Bersama Dosen Pembimbing, Mahasiswa Kukerta UNRI Lakukan Penyuluhan Kesehatan Terhadap Lansia di Kelurahan Telaga Sam-sam

Ahad, 26 November 2023 - 13:27:59 WIB
Share Tweet Google +

Siak, Catatanriau.com | Pelaksanaan Pengabdian masyarakat adalah suatu kewajiban yang tertera di Tridharma Perguruan Tinggi, selain menyelenggarakan pendidikan dan juga penelitian. Pengabdian yang telah dilakukan ini adalah pengabdian dalam bentuk kukerta MBKM dimana kukerta ini merupakan bentuk kerjasama dari Pemerintah Kabupaten Siak yang berkolaborasi dengan UNRI dalam kegitan MBKM.

Pengabdian masyarakat ini sendiri, dilakukan untuk meningkatkan kemampuan masyarakat dalam mengatasi permasalahan maupun potensi pengembangan wilayah yang terdapat dimasyarakat.

“Kegiatan-kegiatan ini merupakan program yang ada pada kegiatan kukerta MBKM. Saya mengucapkan banyak terimakasih kepada Pemeintah Kabupaten Siak yang sudah memfasilitasi dan membantu kegiatan kukerta ini," ucap Bu Ns. Syeptri Agiani Putri, M.Kep selaku Dosen Pembimbing Lapangan Mahasiswa Kukerta MBKM Telaga Sam Sam, Ahad (26/11/2023).

Hipertensi pada masa ini lanjut dia, merupakan salah satu isu masalah kesehatan yang tengah dialami masyarakat pada kalangan lansia.

"Dari hasil pengkajian terhadap permasalahan yang dilakukan di RW 3 Telaga Sam Sam Kecamatan Kandis, Kabupaten Siak, didapatkan beberapa masalah pada lansia, dengan prioritas yaitu hipertensi. Terdapat beberapa lansia yang tidak memahami bagaimana hipertensi tersebut dapat terjadi," katanya.

Dalam pengabdian masyarakat di Telaga Sam Sam lanjutnya, Mahasiswa Universitas Riau melakukan kegiatan penyuluhan dengan tema “Menanamkan Kemandirian Dalam Masyarakat Demi Kesehatan yang Sejahtera, Kabupaten Siak”, Selasa (21/11/2023).

Selain dihadiri oleh Ns. Syeptri Agiani Putri M.Kep selaku Dosen Pembimbing Lapangan Mahasiswa Fakultas Keperawatan UNRI kegiatan ini juga dihadiri para Warga Lansia RW 03 selaku narasumber dan kegiatan ini juga dipandu oleh MC Bunga Aprilia merupakan Mahasiswa Fakultas Keperawatan UNRI.

"Kegiatan ini diikuti oleh Dosen Pembimbing Lapangan bersama para mahasiswa kukerta UNRI, Kepala Puskesmas Telaga Sam Sam, Bidan Telaga Sam Sam, dan Kader-Kader Posyandu Lansia bersama lansia yang ada di Desa Telaga Sam Sam," terangnya lagi.

Lebih jauh dijelaskanya, kegiatan ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran lansia mengenai apa itu hipertensi, tanda dan gejala hipertensi, komplikasi penyakit yang dapat ditimbulkan oleh hipertensi, serta cara mengontrol tekanan darah agar tidak melebihi batas normal.

"Dengan kegiatan ini, diharapkan lansia dapat lebih peka terhadap pentingnya pencegahan serta penanganan hipertensi dan dapat mengambil langkah-langkah yang tepat untuk menjaga kesehatan mereka," imbuhnya.

Sementara itu, Lurah Telaga Sam Sam menilai kegiatan tersebut sangat bermanfaat karena masyarakat terutama lansia dapat mengetahui penyebab penyakit hipertensi tersebut dapat terjadi.

“Dengan adanya penyuluhan seputar hipertensi masyarakat terutama lansia dapat dengan sadar menjaga pola hidup sehat dan dapat menangani secara mandiri ketika sedang mengalami hipertensi” ucap Nanang Suhendar, S.STP., M.Si Lurah Kelurahan Telaga Sam-Sam.

Acara ini menurutnya sangat bermanfaat, terutama bagi masayarakat lansia yang selama ini belum mengetahui apa penyebab penyakit hipertensi, penanggulangan dan bagaimana seharusnya dilakukan.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan penyuluhan ini dan saya berharap kegiatan ini dapat terus dilakukan kedepannya agar tingkat kesehatan masyarakat terutama tingkat kesehatan lansia dapat terus meningkat dan lansia dapat menjaga kesehatannya," imbuh Lurah.

Dalam kegiatan tersebut mahasiwa kuketa UNRI yang terdiri dari Diva Adesyahpuri, Aliya Triliani, Angeli Silvia Wati, Febby Putri Ananda, Bunga Aprilia, Abel Aprilia, Archel Olivia, Khairatul Husnia, dan Fajriyatul Kamal yang sama-sama dari Fakultas Keperawatan UNRI, mereka terlibat memberikan pembelakan dan edukasi mengenai apa itu hipertensi, penyebab dari tekanan darah tinggi, apa gejala dari penyakit hipertensi, apa yang harus dilakukan jika mengalami tekanan darah tinggi, dan pengaturan makanan untuk menjaga tekanan darah. Selain itu, juga diadakan pengecekan tekanan darah tinggi dan demonstrasi rendam kaki air hangat, salah satu terapi untuk menurunkan tekanan darah tinggi.(rls/red).


Editor : Idris Harahap



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex