapma dibidang sosial tahunan.

Ia pun berjanji akan membangun organisasi 
dengan memerhatikan aspek eksternal dan internal. Aspek eksternal ini meliputi komunikasi dengan seluruh organisasi kepemudaan dan berbuat sesuai dengan harapan masyarakat, sedangkan internal untuk merancang program pengaderan agar muncul bibit generasi yang unggul.


"Kedepannya kita akan berusaha bagaimana bisa melakukan pengaderan yang terarah, membangun sinergitas antara pemerintah dan Swasta serta bersama OKP dan Ormas Yang ada di wilayah Kabupaten kepulauan Meranti. Selain itu akan membuat program Sapma Peduli yang  yang bersifat menyentuh langsung dengan masyarakat, serta Sapma Mandiri yang mana program itu lebih menjadikan kader Sapma mampu berwirausaha dan punya kegiatan usaha yang bisa menunjang kebutuhan roda organisasi Sapma," tuturnya.

"Intinya kami akan berusaha Sapma PP bisa aktif di tengah-tangah masyarakat, dan selalu hadir saat dibutuhkan. Sapma adalah sayap nya Pemuda Pancasila," pungkasnya.

Sebelumnya, Sekretaris Majelis Pimpinan Cabang (MPC) PP Kepulauan Meranti, Ansari mengatakan keberadaan dan kehadiran Sapma Kabupaten Kepulauan Meranti sebagai lembaga sayap Pemuda Pancasila memiliki arti penting dan strategis guna mendukung pemerintah daerah dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia dibidang ilmu pengetahuan.

Bukan tanpa alasan, menurutnya pengurus Sapma Pemuda Pancasila berisikan kaum intelek yang senantiasa mengabdikan dirinya kepada bangsa dan negara agar terwujudnya masyarakat yang adil, makmur dan sejahtera yang dilandasi oleh nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila.

Sebagai kader Pemuda Pancasila, Ansari menegaskan bahwa peran Sapma dalam tubuh organisasi Pemuda Pancasila sangat penting. Karena menurutnya dari sinilah cikal bakal pemimpin Pemuda Pancasila ditempah dan diciptakan.

Dia berharap Sapma dalam memberikan manfaat dan semangat baru, visi misi yang tepat sehingga bisa melanjutkan program kerja yang tepat sasaran.

Dalam mengemban tugas untuk memajukan organisasi, ia meminta kepada pengurus yang baru nantinya dapat membangun sinergitas dengan pengurus MPC Kepulauan Meranti. Agar mendapatkan kekuatan penuh dalam menjalankan program-program yang disusun nantinya.

Selain itu, ia juga menekankan pentingnya solidaritas dan kerja bersama dalam menjalankan kepengurusan Sapma.

"MPC PP Kabupaten Kepulauan Meranti tidak akan membiarkan Sapma bergerak sendiri dan saya berjanji untuk mengawal perjalanan organisasi ini,” timpalnya.

Terakhir dia berharap agar Sapma PP Kepulauan Meranti dapat semakin berkembang dan memberikan kontribusi yang lebih baik di masa depan. Kemudian diharapkan organisasi ini dapat semakin maju dan mampu menjawab tuntutan masyarakat dengan baik.

"Saya harap dengan kepengurusan yang baru ini mampu menggerakkan Sapma dengan lebih baik dan memberikan kontribusi positif dan manfaat bagi masyarakat, karena kalian kader PP yang akan menggantikan kami-kami ini yang sudah tua," ujar pria yang akrab disapa Adek ini.

Sekwil PW Sapma PP Provinsi Riau, Sofyan Maranta Sinulingga dalam sambutannya mengatakan salah satu tugas Sapma Pemuda Pancasila adalah melakukan kaderisasi. Bahkan ia berharap Sapma merupakan laboratorium kepemimpinan kader.

"Sapma PP ini bisa menjadi laboratorium kader, maka kendaraan organisasi ini secara intelektual yang memakai pundak mahasiswa khususnya bisa menjadikan kita banyak belajar menambah wawasan dan memperbanyak relasi hingga ke tingkat nasional," ujarnya.

Dikatakan hingga saat ini sudah banyak kader Pemuda Pancasila yang menduduki sejumlah jabatan penting di tingkat pusat.

"Saya harapkan kepada saudara saya khususnya Sapma Pemuda Pancasila di Kabupaten Kepulauan Meranti ini untuk bersemangat dalam membesarkan organisasi ini, karena secara struktur sudah bagian dari nasional hingga ke PW, PC dan komisariat. Untuk itu saya harapkan kekompakan dan solidaritas semuanya," ungkapnya.

Pihaknya juga mendorong jika ada kader Sapma PP yang ingin berkontribusi membangun negara melalui jalur politik. Namun, secara kelembagaan, pihaknya bersikap netral.

"Apalagi kita akan masuk ke tahun-tahun politik saya harapkan juga kepada kawan-kawan sekalian kita support lah  kader-kader kita yang maju agar kalau pun Insyaallah kader-kader kita pun duduk di bangku legislatif nanti kan Alhamdulillah kita ada tempat mengadu. Semoga kedepannya Sapma Pemuda Pancasila ini khususnya di Kabupaten Kepulauan Meranti menjadi organisasi yang lebih bermanfaat bagi masyarakat," pungkasnya. ****

Laporan :Dwiki



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex