Tingginya intensitas hujan di area waduk PLTA Koto Panjang, Bupati Kampar Keluarkan Himbauan Kepada Masyarakat Agar Waspada

Jumat, 24 November 2023 - 15:23:29 WIB
Share Tweet Google +

Kampar, Catatanriau.com | Nomor Surat 0020/Surat KELUAR/ULPLTA KTPJ/ 2023, ULPLTA Koto Panjang Mengeluarkan surat Tentang dengan tinggi nya intensitas hujan di area waduk PLTA Koto Panjang dan Adanya kenaikan Inflow waduk yang menyebabkan kenaikan elevasi waduk PLTA Koto Panjang yang Cukup signifikan. Ini juga sesuai dengan Himbauan Pj Bupati Kampar yang mengeluarkan himbauan terhadap naiknya elafasi air waduk PLTA Koto Panjang. Nomor : 360/BPBD - PK.

Sehubungan dengan Naiknya Elafasi, ini Himbauan Pj Bupati Kampar Menghimbau kepada Kepada Camat, Kepala desa agar menginformasikan kepada masyarakat terutama anak-anak agar tidak melakukan aktifitas di sepanjang Aliran sungai Kampar, memantau dan mengkoirdikasioan dengan instansi terkait tentang bencana banjir di wilayah masing-masing, masyarakat agar selalu waspada atau Siaga terhadap kemungkinan terjadinya bencana banjir : a. Mempersiapkan alat transportasi air ( Perahu atau sampan dan sejenisnya) yang bisa digunakan bila terjadi banjir, b. Mempersiapkan tempat menyimpan barang, surat - surat berharga, dan harta lainnya pada tempat yang aman, c. Memastikan tempat pengungsian dan jalur evaluasi yang aman dan staregis bila terjadi banjir (Titik kumpul atau Entry Point), d. Bagi masyarakat yang memiliki usaha keramba ikan di aliran sungai Kampar agar selalu waspada.

Adapun cuaca ekstrem potensi curah hujan dengan intensitas sedang-lebat yang disertai kilat/petir dan angin kencang di wilayah Kabupaten Kampar yang diperkirakan menyebabkan penuhnya waduk PLTA dan tinggi nyaair sungai Kampar.

Sementara itu Plt. Kepala Dinas Komunikasi Informatika Persandian Kabupaten Kampar Irwan AR mengimbau warga untuk tetap waspada dan tidak  mandi di area sungai  saat tinggi nya Air sungai yang sekarang ULP Membuka pintu waduk sesuai dengan himbauan Pj Bupati Kampar Muhammad Firdaus SE.MM " Kata Irwan AR.

Karena saat musim penghujan tiba, biasanya sungai hingga drainase dan kali akan meluap. Ini cukup berbahyaa terutama untuk warga atau anak- anak yang tinggal di daerah yang tak jauh dengan sungai, ungkap Plt Kadis Kominfo. Jum’at (24/11/2023).

Ia juga mengimbau bagi orang tua yang memiliki anak-anak untuk bisa selalu mengawasi dan memantau aktivitasnya, sehingga tak sembarangan main ke sungai atau kali dengan intensitas air yang tinggi.

Plt. Kadis Irwan AR  juga menghimbau kepada seluruh Pengusaha ikan yang memiliki Keramba di tepi sungai agar waspada dengan tinggi nya air sungai tersebut.

Ia menegaskan masyarakat Kampar untuk secara aktif dapat melihat kondisi cuaca terkini melalui media sosial atau media massa Badan Meteorologi, serta Peringatan dari ULPLTA dan Geofisika (BMKG) secara berkala.
( Irwan Ocu Bundo).



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex