Pihak Unit Lantas Polsek Minas Beserta Pihak Puskesmas Minas melakukan tes urin terhadap sejumlah pengemudi dalam oprasi patuh 2019.

Polsek Minas Gandeng Puskesmas Untuk Tes Urin & Kesehatan Pada Oprasi Patuh 2019

Sabtu, 07 September 2019 - 14:18:47 WIB
Share Tweet Google +

 


SIAK, CATATANRIAU.COM- Unit Lantas Polsek Minas, menggandeng pihak kesehatan dari Puskesmas Minas pada pelaksanaan Operasi patuh 2019 di jalan Lintas Sumatera dilapangan Parkir Masjid Al-fatah Chevron, Kecamatan Minas, Kabupaten Siak, Riau. Sabtu (07/09/19) pagi.

 

 

Dalam operasi tersebut selain memeriksa kelengkapan pengendara petugas juga memeriksa atau melakukan tes urin terhadap sopir dan penumpang. 

 


Oprasi itu pun tampak dipimpin langsung oleh Kapolsek Minas Kompol Birma Naipospos, dengan didampingi oleh kanit lantas polsek Minas Ipda Ricky Marzuki.SH, adapun dari pihak puskesmas Minas tampak Kapus Minas Dr Hidayati Jasri beserta sejumlah setaf kesehatan dari Puskesmas mereka terlihat melakukan pengecekan urin maupun kesehatan terhadap setiap supir dan penumpang mobil.

 

 

Kapolsek Minas Kompol Birma Naipospos, Kepada wartawan dia mengatakan, operasi patuh yang digelar tidak hanya mengecek kelengkapan kendaraan, namun juga mengecek urin sopir dan penumpang.

 

 


"Dalam Operasi patuh 2019 ini, tidak hanya melakukan pemeriksaan terhadap surat-surat kendaraan, namun hari ini kita fokuskan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan maupun tes urin dengan menggandeng pihak kesehatan dari Puskemas Minas untuk melakukan pemeriksaan urine terhadap pengendara beserta penumpangnya." Kata Birma Naipospos.

 

 

Menurutnya, hal ini dilakukan untuk mencegah kecelakan di jalan akibat faktor narkoba maupun faktor kesehatan lainnya. Dalam operasi Patuh yang digelar itu, petugas tidak menemukan adanya pengendara maupun penumpang yang positif menggunakan Narkoba.

 

 

"Setelah dilakukan tes urine, seluruh sopir dan penumpang kami persilahkan untuk melanjutkan perjalanan, sebab dari hasil pemeriksaan tes urine keseluruhan negatif. Hal ini tentunya merupakan salah satu tindakan kita membantu agar para supir terhindar dari laka lantas, oleh karenanya kita lakukan pengecekan terhadap kesehatannya juga." Ucap Kapolsek.

 

 


Sementara itu kepala puskesmas Minas Dr Hidayati Jasri, Kepada wartawan dia mengatakan. "Disini kita lakukan tes Narkoba, tes HIV, cek kolestrol dan asam urat, kemudian cek gula dan tensi darah, sekaligus kita juga melakukan pembagian masker, sebab kita tahu asap di wilayah kita ini semakin pekat, hari ini lebih kurang ada sekitar 15 Pengemudi yang kita periksa urin maupun kesehatannya, dan kita tidak ada menemui yang positif narkoba, hanya sebagain mungkin karena faktor kelelahan ada yang demam dan ada yang tekanan darah tinggi." Pungkas Dr Hidayati Jasri.(*)


Laporan : Idris Harahap

 

Editor    : Redaksi



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex